Sukses


Liga Inggris: Terkuak Sebelum Rekrut Andre Onana, Ternyata MU Membidik Emiliano Martinez

Bola.com, Jakarta - Cerita di balik perekrutan kiper Andre Onana oleh Manchester United (MU) di bursa transfer musim panas 2023 akhirnya terungkap.

Ternyata MU sebenarnya memiliki target lain untuk menjadi pengganti kiper David de Gea. MU terpaksa berburu kiper baru di bursa transfer musim panas 2023 karena ditinggal De Gea yang tak memperpanjang kontraknya.

Pria Spanyol itu menolak pemotongan gaji yang diminta MU sehingga mengakhiri pengabdiannya di Old Trafford selama 12 tahun.

Selain itu MU juga memutuskan menjual Dean Henderson. Akibatnya MU mendatangkan dua kiper baru. 

Andre Onana dibeli dari Ajax Amsterdam untuk menggantikan De Gea. Sedangkan Altay Bayindir diboyong dari Fenerbahce untuk melapis Onana.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Awalnya Bukan Onana

Setelah De Gea memutuskan tak memperbarui kontrak, MU langsung bergerak cepat menyiapkan sosok kiper yang pantas menjadi penggantinya. The Independent akhir pekan ini melaporkan para petinggi MU sebenarnya tak membidik Onana.

Manajemen MU lebih menginginkan merekrut kiper Argentina Emiliano Martinez dari Aston Villa. Mereka terkesan dengan kehebatan Martinez yang sukses menjadi pahlawan Argentina menjuarai Piala Dunia 2022 di Qatar.

Emiliano Martinez sangat bersinar di Piala Dunia Qatar. Eks pemain Arsenal itu meraih Sarung Tangan Emas sebagai kiper terbaik di ajang empat tahunan tersebut.

3 dari 4 halaman

Ten Hag Tolak Martinez Demi Onana

Namun rencana MU merekrut Martinez ke Old Trafford terganjal oleh Ten Hag. Pelatih asal Belanda itu dilaporkan memveto keputusan pembelian Martinez. Ten Hag meminta MU merekrut Onana saja ketimbang Emil karena sudah mengenal betul.

Ten Hag ingin reunian dengan Onana setelah sukses besar di Ajax Amsterdam. Petinggi MU akhirnya mengalah dan mendengarkan keinginan Ten Hag. Onana direkrut MU dari Inter Milan dengan biaya transfer 50,35 juta euro.

Sayangnya keputusan MU nampaknya salah. Onana mendapat kritik hebat karena di awal kariernya tampil sangat buruk. Pria Kamerun itu sudah kebobolan 30 gol dari 18 laga awalnya bersama The Red Devils di berbagai ajang.

Onana juga kerap membuat blunder fatal terutama di ajang Liga Champions. Akibatnya MU kini terancam tersingkir lebih awal. Mereka kalah tiga kali dari empat pertandingan awal di Liga Champions musim 2023/2024.

Disadur dari: Liputan6 (Thomas, Published 13/11/2023)

4 dari 4 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer