Sukses


Bikin Arsenal Terjungkal, Everton Punya Transfer Bagus : Yuk, Simak 5 Transfer Termahal The Toffees

Bola.com, Jakarta - Everton membuat kejutan akhir pekan lalu. Mereka sanggup meruntuhkan kedigdayaan Arsenal pada laga lanjutan Liga Inggris, di Goodison Park. Gol James Tarkowski (60') memberi pelajaran berharga bagi tim tamu tentang kehebatan The Toffees.

Selain penggantian pelatih, keberhasilan Everton merujuk kepada maksimalisasi persona yang datang dengan status pemain anyar. Artinya, siapa bilang hanya Chelsea, Liverpool, Manchester City, dan Manchester United yang bisa jorjoran di jendela transfer?

Everton memiliki bukti pernah jadi buah bibir di Liga Inggris dalam beberapa tahun terakhir. Situasi itu terkait kesuksesan merekrut sejumlah bintang dengan nilai transfer mencengangkan.

 

2 dari 8 halaman

Siap Menggeliat

Klub klub yang dimiliki pengusaha kaya raya Inggris keturunan Iran, Farhad Moshiri, ini tak sekadar memboyong pemain mahal. Mereka juga memakai jasa pelatih-pelatih beken, seperti Carlo Ancelotti, Ronald Koeman, dan Marco Silva.

Sayangnya, musim ini, The Toffees bernasib ngenes. Hingga pekan ke-21, pasukan Sean Dyche masih tersesat di posisi ke-18, klasemen sementara Premier League dengan tabungan 18 poin.

Fans tentunya berharap, Jordan Pickford dkk bisa bangkit dari keterpurukan guna menghindari jeratan degradasi. Sambil menanti sepak terjang tim yang bermarkas di Goodison Park ini, yuk kita kenalan lagi dengan lima pemain termahal yang pernah mereka miliki, seperti dilansir Footballtransfers.

 

3 dari 8 halaman

Romelu Lukaku (31 juta pounds, dari Chelsea, 2014)

Jangan lihat Lukaku sekarang. Sebelum dibuang Chelsea ke Inter Milan dan jadi pecundang di sana, dulu Lukaku sangat ditakuti.

Situasi itulah yang membuat Everton tak mempersoalkan nilai transfer gila yang diminta Chelsea pada 2014. Tutup mata, Everton menggelontorkan 31 juta pounds demi memboyong tombak sangar berkembangsaan Belgia itu.

Bersama Everton, Lukaku meledak-ledak. Tak ada yang mampu membungkamnya. Pria kelahiran 13 Mei 1993 itu jadi idola baru. Namanya dieulu-elukan, dan tak lupa tanda tangannya diburu.

Setelah tiga tahun nan sarat sensasi, Lukaku pamit pada 2017. Manajemen tak kuasa menahan rayuan dan iming-iming Manchester United. Ditinggal idola, fans kecewa berat.

 

4 dari 8 halaman

Richarlison (36 juta pounds, dari Watford, 2018)

Begitu Watford menyatakan siap melepas Richarlison pada 2018, Everton langsung pasang kuda-kuda. Mereka memang sudah lama mengeker penyerang Brasil itu.

Lewat lobi dan negoisasi, Everton memenangkan perburuan. Berbekal setoran mahar 50 juta pounds, mereka suskes meminang Richarlison.

Fans menyambut Richarlison dengan tangan terbuka dan sebuah harapan: sang bintang anyar bisa memberikan kotribusi bagi tim kesayangan mereka. Richarlison paham betul apa yang diinginkan fans.

Selama masa baktinya hingga 2022 lalu, fans benar-benar puas. Lagi sayang-sayangnya, fans dan Richarlison harus berpisah di persimpangan jalan. Manajemen tak kuasa menampik ketika Tottenham Hotspur datang dengan uang 50 juta pounds.

 

5 dari 8 halaman

Gylfi Sigurdsson (44 juta pounds, dari Swansea, 2017)

Selama memperkuat Everton, dari 2017 hingga purna bakti pada 2022, Sigurdsson terkenal dengan tendangan bola matinya. Ketika belum bergabung, Everton memang sedang mencari spesialis tendangan mati. Cari dicari, liri dilirik, mereka menemukan sosok yang dicari.

Persoalannya, Swansea City baru mau melepas gelandang Islandia itu dengan harga tinggi. How much? 44 juta pounds. Oke. Bungkus. Bakatnya yang mumpuni membuat Sigurdsson jadi andalan sekaligus tumpuan.

Namun, pada 2021, namanya terseret ke dalam skandal yang memalukan. Sigurdsson disinyalit terlibat kasus seks di bawah umur.

 

6 dari 8 halaman

Alex Iwobi (28 juta pounds, dari Arsenal, 2019)

Dibenci di Arsenal, dicintai di Everton. Berbanderol transfer 28 juta pounds, Everton berhasil menggaet Iwobi dari "neraka" Emirates Stadium pada 2019.

Saat itu, The Toffees butuh pemain sayap yang cakap. Mengetahui Iwobi tak disukai di Arsenal, Everton lalu hadir sebagai malaikat.

Akan tetapi, setelah beberapa musim pertama yang tidak konsisten di Goodison, Iwobi dipindahkan ke lini tengah oleh Frank Lampard. Hingga saat ini, masih bertahan di Everton.

 

7 dari 8 halaman

Amadou Onana (31,5 juta pounds, dari Lille, 2022)

Sejak jumpa pertama, Everton langsung jatuh hati kepada gelandang bertahan berpaspor Belgia ini. Via jendela transfer musim panas 2022, utusan Everton menyatroni markas Lille di Prancis.

Tak lupa, sang utusan juga datang dengan kepastian menggiurkan berupa nilai transfer yang menembus 31,5 juta pounds. Singkat cerita, Onana pun mendarat mulus di Goodison Park beberapa waktu kemudian.

Sejauh ini, Onana tampil mengesankan untuk Everton. Godaan bagi si empunya nama juga sudah muncul, karena sedang mendapat atensi dari dua klub raksasa, yakni Arsenal dan Chelsea.

Sumber: Footballtransfers

8 dari 8 halaman

Arsenal Terancam Dong

Video Populer

Foto Populer