Sukses


Liga Inggris: Bukayo Saka Sering Banget Dikasari Lawan, Begini Respons Mikel Arteta

Bola.com, Jakarta - Manajer Arsenal, Mikel Arteta menanggapi banyaknya pelanggaran dari lawan yang sering ditujukan kepada satu di antara pemain andalannya yaitu Bukayo Saka. Pemain berpaspor Inggris itu memang menjadi salah satu ruh permainan The Gunners.

Bukayo Saka yang kerap beroperasi di sektor sayap kanan Arsenal, dengan kerap menebar ancaman bagi pertahanan lawan. Aksi individu, kecepatan, dan naluri mencetak golnya membuat lawan sering kali harus menghentikannya dengan berbuah pelanggaran.

Bukayo Saka sudah menorehkan 10 gol dan dua assist untuk Arsenal di musim ini. The Gunners pun kukuh di puncak klasemen dan menjadi favorit memenangkan Liga Inggris.

Saka mencatatkan diri sebagai pemain yang sangat sering dilanggar pemain lawan. Permainan kasar lawan membuatnya sudah 40 kali dilanggar sepanjang musim ini, dan hanya empat kali berujung kartu kuning untuk lawannya.

2 dari 5 halaman

Pesan Mikel Arteta

Mikel Arteta memberikan pesan khusus untuk Bukayo Saka. Melansir Express,  ia meminta pemainnya agar harus melindungi dirinya sendiri di lapangan ketika mendapat pressing lawan .

Sebab jika tidak, Saka berpotensi mengalami cedera yang cukup parah dan mengganggu perjalanan kiprah Arsenal di musim ini.

Arteta tidak mengeluh tentang jumlah tekel terhadap Saka di musim ini, tapi ia berpesan agar Saka harus menjaga dirinya sendiri.

"Orang pertama yang harus melindungi Bukayo adalah dirinya sendiri. Ada banyak cara untuk melakukannya di lapangan sepak bola. Dia perlu belajar dan meningkatkannya,” tutur Arteta.

3 dari 5 halaman

Tahan Banting

Mikel Arteta terlihat emosional ketika Saka dilanggar Philippe Coutinho akhir pekan lalu, atau saat Arsenal mengalahkan Aston Villa 4-2.

Ternyata hal ini bukan masalah baru bagi Saka. Dia sering menjadi sasaran sepanjang waktunya di Arsenal, bahkan sejak berada di akademi.

Menurut Arteta, Saka menunjukkan ketahanan sejati meski kerap dikasari lawan. Buktinya Saka menjadi pemain yang jarang absen dalam 65 pertandingan terakhir di Liga Inggris, dengan memainkan 62 kali laga sebagai starter dan tiga lainnya sebagai pengganti.

4 dari 5 halaman

Terbiasa dari Kecil

Arteta menegaskan Saka seperti tidak peduli dengan permainan kasar lawan yang diarahkan kepadanya dan siap untuk bertarung kembali di lapangan. Situasi seperti itu sudah menjadi kebiasaannya sejak masih bocah.

“Dia sudah terbiasa dengan hal itu sejak dia berusia 10, 11, 12 tahun karena itulah permainan yang dia mainkan,” lanjut pelatih asal Spanyol.

"Saya tidak melihat dia khawatir. Itu adalah tantangan dengan setiap lawan yang dia hadapi. Dia ingin memenangkan tantangan. Itu saja,” jelas Arteta.

Arsenal akan melakoni pekan ke-25 Liga Inggris 2022/2023 dengan melawat ke markas Leicester City, Sabtu (25/2/2023) malam nanti. Kemenangan akan mempertegas posisi Meriam London untuk berada di pucuk klasemen.

 

Sumber: Express

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan di Premier League Musim Ini

Video Populer

Foto Populer