Sukses


Lihat Gol Elkan Baggott ke Gawang Fulham di Carabao Cup: Kang Nyundul, Timnas Indonesia Banget!

Bola.com, Ipswich, Suffolk - Elkan Baggott mencatat sejarah sebagai pemain Indonesia pertama yang mencetak gol di turnamen elite domestik Liga Inggris.

Baggott mencetak satu gol ketika Ipswich Town melawan Fulham pada babak 16 besar Carabao Cup 2023/2024 di Portman Road, Kamis (2/1/2023) dini hari WIB.

Baggott menjadi pemain cadangan dalam laga itu. Baggott sebelumnya dikabarkan mengalami cedera punggung setelah membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Cedera itu membuatnya tak tersedia dalam beberapa laga Ipswich Town di Divisi Champioship.

Setelah pulih, Baggott langsung tancap gas. Dia mencetak gol lewat sundulan pada menit ke-79 setelah masuk pada menit 60 menggantikan Cameron Burgess.

Pada saat itu, Ipswisch sudah tertinggal 0-2 oleh gol Harry Wilson dan Rodrigo Muniz. Ipswich kebobolan lagi oleh Tom Cairney pada menit ke-77. Dua menit kemudian, Baggott mencetak gol setelah menanduk assist Jack Taylor.

Ini merupakan gol perdana Elkan Baggott untuk tim utama Ipswich Town musim ini.

 

2 dari 4 halaman

Makin Matang

Elkan Baggott akhirnya membuktikan bisa menjadi pemecah kebuntuan Ipswich Town. Di Timnas Indonesia, meski berposisi sebagai bek, pemain berusia 21 tahun itu juga kerap mencetak gol.

Kekuatan Elkan adalah di sundulan. Dengan tinggi badan yang oke, 194 cm dan caranya bermain yang cukup tenang, Elkan bisa menjadi pembeda.

Di Timnas Indonesia, pemain kelahiran Bangkok itu juga sudah mencetak dua gol dalam 17 penampilan di tim senior.

Gol sundulan pertama Elkan tercipta di Piala AFF 2020, saat Indonesia melibas Malaysia 4-1. Kemudian ketika skuad Garuda mencukur Nepal 7-0 di Kualifikasi Piala Asia 2023.

3 dari 4 halaman

Cuplikan Gol Elkan Baggott

4 dari 4 halaman

Next, Timnas Indonesia

Elkan Baggott kemungkinan akan memenuhi panggilan Timnas Indonesia. Seperti diketahui, skuad Garuda akan menghadapi Irak dan Filipina pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Laga akan digelar pada Basra International Stadium, Basra (16/11/2023) dan Rizal Memorial Stadium, Manila (21/11/2023). Kehadiran Elkan Baggott sangat berguna buat Timnas Indonesia.

Elkan merupakan bek andalan Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Sejak debut pada 2021, Elkan sudah mengemas 17 pertandingan dan sukses mencetak dua gol.

Video Populer

Foto Populer