Sukses


6 Rekrutan Liverpool pada Deadline Bursa Transfer Januari: Luis Suarez Paling Top, Andy Caroll Flop

Bola.com, Jakarta - Liverpool tak banyak mendatangkan pemain pada bursa transfer Januari 2023. Jelang penutupan bursa transfer musim dingin pada 31 Januari pukul 23.00 waktu Inggris, The Reds baru menggaet Cody Gakpo.

Manajemen Liverpool meminang Gakpo dari PSV Eindhoven pada 28 Desember tahun lalu. Namun, pemain Timnas Belanda itu baru resmi bergabung dengan Skuad Si Merah pada 1 Januari 2023.

Liverpool harus mengucurkan dana hingga 44,3 juta poundsterling demi bisa memboyong Cody Gakpo ke Stadion Anfield. Bersama The Reds, pemain berusia 23 tahun tersebut sepakat menandatangani kontrak hingga 30 Juni 2028.

Setelah mendapatkan Cody Gakpo, Liverpool dikabarkan ingin menggaet Jude Bellingham dari Borussia Dortmund. Namun, rencana The Reds itu sulit terealisasi, karena Dortmund tak berminat melepas Bellingham.

Meski begitu, Liverpool masih memiliki waktu sampai Selasa (31/1/2023) pukul 23.00 waktu setempat untuk merealisasikan transfer Jude Bellingham pada musim dingin tahun ini.

The Reds tercatat pernah melakukan pembelian pemain pada deadline bursa transfer Januari. Dari beberapa pembelian tersebut ada yang sukses dan ada juga flop. Berikut ini tujuh pembelian Liverpool pada hari terakhir bursa transfer Januari.

 

2 dari 8 halaman

Alvaro Arbeloa (Januari 2007)

Pemain asal Spanyol tersebut menarik perhatian manajer Liverpool ketika itu, Rafael Benitez. Penampilan impresif Arbeloa ketika membela Deportivo La Coruna membuat Benitez ingin memboyongnya ke Anfield pada Januari 2007.

Hingga akhirnya, The Reds meminang Alvaro Arbeloa dari Deportivo pada 31 Januari 2007. Liverpool mengeluarkan dana hingga 2,6 juta poundsterling untuk mendapatkan jasa sang pemain.

Bersama Skuad Si Merah, karier Arbeloa cukup mengesankan. Selama tiga tahun membela Liverpool, Arbeloa tampil dalam 98 laga dan mencetak dua gol.

Dia juga turut membantu The Reds lolos ke final Liga Champions 2006/2007, tetapi gagal juara karena kalah dari AC Milan. Alvaro Arbeloa akhirnya cabut dari Liverpool pada Juli 2009, dan kembali ke pelukan Real Madrid.

 

3 dari 8 halaman

Francis Duran (Januari 2007)

Sama seperti Alvaro Arbeloa, Francis Duran juga didatangkan Liverpool pada 31 Januari 2007. The Reds dikabarkan mengucurkan dana hingga 90 ribu poundsterling untuk membeli Duran dari Malaga.

Duran yang ketika itu masih berusia 19 tahun dianggap sebagai satu di antara pemain muda berbakat. Dia digadang-gadang bakal menjadi the next Xabi Alonso di Liverpool.

Sayangnya, karier Francis Duran bersama The Reds berakhir mengenaskan. Kerap dihantam cedera membuatnya tak pernah sekalipun membela Liverpool. Dia akhirnya cabut dari Liverpool pada 2010, dan kemudian mengumumkan pensiun pada 2013 ketika masih berusia 26 tahun.

 

4 dari 8 halaman

Luis Suarez (Januari 2011)

Striker asal Uruguay tersebut resmi bergabung dengan Liverpool dari Ajax Amsterdam pada 31 Januari 2011. The Reds menghabiskan dana hingga 23 juta poundsterling untuk memboyong Luis Suarez ke Stadion Anfield.

Keputusan Liverpool meminang Suarez terbukti tepat. Striker yang kini berusia 36 tahun tersebut mampu menjadi mesin gol Skuad Si Merah di lini depan.

Selama 3,5 musim berseragam Liverpool, Luis Suarez berhasil mendulang 82 gol dari 133 penampilan di seluruh ajang. Sayangnya, dia hanya bisa mempersembahkan trofi Piala Liga Inggris 2011/2012 untuk The Reds.

Suarez membuat pendukung Liverpool bersedih pada musim panas 2014. Luis Suarez memutuskan untuk angkat kaki dari The Reds dan bergabung ke Barcelona pada 11 Juli 2014.

 

5 dari 8 halaman

Andy Carroll (Januari 2011)

Carroll didatangkan Liverpool berbarengan dengan Luis Suarez. Pemain asal Inggris itu digaet The Reds dari Newcastle United dengan nilai transfer yang mencapai angka 35 juta poundsterling.

Saat itu, Nilai tersebut membuat Andy Carroll menjadi pesepak bola Inggris termahal sepanjang masa. Dibeli dengan harga yang cukup mahal membuat Carroll diharapkan mampu menjadi mesin gol Liverpool.

Namun pada kenyataannya, dia Andy Carroll flop dan dianggap sebagai pembelian gagal Liverpool. Carroll hanya mampu mencetak 11 gol dari 58 pertandingan di seluruh ajang dengan seragam The Reds.

Sampai akhirnya, sang pemain dilepas Liverpool ke West Ham United pada 30 Agustus 2012.

 

6 dari 8 halaman

Ben Davies (Januari 2021)

Liverpool mengalami badai cedera di lini belakang pada paruh musim 2020/2021. Tercatat ada tiga pilar penting di jantung pertahanan The Reds yang dibekap cedera, yakni Joel Matip, Virgil van Dijk, dan Joe Gomez.

Untuk mengatasi krisis tersebut, The Reds mendatangkan pemain yang tersedia dan dengan harga murah, yakni Ben Davies. Liverpool menghabiskan dana 2 juta poundsterling untuk merampungkan transfer Davies dari Preston North End pada 31 Januari 2021.

Namun, Davies tak sekalipun pernah memperkuat Liverpool. Dia akhirnya dipinjamkan ke Sheffield United pada 16 Agustus 2021.

 

7 dari 8 halaman

Ozan Kabak (Januari 2021)

Liverpool benar-benar melakukan rekrutan panik pada Januari 2021. Tak hanya Ben Davies, The Reds juga menggaet Ozan Kabak untuk memperkuat lini belakang.

Pemain Turki itu digaet dari Schalke 04 dengan status pinjaman. Liverpool juga memiliki opsi untuk mempermanenkan status sang pemain pada akhir musim, dengan biaya transfer yang mencapai angka 26,5 juta poundsterling termasuk bonus.

Namun, Kabak kesulitan memperlihatkan penampilan terbaiknya bersama Liverpool. Hingga akhirnya, The Reds enggan mempermanenkan statusnya pada musim panas 2022.

Sumber: Mirror

8 dari 8 halaman

Simak Posisi Liverpool di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer