Sukses


Jadi Pahlawan Man City di Final Piala FA, Ilkay Gundogan Diharapkan Bertahan di Etihad Stadium

Bola.com, Jakarta - Gelandang Man City, Ilkay Gundogan, jelas menjadi pahlawan keberhasilan The Citizens menjuarai Piala FA 2022/2023. Manajer Man City, Pep Guardiola, tidak menampik keinginan untuk bisa mempertahankan gelandang asal Jerman itu untuk beberapa musim ke depan.

Ilkay Gundogan menjadi pahlawan keberhasilan Man City jadi juara Piala FA 2022/2023 lewat dua gol yang dicetak dalam kemenangan 2-1 atas Manchester United (MU) di laga final yang diselenggarakan di Wembley, Sabtu (3/6/2023) malam WIB.

Ilkauy Gundogan langsung mencetak gol pembuka Man City saat laga baru berjalan satu menit.

Setelah MU menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat penalti Bruno Fernandes pada menit ke-33, Gundogan pun kembali membawa timnya unggul 2-1 pada menit ke-51.

Pemain asal Jerman itu sudah membantu Man City meraih dua trofi juara pada musim ini, yaitu Premier League dan Piala FA.

Ia masih bisa mempersembahkan satu trofi lagi mengingat The Citizens akan menghadapi Inter Milan di final Liga Champions pada Minggu (11/6/2023) dini hari WIB.

Peran penting Ilkay Gundogan di dalam tim membuat manajer Man City, Pep Guardiola, berharap sang pemain bisa bertahan. Manajer asal Spanyol itu berharap Gundogan akan menandatangani kontrak baru agar bisa lebih lama membela Man City.

"Txiki tengah mengusahakannya. Semoga ia berhasil," ujar Guardiola menyebut Direktur Sepak Bola Man City, Thixi Begiristain, tengah mengusahakan perpanjangan kontrak Ilkay Gundogan, seperti dilansir dari BBC Sport.

2 dari 4 halaman

Mengenal Dekat

 

Pep Guardiola dan Ilkay Gundogan tak hanya memiliki relasi sebagai manajer dan pemain di dalam tim Man City. Keduanya juga bertetangga karena tinggal di blok apartemen yang sama di Kota Manchester.

"Kami adalah tetangga. Kami tinggal di lantai yang sama selama bertahun-tahun sehingga ia menjadi salah satu teman dekat saya," ujar Guardiola.

Hal tersebut yang membuat Guardiola dan Gundogan bisa memiliki persahabatan yang sangat erat. Guardiola pun tak merahasiakan keinginannya agar Gundogan, yang menjadi salah satu rekrutan pertamanya saat menjadi manajer Man City pada 2016, untuk tetap bertahan di Etihad Stadium.

3 dari 4 halaman

Gundogan Luar Biasa

 

Keduanya pun bersama-sama meraih banyak prestasi untuk Man City. Sejauh ini sudah ada 11 trofi yang diraih keduanya bersama The Citizens, di mana pengaruh Ilkay Gundogan berkembang di lapangan setelah menjadi kapten baru Man City setelah kepergian Fernandinho pada musim panas 2022.

Selain mencetak gol 13 detik di final Piala FA yang membuatnya menjadi pencetak gol tercepat dalam sejarah Piala FA, Gundogan juga mencetak tiga gol penting yang melengkapi keberhasilan Man City menjadi juara dalam laga kontra Aston Villa pada pekan terakhir Premier League 2022/2023.

"Ia juga bermain luar biasa. Saya tidak lupa ia mencetak gol saat melawan Aston Villa. Semoga kami bisa menyelesaikan musim ini dengan baik," lanjutnya.

Sumber: BBC Sports

4 dari 4 halaman

Persaingan di Premier League

Video Populer

Foto Populer