Sukses


4 Pelatih yang Bisa Gantikan Steven Gerrard di Aston Villa: Sedang No Job, Prospek Bagus?

Bola.com, Jakarta - Legenda hidup Liverpool, Steven Gerrard mengalami nasib apes. Musim keduanya sebagai pelatih Aston Villa harus berakhir dengan pemecatan usai rentetan hasil buruk di Premier League musim 2022/23.

Juru bicara Aston Villa telah mengkonfirmasi kabar tersebut sekaligus memberikan salam perpisahan di laman resmi klub mereka. “Kami ingin mengucapkan terimakasih kepada Steven atas kerja keras dan komitmennya dan berharap yang terbaik untuknya di masa depan” tulis juru bicara Aston Villa.

Pemecatan Gerrard bukanlah hal yang mengejutkan mengingat Aston Villa saat ini berada di posisi 17 klasemen Premier League. Kekalahan 3-0 dari Fulham di pekan ke-12 Premier League menjadi puncak kegagalan Steven Gerrard di Aston Villa.

Dengan hengkangnya Steven Gerrard membuat manajemen Aston Villa akan berburu pelatih baru secepat mungkin. Berikut empat nama pelatih top nganggur yang bisa gantikan Gerrard di Aston Villa.

2 dari 6 halaman

Mauricio Pochettino

Mauricio Pochettino selalu masuk dalam daftar calon pelatih tim Premier League yang melakukan pemecatan. Wajar saja, pelatih berusia 50 tahun ini punya pengalaman di Premier League yang cukup panjang.

Pochettino yang baru diberhentikan Paris Saint Germain pada Juli 2022 lalu, saat ini sedang menunggu pekerjaan untuk melatih kembali. Kegagalan di Liga Champions musim lalu disinyalir menjadi penyebab pemecatan Pochettino di PSG.

Sebelum melatih PSG, Pochettino mengemban tugas sebagai pelatih di Premier League bersama Tottenham Hotspur dan Southampton. Bahkan Pochettino berhasil membangun kekuatan yang patut diperhitungkan saat menjabat pelatih Tottenham Hotspur selama lima musim.

Pengalaman Pochettino di Premier League bisa menjadi alasan kuat untuk menggantikan posisi Steven Gerrard di Aston Villa. Pengalamannya di Premier League akan menjadi nilai lebih mengingat Aston Villa akan belajar dari perekrutan Gerrard yang belum pernah terjun di kompetisi elit Inggris tersebut.

3 dari 6 halaman

Thomas Tuchel

Berbicara soal pengalaman, maka nama Thomas Tuchel tak boleh luput dalam daftar ini. Pelatih asal Jerman ini diketahui masih menganggur usai mengalami pemecatan oleh Chelsea musim ini.

Tuchel membela Chelsea selama hampir dua musim sejak direkrut pada Januari 2021. Meskipun tergolong singkat, Tuchel mampu membentuk skuat The Blues menjadi salah satu yang paling mengerikan di Eropa.

Kemampuan Tuchel dalam meramu strategi sebagai pelatih terbukti dengan satu trofi Liga Champions musim 2020/21. Tuchel juga punya segudang pengalaman yang ditorehkannya saat melatih PSG dan Borussia Dortmund.

Melihat beberapa pencapaian pelatih berusia 49 tahun ini, Aston Villa tentu saja memasukkannya dalam daftar calon pengganti Steven Gerrard. Terlebih lagi Tuchel cukup mahir meracik tim secara dadakan seperti kondisi terkini Aston Villa.

4 dari 6 halaman

Marcelo Bielsa

Aston Villa akan belajar dari kesalahan untuk merekrut pelatih yang punya pengalaman di Premier League. Dengan kecenderungan tersebut, Marcelo Bielsa bisa menjadi pilihan relevan bagi Aston Villa.

Pelatih asal Argentina pernah memimpin Leeds United selama empat musim sejak direkrut Juli 2018. Bielsa dipecat setelah mengalami empat kekalahan beruntun yang membuat Leeds United terancam degradasi pada musim 2021/22.

Meskipun begitu, Bielsa menjadi sosok yang cukup vital bagi Leeds United di musim-musim sebelumnya. Bielsa mampu mengantarkan Leeds United Promosi di musim 2020/21 dan finish di posisi sembilan klasemen akhir sebagai pendatang baru.

Bielsa juga punya segudang pengalaman melatih di liga-liga top Eropa lainnya yang sangat berguna bagi Aston Villa. Segudang pengalaman ini tentu saja bisa membuat Marcelo Bielsa jadi pilihan pengganti Steven Gerrard.

5 dari 6 halaman

Julen Lopetegui

Julen Lopetegui bisa menjadi opsi alternatif bagi Aston Villa sebagai pelatih baru. Jika dipilih Aston Villa, maka itu akan menjadi langkah pertama Lopetegui di Premier League dalam karier kepelatihannya.

Pelatih asal Spanyol ini memang lebih akrab dengan tim-tim asal La Liga dibandingkan Premier League. Namun pengalaman Lopetegui melatih Sevilla hingga Real Madrid bisa menjadi pertimbangan besar bagi Aston Villa.

Terlebih lagi jika Aston Villa memiliki tujuan jangka panjang untuk berkompetisi di turnamen Eropa seperti Liga Champions ataupun Liga Europa. Jika demikian, maka nama Lopetegui patut untuk dimasukan sebagai calon pelatih baru Aston Villa.

 

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Ahmad Daerobby/Asad Arifin)

 

6 dari 6 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer