Sukses


Nasib 6 Pemain yang Hengkang dari MU pada Bursa Transfer Januari 2023: Ada yang Lebih Baik dari Cristiano Ronaldo?

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) ternyata melepas sejumlah pemain pada bursa transfer musim dingin Januari 2023. Sejumlah nama tak diduga pergi di saat semua sorotan mengarah kepada sang superstar, Cristiano Ronaldo, yang pergi dengan kontroversial.

Pada bursa transfer musim dingin 2023, Erik ten Hag hanya merekrut beberapa pemain pinjaman, seperti Wout Weghorst, Jack Butland, dan Marcel Sabitzer. Namun, selain kehilangan Cristiano Ronaldo, MU juga kehilangan lima pemain yang dipinjamkan ke klub lain.

Sejauh ini sorotan tetap mengarah kepada Manchester United dengan tiga rekrutan yang mereka pinjam. Wout Weghorst tampil cukup baik meski kontribusinya yang lebih besar masih dinantikan.

Sementara Jack Butland yang berposisi sebagai kiper belum mendapat kesempatan bermain sama sekali. Marcel Sabitzer sudah mendapatkan kesempatan meski harus bersaing ketat dengan gelandang-gelandang lain, seperti Casemiro, Fred, dan Scott McTominay.

Namun, seperti apa kiprah pemain-pemain yang dilepaskan oleh MU ke klub lain pda bursa transfer Januari 2023?

2 dari 8 halaman

Cristiano Ronaldo

Setelah kontrak Cristiano Ronaldo di Manchester United (MU) berakhir lebih cepat pada November 2022, perlu waktu sampai Januari 2023 untuk Cristiano Ronaldo mendapatkan debut bersama klub barunya.

Sang megabintang mengaku mendapatkan sejumlah tawaran dari klub-klub Eropa, tetapi memutuskan berlabuh di Arab Saudi dan Al Nassr menjadi klub barunya.

Cristiano Ronaldo sempat gagal mencetak gol dari dua laga pertamanya di Al Nassr. Sejak saat itu, sang penyerang telah menebus waktu yang hilang.

Cristiano Ronaldo sudah mencetak sembilan gol dalam 10 laga bersama Al Nassr, di mana dua kali dia mencetak hattrick. Ia juga mencetak gol untuk Portugal dalam dua kualifikasi Euro 2024, mencetak dua gol dalam kemenangan atas Liechtenstein dan Luksemburg.

3 dari 8 halaman

Di'Shon Bernard

 

Bek tengah muda Di'Shon Bernard, membuat debutnya di Manchester United (MU) pada 2019, bermain 90 menit dalam pertandingan Liga Europa melawan Astana. Namun, setelah itu belum menambahkan lagi penampilannya.

Peminjaman ke Portsmouth pada Januari 2023 disetujui dengan mempertimbangkan menit bermain secara reguler. Namun, beberapa hal berjalan tidak sesuai rencana.

Bernard mendapakan debutnya bersama Pompey ketika melawan Barnsley pada Februari 2023, bermain sepanjang 90 menit dalam pertandingan tersebut, dan kalah saat menghadapi Plymouth pada pekan selanjutnya.

Bernard dimainkan sebagai bek tengah saat membela tim muda Manchester United. Namun, ia bermain di sisi kanan pertahanan saat membela Portsmouth.

Pemain muda berusia 22 tahun itu belum menjadi starter sejak saat itu. Rekrutan pada musim panas tahun lalu, Joe Rafferty menjadi pemain yang lebih reguler di sisi kanan pertahanan dan Ryley Towler yang juga baru datang pada Januari mendampingi sang kapten tim, Sean Raggett, di pusat pertahanan. Bernard lebih sering berada di bangku cadangan.

4 dari 8 halaman

Charlie McNeill

 

Seorang pemain hebat di usia muda, McNeill dipinjamkan ke Newport County dan membuatnya merassakan bermain di tim utama untuk kali pertama. Ia menceta ktiga gol di Carabao Cup, tetapi merasakan momen yang lebih sulit sejak pindah ke Rodney Parade.

Pemain berusia 19 tahun itu menjadi satu di antara dua striker untuk bergabung sebagai pemain pinjaman pada akhir bursa transfer, bersama pemain muda Middlesbrough, Calum Kavanagh.

Namun, dia sudah masuk dan keluar dari starter Graham Coughland ketika mereka berusaha merangsek naik dalam klasemen.

McNeill menceetak gol pertamanya di tim senior pada 18 Maret ketika Newport mengalahkan Tranmere. Dengan sembilan laga tersisa bagi tim League Two itu, ia bisa menambah jumlahnya.

5 dari 8 halaman

Charlie Savage

 

Seperti halnya Bernard, Savage mendapatkan debutnya bersama MU di kancah Eropa. Gelandang muda yang juga merupakan mantan bintang akademi MU, Robbie Savage, mendapatkan menit bermain ketika menghadapi Young Boys di Liga Europa 2021/2022.

Setelah mendapatkan beberapa kesempatan bersama tim U-21 MU pada paruh pertama musim ini, ia dipinjamkan ke Forest Green Rovers untuk paruh kedua musim ini.

Pemain muda itu mencetak gol pertamanya untuk tim asuhan Duncan Ferguson pada 11 Maret sebelum tampil mengesankan dalam kemenangan atas Sheffield Wednesday pada akhir bulan.

"Kemenangan yang luar biasa melawan Sheffield Wednesday hari ini, sangat menikmati," kicau Savage setelah kemenangan itu.

6 dari 8 halaman

Shola Shoretire

 

Penyerang muda yang satu ini berlatih bersama tim senior MU pada awal musim ini, bahkan duduk di bangku cadangan untuk laga kontra Aston Villa dan Real Sociedad pada November 2022.

Namun, setelah gagal menambahkan jumlah penampilannya, setelah lima kali bermain, ia dilepaskan untuk dipinjamkan ke Bolton.

Tim asuhan Ian Evatt itu terbang tinggi di League One musim ini, jadi tidak mudah bagi Shoretire untuk menembus masuk dalam tim utama.

Shola Shoretire mendapatkan beberapa menit bermain, menjadi starter dalam sejumlah pertandingan untuk The Trotters dan menciptakan dua assist pertamanya pada Februari 2023 ketika menang atas Peterborough.

"Masih ada banyak pertandingan tersisa. Fokus utamanya adalah menang, tetapi sebuah gol akan brilian," ujar Shoretire kepada media klub setelah mencatatkan dua gol penalti dalam kemenangan 5-0.

 

7 dari 8 halaman

Axel Tuanzebe

 

Peminjaman Tuanzebe sebelumnya seperti campur aduk. Pemain bertahan itu sebelumnya berhasil promosi bersama Aston Villa, tetapi kesulitan mendapatkan tempat di Napoli.

Pemain berusia 25 tahun itu kehabisan kontrak pada musim panas 2023, tetapi harus menjalani peminjaman ke Stoke pada musim ini.

Pemain yang membela Timnas Inggris U-21 itu absen dalam paruh pertama musim ini karena cedera dan kemudian masuk dalam tim asuhan Alex Neil.

Namun, tiga kesempatan starter pertamanya membuat The Potters tidak terkalahkan melawan Blackburn, Middlesbrough, dan Norwich yang tengah mengejar promosi.

"Ia benar-benar bagus, menyesuaikan diri dengan sangat cepat dan itu membuat kami sedikit lebih aman dalam jumlah pemain di lini belakang," ujar Ben Wilmot yang menjadi partnernya di bek tengah itu.

8 dari 8 halaman

Posisi MU di Premier League

Video Populer

Foto Populer