Sukses


Selamat Jalan Sir Bobby Charlton: Legenda MU dan Timnas Inggris, Inspirasi Para Pesepak Bola

Bola.com, Jakarta - Sir Bobby Charlton, legenda Manchester United (MU) yang menjadi tokoh kunci kemenangan Inggris di Piala Dunia 1966, meninggal dunia pada usia 86 tahun, Sabtu (21/10/2023) malam WIB.

Keluarga Sir Bobby Charlton mengatakan dia meninggal dengan damai pada Sabtu dini hari waku setempat. Dia dipuji sebagai pemain terhebat Inggris dan legenda yang tak terbantahkan seiring dengan mengalirnya penghormatan.

MU mengatakan Charlton menduduki peringkat sebagai "salah satu pemain terhebat dan paling dicintai dalam sejarah klub kami".

"Sir Bobby adalah pahlawan bagi jutaan orang, tidak hanya di Manchester, atau Inggris, tapi dimanapun sepak bola dimainkan di seluruh dunia," bunyi pernyataan klub.

“Dia dikagumi karena sportivitas dan integritasnya serta kualitasnya yang luar biasa sebagai pesepak bola; Sir Bobby Charlton akan selalu dikenang sebagai raksasa dalam permainan ini."

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

<p>Piala Dunia U-17 - ilustrasi Piala Dunia U-17 2023 Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

 

EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-17 2023 menayangkan pertandingan-pertandingan penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda kelas dunia di Indosiar, SCTV, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati juga berita-berita eksklusif Piala Dunia U-17 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pesepak Bola Terhebat Inggris

Sir Bobby Charlton, yang didiagnosis menderita demensia pada tahun 2020, mengangkat tiga gelar Liga Inggris, satu Piala FA, dan satu Piala Eropa dalam 17 tahun kariernya yang luar biasa di Old Trafford.

Dia juga mencetak 49 gol dalam 106 penampilan untuk The Three Lions, yang terkenal membantu mereka memenangkan Piala Dunia pada tahun 1966.

“Bagi saya, dia adalah pemain terhebat Inggris,” kata mantan striker Inggris Gary Lineker kepada BBC Radio 5 Live.

Sir Bobby Charlton mencetak 249 gol dalam 758 pertandingan untuk Manchester United dan merupakan pencetak gol terbanyak kedua dalam sejarah klub setelah Wayne Rooney.

Dia adalah satu dari sembilan pemain yang memenangkan Piala Dunia, Liga Champions, dan Ballon d'Or.

3 dari 5 halaman

Inspirasional

Para pemain Manchester United dulu dan sekarang dengan cepat memberikan penghormatan kepada Charlton, yang selamat dari Tragedi Munchen pada tahun 1958 yang secara tragis merenggut nyawa 23 orang, termasuk delapan rekan satu timnya di MU.

“Sir Bobby adalah alasan saya mendapat kesempatan bermain untuk Manchester United,” kata David Beckham, yang melakukan debut tim utama untuk klub tersebut pada usia 17 tahun setelah bersekolah di sekolah sepak bola Charlton. “Saya berhutang segalanya pada Sir Bobby.”

Pencetak gol terbanyak Manchester United Rooney, yang memimpin pertandingan pertamanya sebagai manajer Birmingham City di Middlesbrough pada hari Sabtu, mengatakan, "Saya masih terkejut. Keluar di babak pertama untuk babak kedua, kami mendengar beritanya.

"Memenangkan Piala Dunia 1966 dan Piala Eropa 1968 setelah apa yang dia lalui dengan bencana Munchen, dia memiliki kehidupan yang hebat. Dia hebat, legenda mutlak dalam sepak bola."

“Dia adalah sosok ikonik di seluruh dunia,” tambah bos Middlesbrough Michael Carrick, yang menghabiskan 12 tahun di Old Trafford sebagai pemain.

"Saya cukup beruntung bisa mengenalnya dan merasakan dukungannya serta merasakan apa arti Manchester United baginya. Itu adalah posisi yang tidak pernah saya anggap remeh."

4 dari 5 halaman

Pujian Lainnya

Pep Guardiola, manajer Manchester City: "Kehilangan besar bagi keluarganya dan keluarga Manchester United serta sepak bola Inggris, sepak bola Eropa."

"Seorang legenda besar. Atas nama Manchester City, kami turut berbela sungkawa kepada keluarganya, Manchester United, dan semua orang karena kami memiliki Liga Premier karena orang-orang seperti ini."

Rio Ferdinand, mantan bek Inggris dan Manchester United: "Sir Bobby. Ikon, Legenda, Hebat… kata-kata ini dilontarkan oleh kita semua kepada banyak orang yang 100% tidak pantas mendapatkannya, terutama jika Anda membandingkannya dengan pria Sir sekaliber Bobby."

Gary Neville, mantan bek Manchester United: "Salah satu Busby Babes yang asli. Dia memenangkan piala remaja di Man Utd kemudian memenangkan Piala Eropa, Piala Dunia dan di era modern dia adalah direktur klub. Tidak diragukan lagi dia adalah pemain dan duta terhebat sepak bola Inggris. Seorang juara di dalam dan di luar lapangan."

Martin Keown, mantan bek Arsenal: "Dia adalah pemain yang sungguh luar biasa dan memiliki bakat yang luar biasa. Dia telah menjadi duta besar untuk Manchester United dalam beberapa tahun terakhir. Cara dia membawa diri, dia adalah pria yang bermartabat dan dia akan dikenang Waktu yang sangat lama."

5 dari 5 halaman

Posisi MU Saat Ini

Video Populer

Foto Populer