Sukses


6 Fakta Tersembunyi Sir Jim Racliffe, Calon Pembeli MU: Tak Pernah Terbuka Kritik Glazer

Bola.com, Manchester - Sir Jim Ratcliffe bisa segera menjadi pemilik baru Manchester United. Setelah berbulan-bulan spekulasi, perusahaan Ratcliffe, Ineos, resmi memasuki perlombaan untuk membeli klub dari keluarga Glazer.

Sir Jim Ratcliffe merupakan miliarder asal Inggris dan bahkan termasuk orang terkaya di negara itu. Dia menerima gelar bangsawan dari Kerajaan Inggris pada 2018 dan juga menjadi tahun dirinya menjadi orang terkaya di negara tersebut.

Meski peringkat kekayaannya turun dari tahun ke tahun, hartanya masih cukup untuk membeli MU. Selain kaya, dia juga mengaku sebagai penggemar Setan Merah.

Ratcliffe sangat tertarik mengambil alih Manchester United. Ada sejumlah fakta menarik lainnya tentang calon bos baru Old Trafford ini.

Berikut deretan fakta tentang Sir Jim Ratcliffe yang menjadi calon bos baru MU.  

 

2 dari 7 halaman

1. Kekayaan Ratcliffe

Kekayaan pribadi Ratcliffe diperkirakan berada di kisaran 6 miliar pounds (menurut Sunday Times) hingga 11 miliar pounds (menurut Forbes). Dalam edisi terbaru Sunday Times Rich List, Ratcliffe dinobatkan sebagai orang terkaya ke-27 di Inggris.

Dia memiliki kekayaannya melalui perusahaan Petrokimia pendiri Ineos, yang memiliki 194 cabang di 29 negara. Dari perusahaan yang memperkerjakan 26.000 karyawan ini, Ratcliffe menghasilkan penjualan senilai 50 miliar pounds.

 

3 dari 7 halaman

2. Gagal Beli Chelsea

Sebelum tertarik membeli Manchester United, Ratcliffe juga pernah mengajukan tawaran mengambil alih Chelsea dijual Roman Abramovich pada musim lalu. Dia dilaporkan menawarkan 2,5 miliar pounds dan berjanji menginvestasikan 1,75 miliar pounds pada 10 tahun pertama.

Dia mengajukan tawaran dua minggu setelah batas waktu. Manuvernya terlambat karena pada saat itu konsorsium Todd Boehly telah mengajukan tawaran yang lebih menarik. 

 

4 dari 7 halaman

3. Benarkah Suporter MU?

"Saya adalah penggemar Manchester United seumur hidup. Saya ada di sana dalam pertandingan paling luar biasa pada 1999 di Barcelona. Itu sangat terukir dalam pikiran saya, " kata Ratcliffe kepada Financial Times pada Oktober 2022.

Ratcliffe dibesarkan di sebuah perkebunan di Failsworth, Greater Manchester, sebagai putra seorang tukang kayu dan pekerja kantoran. Pria berusia 70 tahun tersebut memang memiliki hastrat di bidang olahraga.

 

5 dari 7 halaman

4. Seberapa Serius Tawaran Sir Jim Ratcliffe?

"Kami telah secara resmi menempatkan diri kami ke dalam proses," kata juru bicara Ratcliffe kepada Times. Itu menandakan Ratcliffe secara resmi mengatakan serius membeli Manchester United.

Pada tahap proses ini, Raine Group yang merupakan bank yang menangani penjualan United paling mengetahui keseriusan Ratcliffe. Proses penjualan MU diharapkan selesai pada kuartal pertama tahun ini.

 

6 dari 7 halaman

5. Pendapat Ratcliffe tentang Glazers

Beberapa tahun yang lalu, CEO Ineos itu mempertanyakan manuver banyak sosok yang menghabiskan miliaran pounds untuk membeli klub sepak bola. Dia juga mengkritik klub yang bahkan tidak mampu memilih gelandang terbaik bagi Manchester United.

Ratcliffe mungkin kritis tentang bagaimana klub telah dijalankan dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi dia justru berbicara lebih diplomatis dan seperti menaruh hormat ketika membicarakan tentang Glazers secara pribadi.

 

7 dari 7 halaman

6. Sukses di Nice

Ineos juga pernah membeli Nice pada Agustus 2019 dengan harga 100 juta pounds. Selama musim pertamanya, Nice di bawah Ineos dan dibesut Patrick Vieira, finis di urutan ke-5 Ligue 1.

Legenda Arsenal dipecat setelah lima kekalahan beruntun pada pertengahan musim berikutnya, di mana klub akhirnya finis di urutan ke-9. Pelatih anyar mereka, Christophe Galtier, memimpin Nice ke posisi ke-5 musim lalu tetapi kini mereka berjuang di papan tengah lagi.

Sumber: Planet Football

Selama tiga tahun ke depan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group menjadi pemegang hak siar English Premier League (EPL). Kompetisi bergengsi ini akan ditayangkan secara gratis di stasiun televisi SCTV dan bisa dinikmati secara live streaming dengan berlangganan di Vidio. Sobat Bola.com mau tahu detailnya? Klik tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer