Sukses


Mengenal 4 Fakta Tersembunyi Sheikh Jassim, Calon Pembeli MU: Ternyata Fans Setan Merah Sejak Bocah

Bola.com, Jakarta - Siapakah Shekih Jassim Bin Hamad Al Thani? Pria yang menjabat sebagai Manajer Bank Qatar tersebut menyodorkan tawaran 4 miliar pounds (sekitar Rp73,8 triliun) untuk membeli Manchester United.

Dia pun paling difavoritkan untuk menjadi pemilik Manchester United. Kini, keputusan sepenuhnya berada di tangan keluarga Glazer, apakah jadi menjual MU atau tidak setelah mendapat tawaran tersebut. 

Meskipun membuat gempar dunia sepak bola, banyak orang yang belum mengetahui profil Sheikh Jassim. Meski demikian ada banyak yang mengenali ayahnya yakni Sheikh Hamad bin Jassim bin Jaber al-Thani.

Syekh Hamad merupakan perdana menteri Qatar antara 2007 hingga 2013 dan sebelumnya adalah kepala dana kekayaan negara Qatar (disebut QIA). Tapi siapa putranya, yang hampir membeli MU?

Nick Harris dari Sporting Intelligence telah mencari tahu lebih banyak tentang Sheikh Jassim. Simak sejumlah ulasan mendalam terkait calon pemilik baru Manchester United ini.

 

2 dari 6 halaman

1. Dekat dengan Inggris

Informasi mengenai sosok Sheikh Jassim yang mengajukan tawaran 4 miliar pounds untuk membeli Manchester United terbilang minim. Meski demikian keluarga Jassim khususnya sang ayah yakni Syekh Hamad sangat dekat dengan Inggris.

"Banyak yang diketahui tentang ayahnya, PM Qatar dari 2007 hingga 2013, Sheikh Hamad, alias HBJ, yang dalam beberapa pertemuan dengan Pangeran Charles beberapa tahun lalu memberikan uang tunai sebesar 2,6 juta pounds kepada raja Inggris saat ini, sebuah koper, dan tas pembawa Fortnum & Mason," kicau Nick Harris.

 

3 dari 6 halaman

2. Kepala Bank Berusia Muda

Kekayaan Sheikh Jassim berasal dari keluarganya yang sudah bergelimang harta. Ayahnya yakni Sheikh Hamad memiliki dua istri dan 15 anak, salah satunya adalah Syekh Jassim.

Meski keluarganya sudah kaya, Sheikh Jassim merupakan seorang ekonom andal sejak usia muda. "Pada usia 23 tahun, pada  2005, Jassim diangkat menjadi ketua salah satu bank terbesar Qatar, QIB," lanjut Harris.

 

4 dari 6 halaman

3. Cinta Manchester United Sejak Lama

Sheikh Jassim diketahui merupakan penggemar Manchester United sejak dirinya masih anak-anak. Kala itu, dia yakin Sir Alex Ferguson yang baru seumur jagung di United bakal membuat klub berjaya.

"Kami diberi tahu Jassim jatuh cinta pada Manchester United pada 1992. Tahun di mana Leeds memenangkan gelar Liga Inggris di atas Manchester United dan Sheff Wed berada di urutan ke-3," ungkap Harris.

 

5 dari 6 halaman

4. Tawaran Kepemilikan 100 Persen

Sebelumnya, Sheikh Jassim melalui Nine Two Foundation miliknya telah mengajukan tawaran membeli Manchester United pada Jumat (17/2/2023) lalu. Dalam tawaran itu dia ingin kepemilikan 100 persen saham United.

Dia memiliki visi untuk membuat Manchester United berprestasi di Inggris, Eropa bahkan dunia. Sheikh Jassim bakal menggelontorkan dananya untuk memperbaiki pusat pelatihan, stadion, infrastruktur demi membuat klub kembali berprestasi.

Sumber: Give Me Sport 

6 dari 6 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer