Sukses


Kiper Legendaris MU Ungkap Kesalahan David De Gea di Final Piala FA

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) kalah 1-2 dari Man City di final Piala FA 2022/2023 yang digelar di Wembley, Sabtu (3/6/2023) malam WIB. Kiper legendaris MU, Peter Schmeichel, membeberkan kesalahan kiper The Red Devils, David De Gea, yang mudah dijebol dalam laga itu.

MU berduel melawan Man City di Stadion Wembley, Sabtu (3/6/2023). Dengan cepat gawang MU kebobolan oleh tembakan voli Ilkay Gundogan saat laga berjalan kurang dari 15 detik.

MU kemudian berhasil menyamakan kedudukan lewat penalti Bruno Fernandes pada menit ke-33. Namun, pada akhirnya, Man City berhasil menjadi juara Piala FA setelah Ilkay Gundogan kembali mencetak gol untuk timnya pada babak kedua.

Ilkay Gundogan melepas tembakan voli dari luar kotak penalti dengan kaki kirinya, setelah mendapat umpan sepak pojok.

Bola sempat memantul beberapa kali di tanah dan mengarah ke sisi kanan gawang Manchester United. David De Gea sempat menyentuh bola.

Namun sentuhannya terlalu lemah dan bola terus melaju ke gawang. Man City akhirnya menang 2-1 atas MU.

2 dari 4 halaman

Kesalahan David De Gea di Mata Peter Schmeichel

Menurut Peter Schmeichel, David De Gea harusnya bisa berbuat lebih baik untuk mencegah gol kedua Ilkay Gundogan itu. Menurutnya, De Gea salah menempatkan dirinya di bawah mistar gawang.

De Gea memang tampak sedikit bergerak ke kiri gawang sebelum bola ditendang oleh Gundogan. Schmeichel mengatakan kiper Spanyol tersebut harusnya tetap berada di tengah-tengah gawang.

“Saya pikir ia seharusnya melakukannya dengan lebih baik. Saya sangat terkejut itu masuk, saya melihat di mana dirinya berada di gawang, menempatkan diri saya di sana dan berpikir 'oke, apa yang harus saya lakukan sekarang adalah berada tepat di tengah segitiga ini'," tuturnya pada BBC.

“Ia sempat menyentuh bola secara penuh dengan tangannya, tapi terlambat setengah yard. Sepertinya ia terlalu dalam, ia tidak mengikuti permainan."

"Saya belum mendapat petunjuk karena saya tidak berada di gawang itu, tapi tetap saja ia harus pindah ke tempat bola berada. Anda harus selalu berada di tengah dan saya pikir ia tidak melakukan itu," tegas Schmeichel.

 

3 dari 4 halaman

Kritik dari Roy Keane

David De Gea sendiri mendapat kritikan pedas dari pendukung Manchester United. Ia juga kena semprot oleh legenda MU, Roy Keane.

Ia mengatakan kepada MU agar mencari kiper baru saja. Sebab jika tidak melakukannya, maka MU bakal kesulitan meraih gelar juara.

"De Gea tidak cukup bagus. Ia tidak akan menjadi orang yang membawa United kembali meraih trofi," klaim Roy Keane pada ITV Sport.

Sumber: BBC/ITV Sport

Disadur dari: Bola.net (Dimas Ardi Prasetya, published 4/6/2023)

4 dari 4 halaman

Persaingan di Premier League

Video Populer

Foto Populer