Sukses


3 Pemain Liga Inggris yang Menjadi Pelaku Kekerasan Seksual: Hukuman Berat, Karier Hancur

Bola.com, Jakarta - Dunia sepak bola bukan hanya gol atau kegembiraan saja. Banyak cerita memilukan yang hadir dari olahraga yang paling digermari di dunia tersebut. Misalnya kasus kekerasan seksual yang menimpa para pesepakbola, bahkan di level elite.

Kasus yang belakangan kerap muncul adalah kasus kekerasan seksuak yang dilakukan oleh pesepakbola profesional. Keteranan dan harta yang mereka miliki dari bermain sepak bola di level tertinggi justru membuat mereka melakukan tindakan yang tidak pantas. 

Di Liga Inggris, paling tidak ada tiga nama pemain top yang menjadi pelaku kekerasan seksual. Mereka melakukan kekerasan seksual dengan berbagai cara.

Bola.com memiliki catatan mengenai tiga pemain tersebut. Mereka adalah Adam Johnson, Benjamin Mendy, dan Masin Greenwood. Menariknya, ketiganya berasal dari dua klub Manchester.

Adam Johnson dan Mendy masih menjadi pemain Manchester City ketika kasus mereka terungkap. Sementara Mason Greenwood bahkan sampai saat ini statusnya masih sebagai pemain Manchester United meski ia diskors dari skuad Setan Merah. 

2 dari 4 halaman

Adam Johnson

Mantan pemain Manchester City, Adam Johnson melakukan didakwa melakukan pemerkosaan terhadap gadis di bawah umur. Menurut beberapa sumber, Johnson seringkali mengirimkan pesan serta foto tak senonoh kepada sang gadis di bawah umur tersebut.

Berawal dari situ, Johnson kemudian terbukti melakukan pelecehan yang dilakukan di mobil miliknya di tahun 2015.Atas perbuatannya itu,  eks winger Sunderland itu mendapat hukuman penjara selama enam tahun.

Karier sepak bolanya pun hancur. Kini Adam Johnson sudah berusia 35 tahun. Sangat tidak mungkin melihat sosok satu ini kembali ke lapangan hijau. 

3 dari 4 halaman

Benjamin Mendy

Kasus yang menimpa Benjamin Mendy cukup luar biasa. Menurut BBC, paling tidak ada 13 wanita yang melaporkan pemain Prancis itu atas tuduhan pelanggaran seksual.

Namun, kabar terbaru menyebut Mendy tidak terbukti pada enam tuduhan yang ada. Mendy sudah diputuskan bersih atas enam tuduhan itu.

Meski demikian, Benjamin Mendy masih harus mendekap di dalam penjara. Ia masih harus menjalani serangkaian proses sidang untuk kasus-kasus pemerkosaan yang lain.

4 dari 4 halaman

Mason Greenwood

Mason Greenwood tersandung kasus kekerasan seksual terhadap kekasihnya pada Januari 2022 lalu. Dia didakwa atas tiga hal, percobaan pemerkosaan, tindakan mengontrol dan memaksa, lalu penyerangan.

Namun, pemain muda satu ini sudah dibebaskan dari semua dakwaan. Greenwood disebut bebas dengan status jaminan. Sebelumnya, sosok berusia 21 tahun itu sempat ditahan selama beberapa bulan di penjara.

Meski demikian sampai saat ini Mason Greenwood masih belum jelas statusnya. Ia masih dibekukan dari skuad Manchester United. Greenwood pun tampak kesulitan kembali ke dunia sepak bola profesional.

Video Populer

Foto Populer