Sukses


Liga Inggris: Liverpool Tak Risau Roberto Firmino Cabut pada Akhir Musim Ini

Bola.com, Jakarta Liverpool resmi akan kehilangan Roberto Firmino pada akhir musim ini. Meski ditinggal pergi Firmino, The Reds tak risau karena memiliki Cody Gakpo di lini serang.

Liverpool mengonfirmasi akan melepas Roberto Firmino bersama dengan Alex Oxlade-Chamberlain, Naby Keita, dan James Milner. Dengan begitu Skuad Si Merah kehilangan sosok penting yang menjadi mesin gol dalam beberapa musim terakhir.

Bermain sebagai false nine, Roberto Firmino sukses mencetak 110 gol dari 360 laga di seluruh ajang. Torehan tersebut juga membantu Liverpool memenangkan satu gelar Premier League dan Liga Champions.

Meskipun begitu, bek Liverpool, Virgil van Dijk, menerangkan timnya saat ini sudah punya pengganti untuk posisi Firmino. Van Dijk menilai Gakpo sebagai suksesor tepat untuk peran false nine yang ditinggalkan Firmino.

"Menurut pendapat saya, Bobby Firmino telah menjadi salah satu yang terbaik dalam peran false nine di Liverpool. Cody Gakpo, ini enam bulan pertamanya dan dia sudah melakukannya dengan sangat baik, jadi itu pertanda positif dan dia harus terus maju, tetap membumi," terang Van Dijk dikutip dari 90 min.

 

2 dari 5 halaman

Masih Adaptasi

Meski begitu, Virgil van Dijk melihat Gakpo sebagai pemain yang belum matang dalam peran tersebut. Namun, dia merasa Gakpo masih butuh waktu untuk adaptasi.

Pasalnya, Gakpo baru saja didatangkan Liverpool pada bursa transfer musim dingin 2023. Baru enam bulan di Anfield, Van Dijk menilai adaptasi Cody Gakpo cukup bagus dalam peran tersebut dengan torehan enam gol dan dua assist dari 20 laga.

"Menurut saya, itu adalah peran yang sangat, sangat sulit untuk dimainkan dan menilai Cody melakukannya dengan luar biasa. Dia masih belajar, masih beradaptasi," ujar van Dijk.

 

3 dari 5 halaman

Menatap ke Depan

Musim ini menjadi momen yang dipenuhi emosi bagi Virgil van Dijk. Selain ditinggal Firmino dan tiga pemain senior lainnya, Liverpool juga harus menghadapi musim yang sulit dengan tersingkir dari papan atas klasemen Premier League.

Meskipun begitu, dia ingin move on dan melihat jauh ke musim berikutnya. Virgil van Dijk yakin, musim depan akan berjalan jauh lebih baik untuk Liverpool.

"Saya sangat bersemangat untuk musim depan. Saya pikir perasaan itu datang beberapa bulan lalu ketika kami membalik halaman (bangkit)."

"Jelas masih banyak yang harus dikerjakan tetapi hal baiknya dalam hal ini adalah kami memiliki seluruh pramusim untuk mengerjakan ini, dan itu pasti rencananya," sambung van Dijk.

 

4 dari 5 halaman

Berjuang Tembus Zona Liga Champions

Liverpool perlahan mampu bangkit dari papan tengah klasemen Premier League, dengan tujuh kemenangan dari delapan laga terakhir. The Reds juga masih berjuang finis di zona Liga Champions.

Untuk itu, mereka kudu meraih kemenangan pada laga terakhir Premier League kontra Southampton. Kendati begitu, mereka masih harus berharap Manchester United kalah dalam dua laga sisa.

Sumber: 90 min

Disadur dari: Bola.net (Ahmad Daerobby/Published: 23/05/2023)

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Liverpool di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer