Sukses


Tebus Jakub Kiwior dengan Mahar Rp406 Miliar, Ini 5 Bek Termahal Arsenal Era Mikel Arteta

Bola.com, Jakarta - Pemuncak klasemen Liga Inggris 2022/2023, Arsenal sukses menggaet pemain baru bernama Jakub Kiwior. The Gunners merekrutnya dari klub Serie A, Spezia pada jendela transfer Januari 2023.

Tidak disebutkan berapa lama durasi kontrak Kiwior di Arsenal. Namun, tim berjulukan Meriam London hanya mengumumkan bahwa sang pemain diikat kontrak jangka panjang.

Menurut Transfermarkt, Arsenal mendatangkan Kiwior dengan nilai transfer sebesar 25 juta euro atau sekitar Rp406 miliar. Pemain berusia 22 tahun itu akan mengenakan nomor punggung 15 di klub barunya.

Kehadiran Jakub Kiwior akan menambah kedalaman di lini belakang Arsenal. Selain itu, Kiwior juga akan menambah daftar bek tengah mahal yang dimiliki tim berjulukan lain Meriam London itu.

Berikut ini lima bek tengah termahal yang pernah dibeli Arsenal.

2 dari 7 halaman

Jakub Kiwior

Jakub Kiwior direkrut Arsenal dari Spezia. Demi mendapatkan jasanya, The Gunners harus mengeluarkan dana sebesar 25 juta euro.

Sebelum bergabung Arsenal, Kiwior sejatinya belum lama memperkuat Spezia. Dia pindah ke klub Serie A itu dari MSK Zilina pada 2021.

Bersama Spezia, Kiwior mencatatkan 43 penampilan di semua kompetisi. Penampilannya bersama Spezia membuatnya Mikel Arteta untuk memboyongnya ke London.

3 dari 7 halaman

Gabriel Magalhaes

Gabriel Magalhaes merupakan salah satu pemain Brasil yang bersinar bersama Arsenal saat ini. Dia menjadi sosok yang tak tergantikan di bawah asuhan Mikel Arteta.

Gabriel Magalhaes resmi berseragam Arsenal pada bursa transfer musim panas 2020 setelah didatangkan dari Lille. The Gunners mengeluarkan biaya transfer sebesar 26 juta euro.

Sampai sejauh ini, Gabriel Magalhaes sudah memainkan 96 pertandingan di semua kompetisi bersama Arsenal. Dia ikut menyumbang 10 assist dan juga satu assist.

4 dari 7 halaman

William Saliba

William Saliba dibeli Arsenal pada awal musim 2019/2020 dengan harga 30 juta euro. Saat itu, Saliba baru berusia 18 tahun dan dianggap punya bakat besar.

Setelah dibeli, Saliba tak langsung masuk skuad Arsenal. The Gunners meminjamkan bek tengah asal Prancis tersebut ke Saint-Etienne, Nice dan Marseille.

Masa peminjaman itu membuat Saliba berkembang pesat. Saliba akhirnya kembali ke Arsenal pada musim 2022/23 dan kini menjadi sosok penting di lini belakang The Gunners.

5 dari 7 halaman

Shkodran Mustafi

Shkodran Mustafi datang ke Arsenal dari Valencia pada musim panas 2016. Saat itu, bek asal Jerman tersebut dibeli dengan harga yang mencapai 41 juta euro.

Namun, Mustafi gagal menunjukkan penampilan yang konsisten dan cukup sering membuat blunder. Alhasil, Mustafi lebih sering duduk di bangku cadangan.

Setelah empat setengah musim membela Arsenal, sang pemain dilepas dengan gratis ke Schalke pada transfer musim dingin Januari 2021. Setelah itu Mustafi mengakhiri kariernya di Spanyol bersama Levante.

6 dari 7 halaman

Ben White

Ben White menjadi bek tengah termahal yang pernah dibeli Arsenal. Dia didatangkan dari Brighton & Hove Albion dengan biaya transfer sebesar 58,5 juta euro.

White telah tampil dalam 62 pertandingan di semua ajang. Pemain asal Inggris tersebut mampu menyumbang dua assist dari penampilannya tersebut.

White termasuk pemain belakang serbabisa. Dia lebih sering dimainkan sebagai bek kanan oleh Mikel Arteta pada musim ini.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 24/1/2023)

7 dari 7 halaman

Lihat Posisi Tim Favoritmu di Premier League Musim Ini

Video Populer

Foto Populer