Sukses


Liga Inggris: Pengusaha Paling Tajir di Inggris Resmi Mengajukan Penawaran Beli Saham Mayoritas MU

Bola.com, Manchester - Pengusaha paling tajir di Inggris, Sir Jim Ratcliffe, resmi mengajukan penawaran untuk membeli saham Manchester United. Ratcliffe siap menggelontorkan dana yang tak sedikit untuk menjadi pemilik MU, klub idolanya sejak kecil.

Pemilik Tim Setan Merah, Keluarga Glazer, mengumumkan menjual saham mayoritas mereka pada 23 November lalu. Langkah itu dilakukan Keluarga Glazer untuk pengembangan bisnis Manchester United.

Penjualan saham kali ini merupakan edisi kedua yang dilakukan Keluarga Glazer setelah sempat melepas 10 persen kepemilikan saham di MU pada 2012.

Meski telah melego saham klub yang dibeli sejak 2005 tersebut, keluarga Glazer masih terus mendapatkan kritikan dari suporter The Red Devils.

Perwakilan keluarga Glazer, Avram Glazer dan Joel Glazer, menyebut penjualan saham Manchester United sebagai opsi terbaik untuk membuat klub menjadi lebih baik. Langkah itu disebut sebagai strategi jitu untuk lebih mengembangkan MU.

 

2 dari 5 halaman

Ingin Dibeli Pengusaha Tajir Inggris

Demi menemukan pembeli, keluarga Glazer sampai harus terbang ke Timur Tengah. Mereka menawarkan saham Manchester United kepada para sultan di Qatar, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi.

Namun, masih belum ada penawaran resmi yang masuk untuk membeli saham Tim Setan Merah. Hingga akhirnya, pengusaha tajir asal Inggris, Sir Jim Ratcliffe, berminat membeli saham MU.

"Kami telah secara resmi memasukkan diri kami ke dalam proses pembelian saham MU," ujar juru bicara Jim Ratcliffe seperti dilansir The Times.

 

3 dari 5 halaman

Penggemar Manchester United

Sir Jim Ratcliffe merupakan satu di antara orang terkaya di dunia. Dia memiliki perusahaan kimia terbesar keempat di dunia, INEOS, yang didirikannya sejak 1998.

Menurut laporan Forbes, Ratcliffe memiliki kekayaan bersih hingga 12,7 miliar poundsterling atau setara dengan Rp 235,19 triliun. Dengan dana melimpah tersebut, Jim Ratcliffe diyakini tak kesulitan mengeluarkan uang untuk membeli saham Manchester United.

Apalagi, dia merupakan penggemar berat Tim Setan Merah. Memiliki kekuatan dana itu, Jim Ratcliffe siap menggelontorkan uang demi mendongkrak prestasi Manchester United.

 

4 dari 5 halaman

Pernah Tawar Chelsea

Selain tertarik membeli saham MU, Jim Ratcliffe pernah mengajukan penawaran untuk memiliki Chelsea. Dia pun siap mengucurkan dana hingga 4,25 miliar poundsterling demi menguasai saham mayoritas The Blues.

Namun, penawaran tersebut ditolak Chelsea. Ratcliffe juga dikabarkan berminat membeli saham Liverpool dari Fenway Sports Group pada November 2023, tetapi langsung dibantah.

Sumber: The Times

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Manchester United di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer