Sukses


Wasit Bagus Belum Tentu Bisa Jadi Ofisial VAR, Begini Solusi Unik ala Bomber Cadas Liga Inggris

Bola.com, Jakarta - Laga antara Tottenham Hotspur vs Liverpool, Sabtu (30/9/2023) menyisakan kontroversi seputar penggunaan VAR. Legenda Liga Inggris, Alan Shearer, merasa sudah saatnya ada perubahan besar di sistem.

Menurut Alan Shearer, ini adalah saat yang tepat untuk mengutus mantan pesepak bola profesional menjadi ofisial atau petugas VAR.

Komite Wasit Liga Inggris (PGMOL) telah meminta maaf atas human error yang tercipta pada laga Tottenham versus Liverpool. Gol Luis Diaz dianulir meski VAR sudah melakukan intervensi.

Meski PGMOL sudah berbesar hati untuk meminta maaf dan mengakui kesalahan, Alan Shearer tetap bersikukuh agar ofisial VAR diisi oleh mantan pesepak bola profesional. Apa alasannya?

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Beda Skill

Bagi Alan Shearer, wasit yang bagus di atas lapangan belum tentu memiliki sense yang sama ketika berada di ruangan VAR. Ada perbedaan skill antara wasit dengan ofisial VAR.

"Saya tahu Howard Webb bekerja keras, tetapi harus ada orang-orang yang lebih kompeten dalam menjalankan VAR. Skill yang dibutuhkan berbeda. Wasit yang bagus, seprofesional apapun, belum tentu bisa menguasai VAR," kata Alan Shearer berbicara pada podcast The Rest Is Football.

"Sangat berbeda. Beda skill. Jadi menurut saya lebih baik orang lain yang menjalankan VAR. Haruslah mantan pesepak bola profesional. Kan ada banyak bekas pesepak bola yang tidak ada pekerjaan, jadi akan ada banyak yang mau terjun ke ruangan VAR."

 

3 dari 5 halaman

Akan Terus Dikeluhkan

Shearer khawatir bahwa kekacauan sekarang mungkin terjadi atas keputusan VAR menyusul peristiwa amburadul di Tottenham. Namun dia bersimpati kepada ketua wasit Howard Webb, yang berusaha mati-matian untuk menanamkan kepercayaan pada para pejabatnya.

"Karena apa pun keputusan yang terjadi sekarang, semua orang akan mempertanyakannya. Minggu lalu atau minggu sebelum Ten Hag mengeluh tentang offside," tambah Shearer.

"Ketika mereka menarik garis, Anda tidak bisa membantahnya. Semua orang menertawakannya karena hal itu, sekarang semua orang akan berpikir 'tunggu sebentar, dia bilang itu tidak pernah offside, benarkah?'"

Sumber: Mirror

4 dari 5 halaman

Cara Nonton Liga Inggris yang Aman dan Legal

Selama dua tahun ke depan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group menjadi pemegang hak siar English Premier League (EPL). Kompetisi bergengsi ini akan ditayangkan secara gratis di stasiun televisi SCTV dan bisa dinikmati secara live streaming dengan berlangganan di Vidio. Sobat Bola.com mau tahu detailnya? Klik tautan ini.

5 dari 5 halaman

Persaingan di Liga Inggris 2023/2024

Video Populer

Foto Populer