Sukses


6 Klub yang Buang Peluang Emas Boyong Haaland: MU Cuma Bisa Gigit Jari

Bola.com, Jakarta - Erling Haaland begitu fenomenal di Liga Inggris musim 2022/2023 dengan memecahkan sejumlah rekor. Manchester City begitu beruntung mendapatkan striker asal Norwegia tersebut.

Keberuntungan Man City tidak hanya karena mendapat pemain yang memberikan kontribusi maksimal, tetapi juga secara finansial. Haaland yang bernilai 170 juta pounds (Rp3,16 triliun) hanya City dapatkan dengan harga 60 juta pounds (Rp1,11 triliun).

Putra mantan pemain Manchester City, Alfie Haaland, ini telah mencetak 36 gol dan menjadi top skorer serta meraih gelar juara Premier League. Keberuntungan City selanjutnya adalah Haaland lebih memilih mereka dibanding tawaran dari klub lain.

Ada sejumlah klub yang hampir saja mendapatkan Erling Haaland sebelum Manchester City mengambilnya. Bakat besarnya sudah terpantau sejumlah klub besar semenjak Haaland masih remaja.

Berikut enam klub yang bisa saja mendapatkan Erling Haaland sebelum Manchester City. Tetapi, Dewi Fortuna mendaratkan Haaland di Eitihad Stadium.

 

https://www.newshub.id/interactive2/4425
2 dari 7 halaman

1. Chelsea

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Frank Lampard mengungkapkan pada 2019, sebelum Haaland pindah ke Red Bull Salzburg, dirinya pernah mencoba mengontraknya. "Dia adalah pemain yang saya coba bawa ke Chelsea, levelnya pada saat itu sangat jelas," ujar Lampard.

"Kredit untuknya, saya suka melihat pemain di level itu dengan rasa lapar untuk menjadi yang terbaik. Saya tidak tahu apakah dia akan tetap memutuskan untuk datang, tapi saya adalah penggemar beratnya," sambungnya.

 

3 dari 7 halaman

2. Juventus

Juventus telah memantau Haaland sejak 2017. Mereka memiliki kesepakatan yang diusulkan dan disepakati saat sang pemain berada di Molde. Juventus bahkan mengundang Haaland yang saat itu berusia 17 tahun ke pusat pelatihan klub.

Juventus ingin pemain asal Norwegia menjadi pengganti Gonzalo Higuain dan Mario Mandzukic yang sudah tua. Keputusan akhirnya diserahkan kepada CEO Juve, Giuseppe Marotta, yang tiba-tiba mengakhiri proses negosiasi karena alasan keuangan.

 

4 dari 7 halaman

3. Everton

Keputusan transfer Everton akhir-akhir ini terlihat tidak jelas, kurang terarah, dan boros. Padahal sebelumnya, The Toffees memiliki kesempatan untuk memboyong Erling Haaland.

Sayangnya, kurangnya keseriusan transfer yang Everton lakukan terbukti merugikan. Merseyside Blues menolak kesempatan merekrut bintang muda yang sedang naik daun pada 2018 dengan harga yang masih murah. Bintang tersebut adalah Haaland. 

 

5 dari 7 halaman

4. Leeds United

Ayah Erling Haaland yakni Alfie Haaland juga pernah memperkuat Leeds United ketika masih menjadi pemain profesional. Kedatangan Haaland junior diharapkan bisa membuat Leeds bangkit di bawah arahan Marcelo Bielsa.

Sebelum promosi ke Premier League alias masih berlaga di Championship, Lily Whites pernah melakukan pembicaraan dengan Haaland bahkan sang ayah. Seperti Everton, Leeds juga menolak kesempatan untuk mendapatkan Haaland dengan harga cuma 5 juta pounds saat itu.

 

6 dari 7 halaman

5. Newcastle United

Menurut laporan dari ChronicleLive, Newcastle pernah mengantre untuk merekrut Haaland sebelum suntikan dana segar dari Arab Saudi datang ke klub. The Magpies bahkan mengirimkan pemandu bakat untuk melihat aksi Haaland di Molde.

Namun, Newcastle segera melupakan Haaland muda itu. Padahal, Magpies sudah sangat dekat dengan dan bisa saja mengguncang Inggris jika mendapatkan sang pemain. 

 

7 dari 7 halaman

6. Manchester United

Manchester United bisa jadi gigit jari dengan kesuksesan tetangganya yakni Manchester City yang merengkuh gelar juara Premier League tiga kali berturut-turut. Apalagi mantan pemain incaran mereka, Haaland menjadi aktor kesuksesan City musim ini.

Melihat ke belakang, MU yang saat itu masih dibesut Ole Gunnar Solskjaer berniat membawa Haaland ke Old Trafford. Namun keputusan transfer Haaland ke Old Trafford tidak kunjung terjadi meski MU diminta hanya membayar 4 juta pounds kepada Molde.

Sumber: Give Me Sport

Video Populer

Foto Populer