Sukses


4 Bomber Timnas Inggris Sepanjang Masa: Takhta Milik Harry Kane

Bola.com, Liverpool - Harry Kane berhasil mencetak satu gol saat Timnas Inggris mengalahkan Italia pada kualifikasi Euro 2024 di Stadion Diego Armando Maradona pada, Jumat (24/3/2023) dini hari WIB.

Satu gol itu mengantarkannya menjadi top skor sepanjang masa Timnas Inggris.

Pemain Tottenham Hotspur tersebut berhasil menggeser nama Wayne Rooney dari daftar top skor Timnas Inggris. Satu golnya ke gawang Gli Azzuri mengukuhkan nama Kane di puncak top scorer sepanjang masa Timnas Inggris mengungguli tiga pendahulunya.

Mengingat umurnya, Harry Kane masih memiliki peluang untuk terus menambah golnya di Timnas Inggris. Siapa sajakah daftar top skor Timnas Inggris yang berhasil dilewati Kane?

2 dari 4 halaman

Wayne Rooney

Nama ketiga adalah pemain yang baru saja rekornya dilewati Harry Kane, dia adalah Wayne Rooney. Mantan penggawa Manchester United tersebut menjadi satu-satunya pemain yang pernah berhadapan secara langsung dengan Kane selama kariernya.

Rooney menjadi pemain yang sangat muda ketika dipanggil ke Timnas Inggris. Dia debut pada tahun 2003 ketika usianya baru menginjak 17 tahun 3 bulan 19 hari. Dia mengakhiri masa baktinya di timnas setelah UEFA Nations League A tahun 2018.

Pemain yang pensiun pada umur 35 tahun (2021) tersebut berhasil menciptakan 53 gol dari 120 pertandingan. Di level klub, Rooney berhasil mencatatkan 764 pertandingan dengan mengantongi 313 gol dan 170 assist.

3 dari 4 halaman

Sir Bobby Charlton

Di urutan ketiga daftar pencetak gol Timnas Inggris terdapat nama pendahulu Lineker, ia adalah Sir Bobby Charlton. Tidak seperti daftar pencetak gol lainnya, Charlton berposisi sebagai gelandang serang.

Pemegang satu Ballon d’Or tersebut telah berkiprah menjadi pesepak bola selama 23 tahun dalam rentang waktu 1956-1979. Charlton berhasil memenangkan Ballon d’Or di tahun yang sama ketika dia berhasil menjuarai Piala Dunia 1966 bersama Inggris.

Charlton mengungguli capaian gol Lineker di Timnas Inggris dengan 49 gol. Pemain akademi Manchester United tersebut mencatatkan 106 laga selama 12 tahun (1958-1970) bersama timnas untuk mendapatkan gol tersebut.

4 dari 4 halaman

Gary Lineker

Masuk pada urutan keempat daftar pencetak gol terbanyak Timnas Inggris terdapat nama Gary Lineker. Sebagai pemain, Dia eksis pada akhir tahun 70an sampai awal 90an.

Lineker berposisi sebagai penyerang tengah. Di level klub, dirinya berhasil mengantongi 187 gol dari 357 laga di semua kompetisi. Pemain yang pernah membela Barcelona tersebut akhirnya dipanggil Timnas Inggris pada tahun 1984.

Pemain yang pensiun di Jepang pada 1994 tersebut telah mencatatkan 80 pertandingan bersama The Three Lions. Dari 80 laga tersebut, Lineker berhasil mengantongi 48 gol selama delapan tahun.

 

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Raka Darmawa, peserta magang merdeka 2023)

Video Populer

Foto Populer