Sukses


Liga Inggris: Setelah Jordan Henderson, Giliran Fabinho yang Cabut dari Liverpool dan Gabung Klub Arab Saudi

Bola.com, Liverpool - Liverpool kembali melepas satu di antara pilar pentingnya di lini tengah. Setelah melego Jordan Henderson ke Al Ettifaq, The Reds juga menjual Fabinho ke klub Arab Saudi lainnya, Al Ittihad.

Gelandang Timnas Brasil itu kerap dikabarkan bakal angkat kaki dari Liverpool pada musim panas tahun ini. Kabar itu pun semakin berhembus kencang, setelah Fabinho absen pada pramusim The Reds ke Singapura.

Juara Liga Arab Saudi musim lalu, Al Ittihad, menjadi yang paling tertarik mendapatkan jasanya. Untuk merampungkan proses kepindahannya ke Al Ittihad, Fabinho menjalani tes medis pada 29 Juli 2023.

Setelah proses tersebut rampung, Fabinho resmi bergabung dengan klub yang dijuluki Al-Numoor itu pada Selasa (1/8/2023). Bersama Al Ittihad, pemain berusia 29 tahun tersebut menandatangani kontrak berdurasi tiga musim, atau sampai 30 Juni 2026.

 

2 dari 4 halaman

Pernyataan Resmi Liverpool

Liverpool ataupun Al Ittihad tak menyebutkan secara pasti besaran nilai transfer sang pemain. Namun menurut laporan BBC, Fabinho ditebus dari The Reds dengan banderol 40 juta poundsterling.

"Fabinho hari ini menyelesaikan transfer ke Al-Ittihad setelah lima tahun bersama Liverpool," bunyi pernyataan resmi The Reds.

"Gelandang Brasil menyelesaikan transfer ke klub Arab Saudi, mengakhiri masa yang sangat mengesankan di Anfield yang meliputi 219 penampilan di semua kompetisi dan lima gelar."

 

3 dari 4 halaman

Menyusul Jordan Henderson

Bergabung ke Al Ittihad, Fabinho menyusul langkah mantan rekan setimnya di Liverpool, Jordan Henderson, yang telah lebih dulu hengkang ke Arab Saudi. Namun bedanya, Henderson bergabung ke Al Ettifaq pada 27 Juli 2023.

Selain itu, Fabinho juga bakal satu tim dengan nama-nama top lainnya yang bergabung ke Al Ittihad pada musim panas tahun ini, yakni Karim Benzema dan N'Golo Kante.

"Semua orang di Liverpool ingin berterima kasih kepada Fabinho atas semua kontribusinya terhadap kesuksesan klub selama lima tahun terakhir," tutup pernyataan Liverpool.

 

4 dari 4 halaman

Daftar Transfer Pemain Dunia ke Saudi Pro League 2023/2024:

Al Ahli: Riyad Mahrez (Manchester City), Edouard Mendy (Chelsea), Roberto Firmino (Liverpool)

Al Ittihad: Karim Benzema (Real Madrid), N'Golo Kante (Chelsea)

Al Nassr: Seko Fofana (Lens), Marcelo Brozovic (Inter Milan), Alex Telles (Manchester United)

Al Hilal: Ruben Neves (Wolverhampton Wanderers), Sergej Milinkovic-Savic (Lazio), Kalidou Koulibaly (Chelsea), Malcom (Zenit St Peterseburg)

Al Ettifaq: Jordan Henderson (Liverpool)

Sumber: Liverpool, BBC Sport

Video Populer

Foto Populer