Sukses


Liga Inggris: Gara-gara Kecerobohan Wasit VAR, Arsenal Kehilangan Poin Absolut dari Brentford

Bola.com, Jakarta - Arsenal kehilangan dua poin berharga ketika meladeni Brentford dalam duel lanjutan Liga Inggris 2022-2023, Sabtu (11/2/2023) malam WIB. The Gunners ditahan tim tamu dengan skor 1-1.

Bermain di Emirates Stadium, kali ini Arsenal memang cukup kesulitan menghadapi perlawanan tim tamu. Brentford tampil agresif dan membuat skuad Mikel Arteta sulit mengembangkan permainan.

Arsenal akhirnya bisa mencetak gol di menit ke-66 lewat aksi Leandro Trossard. Sayangnya keunggulan tidak bertahan lama, Brentford menyamakan kedudukan delapan menit berselang melalui gol Ivan Toney.

Nah gol Ivan Toney inilah yang menimbulkan kontroversi karena dianggap offside. Apa yang terjadi?

2 dari 4 halaman

Kontroversi Gol Brentford

Ivan Toney mencetak gol dengan menyundul umpan silang Christian Norgaard yang memanjakan penyerang. Sundulan dari jarak dekat membuat Aaron Ramsdale tidak berkutik.

Namun, gol tersebut sempat membuat laga terhenti selama beberapa menit. Wasit dan ofisial VAR perlu melihat tayangan ulang berkali-kali untuk melihat potensi offside.

Ada kemungkinan offside dari Pinnock dari tendangan bebas awal yang diambil oleh Mathias Jensen. VAR mengonfirmasi Pinnock aman, tapi ofisial Lee Mason disebutkan lupa memasang garis offside untuk pergerakan Norgaard.

Gampangnya, ada beberapa pemain Brentford yang terlihat berada di posisi offside dalam skema tendangan bebas tersebut. Nah, wasit VAR tidak memasang garis offside imajiner untuk menentukan posisi setiap pemain.

3 dari 4 halaman

Hilang 2 Poin

Kontroversi gol Brentord ini dianggap sangat merugikan untuk Arsenal. Terlebih, The Gunners sedang berada di posisi terbaik dalam pemburuan gelar juara Liga Inggris musim ini.

Arsenal kehilangan dua poin tepat ketika akan menghadapi Manchester City dalam duel tengah pekan depan. Memang saat ini ada selisih 6 poin dengan Man City, tapi jarak tersebut tidak bisa disebut aman.

Untungnya, skuad Arsenal masih menunjukkan semangat juang tinggi meski gagal meraih kemenangan. The Gunners harus memberikan performa terbaik ketika meladeni sang juara bertahan pekan depan.

Sumber: Premier League

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, Published 12/02/2023)

4 dari 4 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer