Sukses


Liga Inggris: Pierre-Emerick Aubameyang Tinggalkan Chelsea, Pulang ke Prancis

Bola.com, Jakarta - Striker asal Gabon, Pierre-Emerick Aubameyang, resmi meninggalkan Chelsea. Mantan striker Arsenal dan Barcelona itu memutuskan kembali ke Prancis dan bergabung besama Marseille.

Baik Chelsea maupun Marseille tidak mengungkapkan apakah ada dana transfer untuk pemain kelahiran Prancis ini.

Chelsea pun diketahui tidak mempermasalahkan kepergian Aubameyang karena performa yang kurang mengesankan selama berseragam The Blues.

Penyerang berusia 34 tahun itu tercatat hanya tampil selama satu musim di Chelsea, dan kurang impresif. Bukti konkretnya adalah Pierre-Emerick Aubameyang hanya mencetak tiga gol dalam 22 laga bersama The Blues sejak didatangkan dari Barcelona dengan nilai 10,3 juta pound pada September 2022.

Performanya di Chelsea memang menjadi jauh lebih menurun. Sebelum direkrut oleh The Blues, Aubameyang tercatat mencetak 13 gol dalam 23 pertandingan dalam kurun waktu enam bulan di Spanyol.

 

2 dari 5 halaman

Jauh Menurun

Penampilan bersama Barcelona dan Chelsea itu memang menjadi bukti bahwa pemain berusia 34 tahun itu telah mengalami penurunan kualitas permainan yang cukup signifikan.

Aubameyang tampil luar biasa ketika bermain bersama Borussia Dortmund selama lima tahun dari 2013 hingga 2018. Saat itu ia tampil dalam 144 pertandingan dan menceatk 98 gol untuk Dortmund.

Ketajaman itu yang membuat Arsenal kepincut dan merekrutnya pada 2018, di mana Aubameyang tampil cukup tajam dalam musim pertamanya. Total Aubameyang mencetak 68 gol dalam 128 penampilan selama empat tahun di Arsenal.

 

3 dari 5 halaman

Pulang ke Prancis

 

Keputusan Aubameyang ke Prancis pun bisa dimengerti. Selain ini menjadi negara kelahirannya, Aubameyang pernah berkarier di Liga Prancis dan cukup bersinar.

Saat berstatus sebagai pemain AC Milan pada 2018 hingga 2011, Aubameyang selalu dipinjamkan ke klub Prancis, masing-masing Dijon, Lille, dan Monaco. Ia kemudian bergabung besama Saint-Etienne pada 2011 dan bermain di sana hingga 2013.

Bersama Saint-Etienne, Aubameyang tercatat mencetak 37 gol dalam 87 penampilan. Harapannya dengan kembali ke Ligue 1 dan bergabung besama Marseille, Aubameyang bisa kembali menemukan ketajamannya di depan gawang.

Sumber: BBC Sports

4 dari 5 halaman

Eksklusif Premier League di Emtek Group

Selama dua tahun ke depan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group menjadi pemegang hak siar English Premier League (EPL). Kompetisi bergengsi ini akan ditayangkan secara gratis di stasiun televisi SCTV dan bisa dinikmati secara live streaming dengan berlangganan di Vidio. Sobat Bola.com mau tahu detailnya? Klik tautan ini.

5 dari 5 halaman

Persaingan di Premier League

Video Populer

Foto Populer