Sukses


5 Fakta Altay Bayindir, Kiper yang Segera Gabung MU: Perdana Tinggalkan Tanah Air, Jadi Pemain Turki Pertama di Skuad The Red Devils

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) dikabarkan tinggal selangkah lagi mendapatkan kiper baru asal Turki, Altay Bayindir. Kabar itu disampaikan oleh pakar transfer Fabrizio Romano dan mantan pemain MU yang kini bergabung bersama Fenerbahce, Fred.

Fred yang kini sudah bergabung bersama Fenerbahce menyebut Altay Bayindir akan segera merampungkan transfernya ke MU. Kabarnya kiper berusia 25 tahun itu ditebus MU dengan nilai 4,9 juta euro.

Keputusan MU merekrut Altay Bayindir setelah memboyong Andre Onana dari Inter Milan diyakini karena MU melepas dua kiper pada musim ini.

Dean Henderson akan bergabung ke Crystal Palace dan sebelumnya The Red Devils melepas David De Gea yang hingga kini belum memiliki klub baru.

Jika benar bergabung bersama MU, Altay Bayindir akan menjadi pemain kelima yang didatangkan The Red Devils pada musim panas 2023. Sebelumnya, MU menggaet Mason Mount, Jonny Evans, Andre Onana, dan Rasmus Hojlund.

Berikut lima fakta menarik mengenai Altay Bayindir, kiper yang segera bergabung bersama MU:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Masih Punya Kontrak Panjang di Fenerbahce

Manchester United (MU) dipastikan harus merogoh kocek lagi untuk merekrut Altay Bayindir. Hal ini karena sang kiper masih punya kontrak yang cukup panjang bersama klubnya, Fenerbahce.

Altay Bayindir masih terikat kontrak di klub Turki itu hingga 30 Juni 2027.

Namun, seperti diungkapkan Fred, sang kiper segera dilepas oleh Fenerbahce untuk bergabung bersama MU, terutama karena mereka sudah mencapai kata sepakat dengan kiper baru, Dominik Livakovic, yang kini membela Dinamo Zagreb.

3 dari 6 halaman

Belum Pernah Bermain di Luar Turki

Altay Bayindir sejauh ini selalu menjalani karier di negara asalnya, Turki. Untuk level junior, ia pernah bermain bersama akademi sepak bola Bursaspor, Arabayatagispor, Bursa Yolspor, dan Ankaragucu.

Ankaragucu juga menjadi klub pertama Altay Bayindir di level profesional pada 2016. Setelah itu, ia bergabung bersama Fenerbahce pada 2019 dan bertahan hingga saat ini.

Artinya, ketika bergabung bersama MU, ini akan menjadi kali pertama Altay Bayindir berkarier ke luar negeri.

 

4 dari 6 halaman

Kiper Utama Fenerbahce

Sejak bergabung bersama Fenerbahce pada 2019, Altay Bayindir kemudian berhasil menjadi kiper utama di klub Turki tersebut.

Sejauh ini ia sudah tampil lebih dari 140 pertandingan. Dalam kariernya bersama Fenerbahce, ia membantu timnya meraih Piala Liga Turki 2022/2023, di mana pada laga final ia mencetak clean sheet dalam kemenangan 2-0.

 

5 dari 6 halaman

Punya Pengalaman di Timnas Turki

Performa bagusnya di Fenerbahce sudah membuat Altay Bayindir mendapatkan kesempatan membela Timnas Turki. Ia mendapatkan panggilan pertamanya pada 9 November 2020, tetapi baru menjalani debutnya pada 27 Mei 2021.

Debut Altay Bayindir bersama Timnas Turki itu terjadi dalam laga persahabatan internasional menghadapi Azerbaijan. Saat itu ia menjalani debut dalam usia 23 tahun, 1 bulan, dan 13 hari.

 
6 dari 6 halaman

Bakal Jadi Pemain Turki Ke-22 di Premier League, Pertama di MU

Ketika resmi menjadi pemain MU nanti, Altay Bayindir bakal menjadi pemain asal Turki ke-22 yang pernah berkarier di Premier League.

Sebelumnya ada 21 pemain asal Turki yang sudah pernah berkarier di Premier League, seperti Hakan Sukur yang pernah bermain bersama Blackburn Rovers pada musim 2002/2003 atau Nuri Sahin yang pernah membela Liverpool pada musim 2012/2013.

Namun, satu yang pasti, jika Altay Bayindir bergabung bersama MU, ia akan menjadi pemain asal Turki pertama yang bermain untuk The Red Devils.

Persaingan Juara Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer