Sukses


Liga Inggris: Rio Ferdinand Klaim Arsenal Bisa Juara, Kuncinya Gabriel Jesus dan William Saliba

Bola.com, Jakarta - Arsenal berada di jalur perebutan gelar juara Liga Inggris 2022/2023. Namun, legenda Manchester United (MU), Rio Ferdinand, menyebut Arsenal bisa terpental dari persaingan juara apabila kehilangan dua pemain penting, yaitu Gabriel Jesus dan William Saliba.

Arsenal sedang memuncaki klasemen sementara Premier League dengan torehan 34 poin. The Gunners unggul dua poin dari Man City yang menjadi pesaing terdekat dalam beberapa pekan terakhir.

Arsenal memang begitu perkasa, setidaknya pada awal musim ini. Dari 13 laga, Arsenal baru sekali imbang dan sekali kalah. Arsenal pun mampu meraih kemenangan 3-1 atas rival sekotanya, Tottenham Hotspur, 3-2 atas Liverpool, dan 1-0 atas Chelsea.

Kesuksesan tersebut diperoleh karena penampilan impresif yang ditunjukkan bek tengah William Saliba dan penyerang tengah Gabriel Jesus. Rio Ferdinand memprediksi Arsenal akan kesulitan apabila keduanya atau satu di antaranya tidak bermain.

2 dari 5 halaman

Bukan Thomas Partey

Banyak pihak menyebutkan bahwa Thomas Partey merupakan sosok penting di Arsenal. Namun, Rio Ferdinand tidak sepakat. Partey dianggapnya memang sosok penting, tapi masih ada pemain yang bisa menggantikan tempatnya.

“Saya tidak setuju. Mereka masih bisa memainkan Xhaka di posisi Partey dan melewati beberapa laga tanpa masalah,” ucap Rio Ferdinand di kanal Youtube Vibe With Five.

“Pemain paling penting di Arsenal saat ini adalah Jesus atau Saliba. Jika keduanya tidak bisa bermain, maka kualitas tim akan sangat jatuh,” lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Tak Ada Penggantinya

Peran penting Saliba dan Jesus di Arsenal dianggap tidak ada yang bisa menggantikan. Bukan berarti Arsenal tidak ada pemain pelapis di posisi tersebut, tapi Ferdinand mengakui kualitasnya sangat berbeda.

“Mereka tidak akan bisa mendapatkan hasil yang sama, jika Jesus atau Saliba keluar. Soalnya mereka hanya punya Nketiah dan Holding untuk menggantikan,” ucapnya.

Hal ini yang jadi alasan Saliba menjadi pemain Arsenal dengan menit bermain terbanyak, yaitu total 1546 menit. Ia tidak tergantikan.

“Saliba luar biasa, dia bermain sangat, sangat bagus. Dia begitu menonjol,” kata eks Manchester United itu.

4 dari 5 halaman

Bisa Lebih Baik Lagi

 

Gabriel Jesus menjadi pemain dengan menit bermain terbanyak keenam di skuat The Gunners, yaitu dengan 1.345 menit. Meski begitu, Jesus adalah pencetak gol terbanyak Arsenal pada musim ini dengan torehan lima gol, sama seperti Bukayo Saka dan Gabriel Martinelli.

Rio Ferdinand menilai Jesus bisa lebih baik daripada yang dia capai sekarang. Dalam beberapa laga, Jesus terlihat kesulitan menuntaskan peluang-peluang yang ia dapatkan.

“Jesus telah melakukan segalanya untuk mencetak gol. Saya rasa dia hanya perlu menyesuaikan permainannya supaya bisa menjadi sumber ancaman di kotak penalti lawan,” pungkasnya.

Sumber: Vibe With Five

Disadur dari: Bola.net (Abdi Rafi Akmal, published 9/11/2022)

5 dari 5 halaman

Posisi Arsenal di Premier League Saat Ini

Video Populer

Foto Populer