Sukses


Jurgen Klopp Jadi Pelatih Timnas Jerman Sambil Menangani Liverpool, Mungkinkah?

Bola.com, Jakarta - Timnas Jerman tengah mencari pelatih baru untuk menggantikan Hansi Flick yang baru saja dipecat. Jurgen Klopp disebut sebagai salah satu kandidat. Timnas Jerman disebut memimpikan manajer Liverpool itu sebagai pengganti Hansi Flick.

Hansi Flick dipecat oleh Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) setelah kalah 1-4 dari Jepang dalam laga persahabatan internasional yang digelar di Volskwagen Arena, Minggu (10/9/2023) dini hari WIB.

Sejumlah kandidat pengganti pun sudah muncul, mulai dari legenda Real Madrid, Zinedine Zidane, hingga Jurgen Klopp yang hingga kini masih menangani Liverpool di Inggris.

Jerman, yang akan menjadi tuan rumah Euro 2024, tidak pernah meraih kemenangan dalam lima pertandingan uji coba internasional setelah tersingkir dari Piala Dunia 2022.

Hal ini membuat DFB membutuhkan pelatih yang benar-benar mengerti filosofi sepak bola Jerman untuk bisa mengoptimalkan tim yang dalam beberapa bulan lagi akan tampil di putaran final Euro 2024.

Jurgen Klopp menjadi salah satu kandidat yang santer dikaitkan dengan pekerjaan menangani Timnas Jerman. Mungkinkah itu terjadi?

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Mimpi DFB Menunjuk Jurgen Klopp Menangani Timnas Jerman

 

Menurut media Jerman, Bild, ada sejumlah kandidat, seperti Louis van Gaal, Julian Nagelsmann, dan Miroslav Klose. Namun, opsi lain adalah Jurgen Klopp. DFB pernah melakukan pendekatan agar Klopp menjadi pelatih Die Mannschaft.

Pada 2021, manajer Liverpool itu menegaskan dirinya tidak bisa mengambil pekerjaan itu karena komitmen yang sudah dipegangnya untuk Liverpool. Sejak saat itu, Klopp menandantangani kontrak baru yang mengikatnya hingga 2026.

Namun, satu elemen berpotensi mengubah pendiriannya. Seperti diungkap Sportbible, Jerman punya mimpi menunjuk Klopp sebagai manajer baru. Bahkan DFB dikabarkan menerima jika Klopp tetap menangani Liverpool sembari menangani Timnas Jerman.

3 dari 3 halaman

Pernah Terjadi

Bicara soal manajer tim mengambil dua peran di level klub dan tim nasional pada saat yang sama, hal seperti ini sudah pernah terjadi.

Sir Alex Ferguson contohnya. Manajer legendaris Manchester United itu pernah menangani timnas Skotlandia pada 1985 hingga 1986. Pada saat yang sama ia juga menangani Aberdeen.

Kemudian ada manajer asal Turki, Fatih Terim, yang pernah menangani Galatasaray dan Timnas Turki pada saat yang sama dan sudah tiga kali melakukannya. Jadi kemungkinan Klopp menangani Liverpool dan Timnas Jerman secara bersamaan bisa terjadi.

Sumber: Sportbible

Video Populer

Foto Populer