Sukses


5 Sosok Istimewa di Balik Kesuksesan Treble Man City: Komposisi Sempurna Skuad Pep Guardiola

Bola.com, Manchester - Musim 2022/2023 menjadi musim yang akan terus diingat oleh Manchester City. Tim berjulukan The Citizens itu mampu meraih tiga gelar sekaligus.

Gelar Premier League, Piala FA, dan Liga Champions yang didapatkan Manchester City pada musim 2022/2023 membuat mereka layak mendapatkan predikat treble winners.

Manchester City hanya klub Inggris kedua yang mampu melakukan itu. Sang tetangga, Manchester United lebih dulu melakukannya pada musim 1998/1999.

Treble winners yang didapatkan Manchester City pada musim ini terasa sangat manis. Sebab, pada final Piala FA, tim asuhan Pep Guardiola mampu mengalahkan sang rival sekota, Manchester United.

Seluruh skuad Manchester City memiliki perannya masing-masing dalam keberhasilan meraih treble musim ini. Namun, Bola.com merasa lima sosok ini punya peran paling penting.

2 dari 6 halaman

Pep Guardiola

Pep Guardiola semakin menegaskan statusnya sebagai pelatih hebat. Treble winners yang diraih pada musim 2022/2023 merupakan yang kedua bagi Guardiola.

Sebelumnya, ia pernah melakukannya bersama Barcelona pada musim 2008/2009. Saat itu, Barcelona asuhan Pep mampu meraih gelar La Liga, Copa Del Rey, dan Liga Champions dalam satu musim.

Pep Guardioa juga semakin berkembang sebagai pelatih. Pada musim 2022/2023, banyak inovasi yang ia terapkan dalam hal taktikal di Manchester City.

3 dari 6 halaman

Erling Haaland

Erling Haaland jelas merupakan pemain terbaik di skuad Manchester City pada musim ini. Catatan 52 gol dari 53 laga di semua kompetisi pada musim ini menjadi bukti nyata ketajaman Haaland.

Selain itu, Manchester City mendapatkan Erling Haaland dengan harga yang relatif murah. Mereka hanya mengeluarkan tak lebih 65 juta euro kepada Borussia Dortmund untuk menggaet Haaland pada musim panas 2022.

Ketajaman Haaland sudah berbuah manis. Selain memberikan tiga gelar juara untuk Manchester City, pemain 22 tahun itu juga banyak mendapatkan gelar individu.

4 dari 6 halaman

Kevin De Bruyne

Kevin De Bruyne menjalani salah satu musim terbaiknya bersama Manchester City. Di sepanjang musim, gelandang asal Belgia itu terus menjadi andalan di lini tengah.

Kontribusinya pun luar biasa. De Bruyne mampu mencetak 10 gol dan 31 assist di semua ajang pada musim 2022/2023.

Sayangnya, Kevin De Bruyne tak bisa beraksi maksimal di final Liga Champions. Ia mengalami cedera dan harus ditarik keluar sejak pertengahan babak pertama.

5 dari 6 halaman

Ilkay Gundogan

Satu lagi pemain senior yang punya peran penting di skuad Manchester City musim ini adalah Ilkay Gundogan. Sosok yang menjadi kapten sekaligus andalan di lini tengah City.

Pemain berusia 32 tahun itu tampil konsisten sepanjang musim. Ia mampu menjadi kapten pertama dalam sejarah Manchester City yang mampu mengangkat trofi Liga Champions.

Kini, Manchester City tengah diburu waktu. Jika tak segera memperpanjang kontrak Gundogan, pemain Jerman itu bisa pergi dengan status bebas transfer pada musim panas 2023.

6 dari 6 halaman

Ruben Dias

Ruben Dias adalah sosok paling penting di lini belakang Manchester City pada musim 2022/2023. Di usianya yang masih 26 tahun, Ruben Dias sudah sangat matang sebagai seorang pemain belakang.

John Stones, Manuel Akanji, Nathan Ake, dan Aymeric Laporte kerap mendapatkan jarah rotasi. Tak jarang, para pemain itu dimainkan di posisi yang berbeda ketimbang posisi aslinya.

Namun, hal serupa tak berlaku untuk Ruben Dias. Ia selalu dimainkan sebagai bek tengah yang melindungi gawang Ederson Moraes dari tekanan lawan.

Video Populer

Foto Populer