Sukses


Yuk Intip Nasib 9 Pemain yang Gabung Chelsea Bareng Eden Hazard: Ada yang Pensiun Usia 27 Tahun!

Bola.com, Jakarta - Eden Hazard merupakan satu di antara perekrutan tersukses Chelsea era Roman Abramovich. Dia datang bersama sembilan pemain lainnya pada jendela transfer yang sama.

Eden Hazard sebelumnya tampil menjanjikan bersama Lille. Chelsea kemudian merekrut Hazard pada tahun 2012 dengan biaya sebesar 35 juta euro.

Hazard menghabiskan sembilan tahun yang sukses di Chelsea. Pemain yang kini berusia 32 tahun tersebut membuat 352 penampilan dengan sumbangan 110 gol dan 92 assist.

Tak hanya itu saja, Hazard juga membantu Chelsea memenangi enam trofi. Itu termasuk dua gelar Premier League dan dua trofi Liga Europa.

Akan tetapi, kegemilangan Eden Hazard tidak serta merta tertular pada pemain lainnya. Ada sembilan pemain lagi yang datang bersama dengannya kala itu. Yuk simak kiprahnya di bawah ini.

2 dari 10 halaman

Charly Musonda

Charly Musonda bergabung dengan Chelsea pada 2012 dari Anderlecht. Pemain asal Belgia tersebut berhasil promosi ke tim senior The Blues pada 2017 di bawah asuhan Antonio Conte.

Namun, Musonda tidak banyak mendapat kesempatan bermain di Chelsea. Dia hanya mampu mencatatkan tujuh penampilan untuk The Blues dengan mencetak satu gol dan dua assist.

Selama terikat kontrak dengan Chelsea, Musonda juga sempat dipinjamkan ke Real Betis, Celtic dan Vitesse. Dia kemudian bergabung dengan Levante secara permanen pada 2022.

3 dari 10 halaman

Lamisha Musonda

Lamisha Musonda merupakan kakak kandung Charly Musonda. Dia meninggalkan Anderlecht dan pindah ke Chelsea pada waktu yang sama dengan sang adik.

Lamisha menghabiskan 18 bulan di Stamford Bridge tetapi tidak pernah bermain di tim utama dan kembali ke Belgia pada Januari 2014 dengan menandatangani kontrak bersama KV Mechelen tetapi hanya tampil dua kali di Liga Pro Belgia.

Setelah tiga tahun tanpa klub, Lamisha bergabung dengan tim divisi bawah Spanyol UE Llogstera B pada 2017. Dia kemudian membela klub Kongo TP Mazembe sebelum gantung sepatu pada 2019 di usia 27 tahun.

4 dari 10 halaman

Tika Musonda

Tika Musonda juga merupakan kakak kandung dari Charly Musonda. Namun, kariernya di Chelsea bisa dibilang tidak berjalan mulus karena gagal masuk ke tim utama.

Setelah lima tahun di Chelsea, Tika pindah ke UE Llagostera B (bersama dengan Lamisha) dengan status bebas transfer pada 2017 sebelum menjalani karier yang singkat di Palamos CF.

Dia dilepas oleh Palamos dan pensiun dari sepak bola sebelum bergabung kembali dengan Chelsea sebagai pemandu bakat pada November 2020.

5 dari 10 halaman

Andreas Christensen

Diboyong dari Brondby, Andreas Christensen menimba ilmu di akademi Chelsea. Bek asal Denmark tersebut kemudian dipinjamkan Borussia Monchengladbach selama dua musim.

Setelah masa peminjamannya di Jerman berakhir, Christensen masuk ke skuad utama Chelsea. Dia mencatatkan 161 pertandingan di semua kompetisi untuk The Blues.

Pemain berusia 26 tahun tersebut meninggalkan Chelsea pada musim panas 2022 setelah kontraknya berakhir. Christensen saat ini bermain untuk Barcelona.

6 dari 10 halaman

Marko Marin

Marko Marin mendapat julukan 'Messi dari Jerman' saat bermain di Werder Bremen. Hal tersebut yang membuat Marin direkrut oleh Chelsea pada musim panas 2012.

Namun, Marin tidak mendapat kepercayaan untuk bermain reguler di Stamford Bridge. Dia sering dipinjamkan ke beberapa klub seperti Sevilla, Fiorentina, Anderlecht dan Trabzonspor.

Marin juga sempat bermain di Olympiacos, Red Star Belgrade dan Al-Ahli selepas dari Chelsea. Dia mengakhiri kariernya pada 2022 setelah bermain untuk Ferencvaros.

7 dari 10 halaman

Thorgan Hazard

Chelsea mendapatkan Thorgan Hazard dari Lens pada musim panas 2012. Namun, adik kandung Eden Hazard ini pada akhirnya gagal menembus tim utama The Blues.

Untuk menambah jam terbangnya, Thorgan kemudian dipinjamkan ke sejumlah klub seperti Zulte Waregem dan Borussia Monchengladbach. Dia kemudian pindah secara permanen ke Borussia-Park pada 2015.

Borussia Dortmund kemudian merekrut Thorgan dari Monchengladbach pada 2019. Pemain asal Belgia itu sekarang bermain di PSV Eindhoven dengan status pinjaman.

8 dari 10 halaman

Oscar

Chelsea mendapatkan Oscar dari klub Brasil Internacional. Bersama The Blues, Oscar mampu mempersembahkan dua trofi Premier League, Piala Liga Inggris dan Liga Europa masing-masing satu kali.

Tak hanya itu, Oscar juga menyumbang 38 gol dan 37 assist dari 203 penampilan di berbagai ajang. Namun, pada era pelatih Antonio Conte, Oscar seolah kesulitan masuk skuad utama.

Oscar akhirnya meninggalkan Chelsea dan bergabung dengan Shanghai SIPG pada Desember 2016. Dia sampai saat ini masih bermain di klub China tersebut.

9 dari 10 halaman

Cesar Azpilicueta

Cesar Azpilicueta saat ini tengah memasuki musim ke-10 di Chelsea. Bek asal Spanyol tersebut telah membuat lebih dari 500 penampilan untuk The Blues.

Azpilicueta berhasil membantu Chelsea meraih banyak gelar. Itu termasuk dua gelar Premier League, satu trofi Liga Champions dan juga dua trofi Liga Europa.

Pada usia 33 tahun, Azpilicueta sekarang menjadi pemain terlama di skuad Chelsea dan pemimpin di bawah asuhan Graham Potter. Kontraknya bersama The Blues akan berakhir pada 2024 mendatang.

10 dari 10 halaman

Victor Moses

Victor Moses didatangkan dari Wigan Athletic pada 24 Agustus 2012. Namun, kariernya di Stamford Bridge bisa dibilang kurang bagus.

Moses hanya tiga musim saja bermain di tim utama Chelsea. Selebihnya, pemain sayap asal Nigeria ini sering dipinjamkan ke klub lain.

Moses pernah dipinjamkan ke Liverpool, Stoke City, West Ham, Fenerbahce, Inter Milan hingga Spartak Moscow. Dia memainkan 128 pertandingan untuk The Blues.

Sumber: Planet Football

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, 20/3/2023)

Video Populer

Foto Populer