Sukses


Bukan Cuma Elkan Baggott, Inilah Pemain-Pemain Berdarah Indonesia di Liga Inggris

Bola.com, Jakarta - Ada lusinan pesepak bola asli maupun keturunan Indonesia yang berkiprah di Eropa, termasuk Liga Inggris. Mereka adalah Elkan Baggott, Joseph Simatupang, dan Justin Hubner.

Memang belum ada pesepak bola Indonesia yang berkarier di Premier League. Harapan itu ada pada sosok Justin Hubner.

Pemain bernama lengkap Justin Quincy Hubner itu saat ini berstatus pemain Wolverhampton Wanderers U-21. Ia sudah berada di klub berlogo serigala itu sejak di U-18.

Justin Hubner masih menjalani proses naturalisasi. Jika prosesnya rampung, dan ia mendapatkan menit bermain di Wolves senior, maka pemain berposisi bek ini bakal jadi pesepak bola Indonesia pertama yang mentas di Premier League.

2 dari 4 halaman

Lebih Jauh Tentang Justin Hubner

Menyebut nama Justin Hubner semestinya sepaket dengan Ivar Jenner. Keduanya sama-sama masih dalam proses naturalisasi.

Mereka juga sudah menjalani sejumlah prosedur, dan kabarnya akan bergabung dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20.

"Kakek saya dari Makassar, sementara nenek dari Bandung. Mereka akan sangat bangga dan senang melihat saya bermain untuk Indonesia," kata Justin Hubner di kantor PSSI, Senin (24/10/2022).

Ya, pemain berdarah Indonesia ini diproyeksikan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 serta Piala Asia U-20.

 

3 dari 4 halaman

Elkan Baggott

Berbeda dengan Justin Hubner, Elkan Baggott justru sudah merasakan jersey Timnas Indonesia. Proses naturalisasi lebih mudah karena ibunya orang Indonesia.

Elkan Baggott menyita perhatian, bukan hanya karena fisiknya yang menjulang tinggi, tapi performanya yang kian menanjak. Berstatus pemain pinjaman di Gillingham FC dari Ispwich Town, bek jangkung berusia 20 tahun ini mencatatkan tiga rekor sekaligus.

Ia menjadi pemain Indonesia pertama yang menjajal Piala FA, Piala Liga Inggris, serta jadi pesepak bola Indonesia pertama yang mengalahkan tim Premier League di kompetisi resmi.

Jika tak ada aral melintang, Elkan Baggott bakal membela Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022.

 

4 dari 4 halaman

Joseph Simatupang

Joseph Simatupang, dari namanya saja kita bisa tebak bahwa ia memiliki darah batak. Saat ini, bek kanan berusia 19 tahun bermain untuk Marine FC, klub Northern Premier League Premier Division atau Divisi 7 Liga Inggris.

Adapun darah Indonesia didapatkan dari ibunya. Sang ibunda lahir dan besar di Pontianak, Kalimantan. Dengan begitu, kans untuk berseragam Timnas Indonesia masih besar selama Joseph Simatupang belum bermain di Timnas Inggris.

Ketika ditanya apakah ia mau bermain untuk Timnas Indonesia, Joseph Simatupang mengutarakan ketertarikannya. Namun, untuk saat ini ia belum bisa membuat keputusan.

"Saya tahu pertanyaan ini bakal muncul. Tentu saja bermain untuk Timnas Indonesia akan jadi sesuatu yang besar buat saya. Mama saya dari Indonesia, saya sering ke Indonesia," ujarnya.

"Tapi, kita tidak tahu apa yang akan terjadi nanti. Jadi, kita lihat saja," ujarnya lagi.

Video Populer

Foto Populer