Sukses


Bersinar Lalu Redup! Ini 3 One Season Wonder Paling Fenomenal di Liga Inggris: Masih Ingat Michu?

Bola.com, Jakarta - Wigan, Swansea, dan Sunderland adalah beberapa klub Liga Inggris yang mendapat manfaat dari pemain one season wonder. Ya, manfaat adalah kata yang tepat menggambarkannya meski konteksnya negatif.

One season wonder bisa diartikan negatif karena merujuk pada pemain sepak bola yang cuma hebat satu musim, lalu menghilang pada musim berikutnya. Liga Inggris punya segudang pemain berlabel tersebut.

Pada praktiknya, para pemain berlabel one season wonder atau one hit wonder ini benar-benar mampu menyihir pencinta sepak bola. Tidak jarang mereka yang disemati label ini menjadi satu di antara pesepak bola paling dikenang di klubnya.

Di Liga Inggris, Bola.com mencatat ada tiga pemain yang memiliki label one season wonder. Siapa saja ya?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Michu - Swansea

Masih segar dari musim pertama mereka di Liga Inggris, Swansea menandatangani Michu seharga £2 juta dari Rayo Vallecano pada musim panas 2012.

Pemain yang kala itu berusia 26 tahun memperkenalkan dirinya ke sepak bola Inggris dengan dua gol dan satu assist pada laga pembuka Liga Inggris musim 2012/2013 saat tim Brendan Rodgers mengalahkan QPR 5-0 di Loftus Road, dan itu baru permulaan.

Michu mencetak enam gol dalam delapan pertandingan pertamanya di Liga Inggris dan menambah koleksi golnya jadi 13 gol Natal, mendapatkan kontrak empat tahun yang baru.

Striker itu mencetak lima gol lagi dan tiga di Piala Liga untuk membantu Swansea memenangkan penghargaan besar pertama mereka, Akan tetapi, ia gagal mengulang performa gilanya pada musim berikutnya.

Cedera menghambat musim keduanya di Stadion Liberty dan masa pinjaman berikutnya di Napoli. Dia kembali ke Spanyol setelah mencapai penyelesaian selama tahun terakhir kontraknya di Swansea.

3 dari 5 halaman

Amr Zaki

Berbanding terbalik dengan Michu yang kariernya meredup karena cedera, Amr Zaki justru meninggalkan kesan buruk buat publik Wigan.

Wigan membayar Zamalek £1,5 juta untuk meminjam Zaki selama satu musim pada 2008 dan dihadiahi tujuh gol dalam delapan pertandingan pertamanya, termasuk tendangan voli yang fenomenal melawan Liverpool di Anfield.

Zaki mencetak 10 gol Liga Inggris pada pergantian tahun, tetapi sikapnya gagal menyamai keinginannya untuk mencetak gol. Tak cuma di klub, striker asal Mesir itu juga bikin emosi tim nasional, di mana ia terlambat datang TC sebanyak empat kali.

Pada akhirnya, sinar Zaki meredup karena kesalahannya sendiri. Steve Bruce, pelatih Wigan kala itu, sampai menyebutnya sebagai pesepak bola paling tidak profesional yang pernah ia latih.

"Saya hanya merasa sudah saatnya kita mengumumkan mimpi buruk yang harus dia hadapi," kata Steve Bruce.

“Sejujurnya saya bisa mengatakan bahwa sepanjang waktu saya di sepak bola, saya tidak pernah bekerja dengan seseorang yang tidak profesional."

4 dari 5 halaman

Roque Santa Cruz

Masih ingat Roque Santa Cruz yang dibeli mahal oleh Man City, tetapi cuma mencetak tiga gol saja sepanjang waktunya di sana?

Ya, Roque Santa Cruz adalah striker fenomenal lainnya di Liga Inggris yang bersinar pada musim pertamanya, lantas meredup kemudian. Berusia 25 tahun saat Blackburn Rovers meminangnya dari Bayern Munchen dengan dana 3,5 juta pound, sang striker langsung meledak pada debutnya di Britani Raya.

Dia mencetak 19 gol pada debutnya di Liga Inggris. Namun, pada musim berikutnya, ia cuma melesakkan empat gol saja.

Menariknya, meski buntu pada musim keduanya di Liga Inggris, Manchester City nekat membeli Santa Cruz dengan dana mencapai £17,5 juta.

Sumber: Planet Football

5 dari 5 halaman

Cara Nonton Liga Inggris yang Aman dan Legal

Selama dua tahun ke depan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group menjadi pemegang hak siar English Premier League (EPL). Kompetisi bergengsi ini akan ditayangkan secara gratis di stasiun televisi SCTV dan bisa dinikmati secara live streaming dengan berlangganan di Vidio. Sobat Bola.com mau tahu detailnya? Klik tautan ini.

 

Video Populer

Foto Populer