Sukses


5 Pemain Terbaik yang Meninggalkan Liga Inggris di Musim Panas 2023: Firmino sampai Mahrez Pilih Susul Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Liga Inggris bisa dikatakan sebagai kompetisi sepak bola papan atas dan paling kompetitif di dunia. Sebagia besar klub Inggris punya keuangan yang lebih ketimbang klub dari negara Eropa lain.

Tidak sedikit pesepak bola beken dunia berkiprah di Liga Inggris. Persaingan di Inggris begitu tinggi yang memenuhi unsur fisik maupun tuntutan klub dan fans.

Tapi tidak selamanya Liga Inggris adalah yang terbaik. Nyatanya sepak bola Arab Saudi yang sedang jor-joran dan menjadi fenomena, untuk sementara membuat sepak bola Inggris ikut silau.

Bisa dilihat hari-hari terakhir ini, terjadi eksodus bagi para pemain dari Liga Inggris yang memilih hijrah ke Arab Saudi karena iming-iming gaji yang besar.

Selain itu, mereka mengikuti jejak Cristiano Ronaldo yang menjadi pionir pesepak bola dunia cabut dari Inggris ke Arab Saudi. Tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat lima pemain terbaik yang telah meninggalkan Liga Inggris musim transfer ini.

2 dari 6 halaman

Allan Saint-Maximin

Nama Allan Saint-Maximin baru saja memutuskan pergi dari Newcastle United untuk bergabung dengan Al Ahli. Ia berjuang untuk mendapatkan tempat di Newcastle yang berhasil lolos ke kualifikasi Liga Champions.

Di usia yang masih 26 tahun, Saint-Maximin punya masa depan yang cukup cerah sebagai pemain yang dibekali penggiring bola paling berbakat untuk saat ini. Namun secara mengejutkan ia memilih untuk meninggalkan Newcastle United dan bergabung dengan Al-Ahli.

Al-Ahli dan Newcastle United dimiliki oleh Dana Investasi Publik Arab Saudi. Sekarang dia pindah ke Arab Saudi, di mana tingkat persaingan tidak seperti di Premier League.

3 dari 6 halaman

Jordan Henderson

Jordan Henderson cukup lama menghiasi lini tengah bahkan sempat menjadi kapten Liverpool. Ia menjadi satu di antara pemain paling berpengaruh di era Jurgen Klopp berkat kualitas kepemimpinan, efisiensi, dan etos kerja.

Namun Henderson mengalami penurunan. Pemain berusia 33 tahun itu kini telah menyelesaikan kepindahan ke klub Liga Pro Saudi, Al Ettifaq dengan kesepakatan senilai 14 juta Euro.

Henderson memenangkan satu gelar Liga Champions, satu gelar Liga Inggris satu Piala FA, dan dua Carabao Cup selama 12 tahun bertugas di Liverpool.

4 dari 6 halaman

Roberto Firmino

Roberto Firmino adalah pemain lain yang memainkan peran penting dalam kejayaan Liverpool selain Henderson. Penyerang Brasil ini akan tetap menjadi idola bagi penggemar di Anfield.

Kecerdasan permainan Firmino, kualitas kepemimpinan, tekanan dan kecemerlangan teknis menciptakan trisula penyerang Liverpool yang ganas, bersama Sadio Mane dan Mohamed Salah selama beberapa musim.

Dalam 32 penampilan di semua kompetisi untuk Liverpool, pemain berusia 31 tahun itu mencetak 111 gol dan memberikan 79 assist. Firmino telah menyelesaikan kepindahannya ke Al-Ahli, sekaligus akan bertandem dengan Saint-Maximin.

5 dari 6 halaman

N'Golo Kante

N'Golo Kante adalah salah satu gelandang bertahan terbaik di era modern. Namanya melambung setelah membawa Leicester City merengkuh gelar juara Premier League bersejarah pada musim 2015/2016.

Kemudian Kante juga memenangkan gelar Premier League dan Liga Champions bersama Chelsea. Tak berhenti di situ, dia juga sukses membawa Prancis meraih kejayaan di Piala Dunia 2018.

Cedera yang mengganggu jelas berdampak pada Kante dan performanya telah menurun dalam beberapa tahun terakhir. Pindah menjadi pilihan yang masuk akal dan Kante sekarang bermain bersama Karim Benzema untuk Al-Ittihad.

6 dari 6 halaman

Riyad Mahrez

Riyad Mahrez adalah salah satu pemain sayap terbaik di generasinya di Premier League. Seperti Kante, Mahrez adalah salah satu bintang Leicester yang bersejarah yang kemudian dibeli Manchester City.

Mahrez memiliki karir yang luar biasa dan telah memenangkan banyak trofi di Manchester City dan meninggalkan klub sebagai pemenang treble yang fenomenal musim lalu.

Total dia telah memenangkan lima gelar Premier League, satu gelar Liga Champions, dua Piala FA, dan tiga Piala Liga dalam karirnya. Mahrez kini telah bergabung dengan klub Liga Pro Arab Saudi, Al-Ahli.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer