Sukses


11 Rekrutan Andre Villas-Boas untuk Chelsea dan Nasibnya Sekarang: Ada yang Kinclong, Banyak yang Tenggelam

Bola.com, Jakarta - Chelsea tampil sempurna dalam lanjutan Premier League 2022/2023. Menjamu AFC Bournemouth di Stamford Bridge, Rabu (28/12/2022) dini hari WIB, The Blues menang dua gol tanpa balas via Kai Havertz dan Mason Mount.

Donasi tiga angka ini sangat krusial bagi Chelsea guna mendongkrak posisi di klasemen sementara. Mengemas 24 poin, pasukan Graham Potter masih terseok-seok di posisi kedelapan.

Adapun Chelsea sudah cukup lama tak memenangkan liga. Mereka terakhir kali merengkuhnya pada musim 2017/2018.

Sangat ironis, mengingat klub London Utara ini tak pernah sepi dari pemain bintang dengan harga mencengangkan.

Pada 2011 misalnya, saat di bawah rezim Andre Villas-Boas, klub yang berdiri pada 10 Maret 1905 ini dibanjiri amunisi-amunisi top. Jangan ditanya berapa karung cuan yang digelontorkan.

Untuk memboyong Boas dari Porto, Chelsea sampai harus merogoh kocek dalam sebesar £ 13 juta. Dengan harga segitu, Boas masuk daftar pelatih termahal di dunia kala itu.

Apa hasilnya? Zonk! Boas gagal total. Setahun berselang, tepatnya Februari 2012, juru taktik 45 tahun yang kini mengarsiteki Marseille itu dipecat.

Lantas, siapa pemain bintang rekrutan Boas saat berada di Chelsea yang beberapa di antaranya justru kinclong di klub lain?

 

2 dari 12 halaman

1. Raul Meireles

Meireles dibeli dari Liverpool dengan harga 14 juta pounds. Tadinya dia diplot untuk menggantikan Michael Essien yang cedera.

Namun, Meireles bernasip ngenes. Dia hanya bertahan setahun setelah diboyong pada 2011.

Dia justru bersinar di Turki bersama Fenerbahçe dan menjadi bintang selama empat tahun di sana.

 

3 dari 12 halaman

2. Lucas Piazon

Banyak klub Eropa tertarik kepada pemain sayap muda dari Sao Paulo itu, tetapi Chelsea yang akhirnya mendapatkan Piazon pada Maret 2011.

Gagal bersaing, Piazon menjalani nasibnya sebagai pemain pinjaman ke banyak klub sebelumnya hingga dipinang Braga pada 2021.

 

4 dari 12 halaman

3. Ulises Davila

Ditandatangani dari klub Meksiko, Chivas, pada 2011 dengan harga di bawah 2 juta pounds, Davila menjadi orang Meksiko pertama yang pernah bermain untuk Chelsea.

Sial, nasib baik tak berpihak. Dia lebih sering dibuang ke klub-klub lain dengan status pinjaman.

 

5 dari 12 halaman

4. Juan Mata

Gelandang berkualitas tinggi untuk Valencia dan Spanyol, Juan Mata diboyong The Blues seharga 23,5 juta pounds pada Agustus 2011.

Mata tampil sensasional untuk Chelsea dengan 32 gol dan 58 assist, sebelum dijual ke Manchester United oleh Jose Mourinho pada Januari 2014.

Dia tampil bagus untuk United, tetapi tidak pernah benar-benar mencapai level terbaiknya seperti di Chelsea.

 

6 dari 12 halaman

5. Thibaut Courtois

Chelsea membayar 8 juta pounds untuk mengontrak kiper Belgia ini dari Genk dan segera meminjamkannya ke Atletico Madrid.

Courtois tampil fenomenal di Atletico selama tiga musim, memenangi La Liga dan mencapai final Liga Champions pada 2014.

Ia kembali ke Chelsea pada 2014 dan menjadi pilihan utama di bawa mistar. Setelah tiga musim, Real Madrid datang memanggil, dan dia kembali ke Spanyol.

 

7 dari 12 halaman

6. Romelu Lukaku

Boas yang pertama kali membawa Lukaku ke Inggris dalam kesepakatan 13 juta pounds dari Anderlecht pada 2011.

Dia akhirnya pergi ke Everton, dan pindah ke Manchester United dan Inter Milan, sebelum pindah kembali ke London Barat dengan harga mendekati 100 juta pounds.

 

8 dari 12 halaman

7. Kevin De Bruyne

Didatangkan dari Genk pada Januari 2012, De Bruyne dipinjamkan ke Werder Bremen, dan dijual dua tahun kemudian ke Wolfsburg.

Kini, De Bruyne sosok krusial di Manchester City, klub yang dibelanya sejak 2015.

 

9 dari 12 halaman

8. Patrick Bamford

Bamford bergabung dari Nottingham forest dengan harga sekitar 1,6 juta pounds pada Januari 2012. Hingga dilepas pada ke Middlesbrough pada 2017, tak banyak yang mengenal Bamford.

Dia justru meledak di Leeds United, klub yang membelinya empat tahun lalu.

 

10 dari 12 halaman

9. Oriol Romeu

Didatangkan dari Barcelona pada Agustus 2011, gelandang Spanyol ini membuat 33 penampilan untuk Chelsea di sela-sela masa peminjamannya, sebelum bergabung secara permanen dengan Southampton pada 2015.

Pemain berusia 31 tahun itu membuat lebih dari 200 penampilan Liga Premier untuk The Saints sebelum pindah ke Spanyol dan klub La Liga yang baru dipromosikan Girona musim panas ini.

 

11 dari 12 halaman

10. Gary Cahill

Dia dibungkus dari Bolton pada Januari 2012 dengan harga sekitar 7,5 juta pounds. Bek tengah Inggris ini bisa dibilang menjadi salah satu yang terbaik di liga selama dekade berikutnya.

Dalam 290 penampilan untuk klub dalam delapan musim, ia menjadi bek andal dan andalan Inggri.

Berusia 37 tahun saat ini, Cahill terakhir bermain untuk AFC Bournemouth dan membantu mereka meraih promosi kembali ke Premier League sebelum pensiun pada November lalu.

AVB mengontraknya karena dia melihat bahwa "atribut teknis Cahill sangat besar dan kecepatannya fantastis". Dia sangat tepat.

 

12 dari 12 halaman

11. Kenneth Omeruo

Pemain lain yang dibeli Chelsea tanpa niat bermain yakni Omeruo. Dia didatangkan dari Standard Liege pada Juli 2012 dan langsung dipinjamkan ke ADO Den Haag.

Tak hanya ke ADO, Omeruo juga dibuang ke sejumlah klub sebagai pemain pinjaman. Pada 2019 dia merapat ke Leganés. Di sana dia menjadi pemain adalan.

Sumber: Planet Football

Video Populer

Foto Populer