Sukses


Liga Inggris: Suka Tidak Suka, Aubameyang Cuma Bisa Pindah ke Barcelona

Bola.com, Jakarta - Pierre-Emerick Aubameyang terhalang regulasi untuk bisa mencari klub baru di Januari 2023. Penyerang berusia 33 tahun ini dipastikan tidak akan bisa berpindah klub lagi.

Aubameyang datang ke Chelsea pada awal musim 2022/2023. Ia memutuskan pindah dari Barcelona karena merasa menit bermainnya akan berkurang drastis seiring kedatangan Robert Lewandowski.

Toh, kepindahan Aubameyang ke Chelsea juga dipicu keberadaan Thomas Tuchel. Keduanya pernah bekerja sama di Borussia Dortmund.

Namun, Tuchel justru dipecat setelah pekan ke-8 Liga Inggris 2022/2023. Aubameyang juga tidak jadi pemain kesayangan manajer baru The Blues, Graham Potter.

2 dari 5 halaman

Jomplang

Pemain timnas Gabon itu baru bermain sebanyak 15 kali di semua ajang. Ia juga baru mencetak tiga gol dan satu assist.

Saking tidak dipercayanya Aubameyang dalam sistem permainan Chelsea versi Potter, ia pernah ditarik keluar padahal baru masuk sebagai pemain pengganti ketika melawan Manchester City.

Pencapaiannya jomplang dengan apa yang dicatatkannya dalam setengah musim bersama Barcelona. Aubameyang mampu mencetak 13 gol dan 24 laga di semua ajang.

3 dari 5 halaman

Peluang Pindah

Nasibnya yang terkatung-katung memunculkan sejumlah rumor soal kepindahannya dari Chelsea. Sejumlah klub pun dikabarkan siap menampungnya.

Tim pertama yang berminat adalah Atletico Madrid. Atletico ingin meminjam Aubameyang selama enam bulan setelah meminjamkan Joao Felix ke Chelsea dengan durasi yang sama.

Tim kedua yang berminat adalah Barcelona. Manajer xavi Hernandez tidak menampik bahwa mereka ingin mendatangkan kembali Aubameyang dengan status permanen, jika berhasil melepas salah satu pemain di Januari 2023.

4 dari 5 halaman

Regulasi FIFA

Dari dua klub peminat, Aubameyang dipastikan hanya boleh bergabung kembali dengan Barcelona. Dalam aturan FIFA, seorang pemain maksimal berseragam dua klub dalam musim yang sama.

Aubameyang sudah terdaftar di dua klub yang berbeda di musim 2022/2023. Selain Chelsea ia juga sempat terdaftar sebagai pemain Barcelona.

Oleh karena itu, Aubameyang tidak boleh pindah ke klub baru di musim ini. Ia hanya diperkenankan untuk pindah ke Barcelona.

Sumber: Fabrizio Romano

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, 12/1/2023)

5 dari 5 halaman

Persaingan di Liga Inggris 2022/2023

Video Populer

Foto Populer