Sukses


Alan Shearer Menilai Man City Ciptakan Standar Tinggi di Liga Inggris, MU Butuh Belanja Pemain untuk Mengejar

Bola.com, Jakarta - Manchester City menjuarai Premier League dan Piala FA pada musim 2022/2023 dan tengah dalam jalur untuk menambah trofi lewat Liga Champions. Legenda Timnas Inggris, Alan Shearer, menilai standar yang sangat tinggi telah ditetapkan oleh Man City.

Man City juga mendominasi Liga Inggris dalam beberapa tahun terakhir. Bersama Pep Guardiola, Man City telah lima kali menjadi juara Premier League sejak 2017/2018.

Bahkan tiga trofi Premier League terakhir diraih secara berturut-turut mulai musim 2020/2021 hingga 2022/2023. Belum lagi dua trofi Piala FA, empat trofi Piala Liga Inggris. Saat ini hanya tinggal Liga Champions yang menjadi idaman bagi para pemain Man City.

Melihat prestasi Man City dalam beberapa tahun terakhir, terutama pada musim ini, Alan Shearer menilai tim asuhan Pep Guardiola itu telah menetapkan standar yang begitu tinggi di sepak bola Inggris.

"Manchester City telah menetapkan standar pada saat ini, dan tergantung kepada Manchester United dan tim lain untuk bisa mengejarnya," tulis Alan Shearer dalam pembukaan kolomnya di BBC Sports.

 

2 dari 5 halaman

Jarak yang Besar

 

Alan Shearer juga menilai ada jarak yang begitu besar antara Man City dan MU, dan itu terlihat dalam laga final Piala FA yang mempertemukan kedua tim.

"Saat ini, jarak antara City dan tim asuhan Erik ten Hag terasa sangat besar. Mereka tampil baik saat tertinggal 0-1 di final Piala FA dan kemudian bangkit untuk menyamakan kedudukan, tetapi tim terbaik jelas menjadi pemenang pada akhirnya," ujar Shearer.

"City memiliki possession yang lebih banyak, peluang yang lebih baik, dan pemain yang lebih superior. Mereka pantas menang 2-1 di Wembley dan margin kemenangan seharusnya bisa lebih besar dari itu," lanjutnya.

3 dari 5 halaman

MU Butuh Belanja Pemain Lebih Besar

 

Alan Shearer pun menilai Manchester United (MU) masih agak terlalu jauh di bawah level Man City. Menurut legenda tim Newcastle United itu, MU butuh dana besar untuk merekrut pemain-pemain untuk mendukung mereka menjadi kandidat juara.

"Memenangi Carabao Cup dan finis di posisi ketiga untuk lolos ke Liga Champions jelas kualifikasi untuk kesuksesan. Mereka membuat banyak kemajuan setelah kalah dalam dua laga Premier League pertama musim ini, tetapi jelas masih begitu banyak pekerjaan yang harus mereka lakukan untuk mencapai level Man City," ujar Shearer.

"Mereka perlu melakukan belanja, sebuah belanja yang besar, jika ingin menjadi kandidat serius lagi. Saya pikir mereka jelas perlu membawa tiga atau empat pemain besar untuk bisa mewujudkannya," lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Pemain Apa yang Dibutuhkan MU

 

Alan Shearer merasa MU membutuhkan penyerang tengah kelas dunia, hanya untuk melepaskan tekanan besar yang dialami Marcus Rashford yang menjalani musim yang luar iasa dengan 30 gol di semua kompetisi musim ini. Ia jelas butuh bantuan pemain lain.

"Bruno Fernandes adalah pencetak gol terbanyak mereka selanjutnya, dengan 14 gol. Namun, ia menjadi satu-satunya pemain lain yang mencapai dua digit gol pada musim 2022/2023. Weghorst yang baru tiba Januari, hanya mencetak dua gol," ujar Shearer.

"Mudah mengatakan mereka harus membobol bank dan membawa Harry Kane untuk menyelesaikan masalah tertentu. Namun, kita tidak tahu apakah itu menjadi transfer yang memungkinkan atau tidak," lanjutnya.

Posisi penjaga gawang pun menjadi isu yang menarik di skuad MU. David De Gea hingga saat ini belum memperlihatkan adanya kemungkinan menandatangani kontrak baru bersama The Red Devils.

"Saya tidak tahu apakah kiper baru menjadi prioritas, tetapi kita melihat David De Gea membuat banyak kesalahan. Seharusnya, ia bisa melakukan penyelamatan saat Ilkay Gundogan mencetak gol kemenangan," ujarnya.

Sumber: BBC Sports

5 dari 5 halaman

Persaingan di Premier League

Video Populer

Foto Populer