Sukses


5 Fakta Menarik Kemenangan Man City atas Wolves: Erling Haaland Luar Biasa! Kevin De Gruyne Patut Diacungi Jempol

Bola.com, Jakarta - Manchester City berhasil meraih kemenangan telak 3-0 atas Wolverhampton Wanderers pada laga pekan ke-21 Premier League di Etihad Stadium, Minggu (22/1/2023) malam WIB. Erling Haaland mencetak hattrick untuk Man City dalam laga ini.

Erling Haaland membuka keunggulan Man City lewat gol yang dicetaknya pada menit ke-40 setelah menerima umpan silang yang dilepaskan oleh Kevin de Bruyne.

Kemudian pada babak kedua, Erling Haaland menggandakan keunggulan Man City lewat eksekusi dari titik putih pada menit ke-50. Empat menit berselang, Haaland mencatatkan hattricknya dalam laga ini setelah menerima umpan dari Riyad Mahrez.

Kemenangan telak Man City itu menghadirkan sejumlah fakta menarik. Apa saja?

2 dari 7 halaman

Erling Haaland Sejajar Mohamed Salah, Bahkan di atas Cristiano Ronaldo

 

Striker Man City asal Norwegia ini masih muda tapi sudah menjadi mesin gol yang luar biasa. Lewat hattrick yang dicetaknya ke gawang Wolves, Haaland sudah mencetak empat hattrick di Premier League.

Jumlah tersebut membuat Erling Haaland mengungguli Cristiano Ronaldo yang tercatat hanya tiga kali mencetak hattrick di Premier League.

Sementara itu, catatan empat kali hattrick di Premier League membuatnya sejajar dengan penyerang Liverpool, Mohamed Salah, yang juga sudah mencatatkan empat hattrick di Premier League.

Satu hal yang luar biasa, Erling Haaland hanya butuh 18 pertandingan untuk mencatatkan empat hattrick di Premier League.

3 dari 7 halaman

Hattrick ke-16 Haaland dalam Karier di Level Profesional

 

Hattrick ke gawang Wolves menjadi hattrick keempat Erling Haaland di Premier League. Namun, bagi striker Norwegia itu, hattrick bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan.

Tercatat, hattrick ke gawang Wolves ini merupakan yang ke-16 dilakukannya sepanjang berkarier di sepak bola profesional, baik bersama Molde, Red Bull Salzburg, Borussia Dortmund, dan Man City.

4 dari 7 halaman

Kevin de Bruyne Punya Assist Terbanyak di 5 Liga Top Eropa Musim Ini

 

Jika Erling Haaland layak dipuji lewat hattrick yang dicetaknya ke gawang Wolves, Kevin de Bruyne tak boleh dilupakan. Pemain asal Belgia ini juga memberikan kontribusi yang luar biasa.

Assist yang dicatatnya saat gol pertama Erling Haaland dalam laga ini membuat Kevin de Bruyne tercatat menjadi pemberi assist terbanyak di antara lima liga top Eropa pada musim ini.

Kevin de Bruyne sudah mencetak 11 assist di Premier League. Jumlah tersebut melebihi duo PSG, Lionel Messi dan Neymar yang sama-sama mencatatkan 10 assist pada musim ini, jumlah yang sama dengan Randal Kolo Muani di Eintrach Frankfurt.

5 dari 7 halaman

Erling Haaland Sudah Melebihi Top Scorer Premier League 3 Musim Terakhir

 

Dalam tiga musim terakhir, mulai dari 2019/2020 hingga 2021/2022, top scorer Premier League memiliki jumlah gol yang sama, yaitu 23 gol.

Yap, pada musim 2019/2020, Jamie Vardy menjadi top scorer dengan raihan 23 gol, sama seperti Harry Kane pada musim 2020/2021, serta Mohamed Salah dan Son Heung-min yang menjadi top scorer Premier League 2021/2022.

Sementara itu, gol pertama Haaland ke gawang Wolves dalam laga ini sudah menyamai catatan top scorer tiga musim terakhir.

Dan pada akhir laga, Erling Haaland memastikan dirinya sudah melewati catatan keempat pemain itu untuk menjadi top scorer Premier League musim ini.

Menariknya, Erling Haaland mencatatkan 25 gol belum sampai akhir musim, dilakukan hanya dalam 18 pertandingan saja.

 

6 dari 7 halaman

Tandem Sempurna: Kevin de Bruyne dan Erling Haaland

 

Dari 25 gol yang dicetak Erling Haaland pada musim ini, plus 11 assist yang dicatatkan Kevin de Bruyne, kedua pemain ini tercatat memiliki kolaborasi yang luar biasa.

Tercatat ada lima gol yang dicetak oleh Erling Haaland berasal dari assist yang dilepaskan Kevin de Bruyne, mengungguli duo Leeds United, di mana Harrison tercatat memberikan empat umpan untuk empat gol yang dicetak oleh Rodrigo.

Sumber: Squawka, William Hill, Soccerway

7 dari 7 halaman

Posisi Man City di Premier League saat Ini

Video Populer

Foto Populer