Sukses


Liga Spanyol: Kasihan Deh, Pierre-Emerick Aubameyang Tak Bisa Kembali ke Pelukan Barcelona

Bola.com, London - Pierre-Emerick Aubameyang santer disebut bakal kembali ke Barcelona pada bursa transfer Januari 2023. Namun, rencana transfer Aubameyang ke Barca tidak akan terealisasi karena terbentur regulasi.

Penyerang berusia 33 tahun itu sebenarnya baru saja pindah ke Chelsea pada awal musim 2022/2023. Pierre-Emerick Aubameyang diboyong The Blues dari Barcelona dengan mahar sebesar 12 juta euro.

Selama setengah musim pertama di Chelsea, Aubameyang ternyata tampil di luar ekspektasi. Selama 15 kali tampil, dia baru mencetak tiga gol dan satu assist.

Persaingan untuk masuk tim utama The Blues juga semakin ketat pada paruh kedua kompetisi. Pasalnya, Chelsea baru saja mendatangkan pemain depan lain, yaitu Joao Felix dari Atletico Madrid.

 

2 dari 5 halaman

Dilarang Federasi

Situasi yang tidak nyaman bagi Pierre-Emerick Aubameyang itu sejalan dengan kebutuhan Barcelona yang sedang mencari pemain depan untuk mengantisipasi kepergian Memphis Depay.

Rumor soal rencana Barcelona membawa balik Aubameyang pun seketika menguap begitu saja. Terdapat aturan dari RFEF atau Federasi Sepak Bola Spanyol yang melarang transfer sang pemain.

Dalam laporan Mundo Deportivo, seorang pemain tidak boleh melakukan registrasi tiga kali dalam musim yang sama, sekalipun dengan klub yang sama.

 

3 dari 5 halaman

Sempat Diregistrasi

Aubameyang pindah ke Chelsea pada hari-hari terakhir bursa transfer musim panas 2022. Sebelum pindah, sang pemain sudah pernah diregistrasi Barcelona untuk musim 2022/2023.

Penyerang Timnas Gabon itu bermain sebagai pemain pengganti pada pekan ke-1 La Liga melawan Rayo Vallecano. Aubameyang bermain selama delapan menit.

Jika kembali ke Barcelona pada Januari 2023, Aubameyang tentu saja harus diregistrasi kembali untuk bisa berlaga di La Liga. Namun, hal itu tidak diperbolehkan.

 

4 dari 5 halaman

Kasus Lain

Beda halnya jika dipinjamkan kepada Chelsea, Aubameyang masih bisa kembali ke Barcelona pada musim ini. Namun, karena eks striker Arsenal itu dilepas dengan status permanen, dia tidak bisa kembali sama sekali.

Hal ini pernah terjadi pada musim 2017/2018 lalu. Pada awal musim, Dani Ceballos sudah diregistrasi lebih dulu oleh Real Betis, tetapi kemudian dijual ke Real Madrid.

Betis kemudian ingin meminjamnya lagi pada pertengahan musim tersebut. Namun, hal itu tidak bisa dilakukan.

Sumber: Mundo Deportivo

Disadur dari: Bola.net (Abdi Rafi Akmal/Published: 13/01/2023)

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Barcelona di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer