Sukses


Merasa Bersalah karena Bikin Arsenal Gagal Menang, Wasit Lee Mason Keluar dari Liga Inggris

Bola.com, London - r Kegagalan Arsenal mengalahkan Brentford pada laga pekan ke-23 Premier League tak lepas dari kesalahan Lee Mason yang bertugas sebagai wasit VAR. Sebagai bentuk penyesalannya, Mason memilih untuk keluar dari Premier League.

PGMOL (Professional Game Match Officials) atau badan yang menaungi wasit Premier League menyampaikan Lee Mason telah mengundurkan diri dari organisasi pada Sabtu (18/2/2023) dini hari WIB.

Keputusan untuk mundur itu membuatnya tidak bisa jadi wasit di Premier League lagi. Padahal sebelum mengambil keputusan itu, Mason sudah mendapatkan skorsing dari PGMOL berupa larangan menjadi wasit VAR dalam beberapa pertandingan.

"Kami berterima kasih kepada Lee Mason atas dedikasinya untuk pertandingan profesional dan berharap yang terbaik untuknya pada masa depan," tulis pernyataan resmi PGMOL.

 

2 dari 6 halaman

15 Tahun Berkarier sebagai Wasit

Mason sebetulnya adalah wasit berpengalaman. Karier wasitnya sudah terhitung dua dekade lebih dan belasan tahun jadi wasit Premier League.

"Lee merupakan wasit Premier League yang sudah bekerja selama 15 tahun pada 287 pertandingan di divisi teratas Liga Inggris," kata PGMOL.

"Secara keseluruhan, kariernya di pertandingan profesional mencapai 500 pertandingan sejak memulainya pada 1998 lalu," lanjutnya.

 

3 dari 6 halaman

Hilang Dua Poin

Arsenal dipaksa puas dengan satu poin ketika ditahan Brentford dengan skor 1-1 di Stadion Emirates pada 11 Februari lalu. Sempat unggul lebih dulu, The Gunners akhirnya harus kehilangan dua poin berharga.

Hasil imbang ini buruk bagi Arsenal yang tengah bertarung dengan Manchester City di puncak klasemen Premier League. Arsenal yang sempat memimpin harus membuat mereka hilang keunggulan secara signifikan.

Brentford menyamakan kedudukan delapan menit setelah Arsenal mencetak gol melalui Ivan Toney. Nah gol Ivan Toney inilah yang menimbulkan kontroversi.

 

4 dari 6 halaman

Lupa Memasang Garis Offside

Toney mencetak gol dengan menyundul umpan silang Christian Norgaard yang memanjakan penyerang. Sundulan dari jarak dekat membuat kiper Arsenal, Aaron Ramsdale, tidak berkutik.

Namun, gol tersebut sempat membuat laga terhenti selama beberapa menit. Wasit dan ofisial VAR perlu melihat tayangan ulang berkali-kali untuk melihat potensi offside.

Ada kemungkinan offside dari Pinnock dari tendangan bebas awal yang diambil oleh Mathias Jensen. VAR mengonfirmasi Pinnock aman, tetapi ofisial Lee Mason ternyata lupa memasang garis offside untuk pergerakan Norgaard.

 

5 dari 6 halaman

Kesalahan Individu

Beberapa saat setelah pertandingan, PGMOL menyampaikan permintaan terbuka terkait kesalahan wasit Lee Mason dalam pertandingan tersebut.

Mereka mengakui bahwa ada human error dalam pengambilan keputusan kemarin yang pada akhirnya merugikan Arsenal. Sayangnya, tentu Arsenal tidak bisa mendapatkan dua poin mereka kembali.

Sumber: PGMOL Official

Disadur dari: Bola.net (Abdi Rafi Akmal/Published: 18/02/2023)

6 dari 6 halaman

Simak Posisi Arsenal di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer