Sukses


Termasuk Winger Chelsea, 5 Bidikan Transfer Mikel Arteta yang Gagal Diboyong ke Arsenal: Ketika Uang Menjadi Halangannya

Bola.com, Jakarta - Mikel Arteta cukup sukses dalam beberapa musim terakhir menangani Arsenal. Tim berjulukan Gudang Peluru dibawanya mampu bersaing di papan atas.

Musim lalu Arsenal bersaing sengit dengan Manchester City dalam perebutan gelar juara Liga Inggris. Meski pada akhirnya mereka menyerah dan trofi kembali diamankan Manchester biru.

Berlanjut ke musim ini, Arsenal masih dalam trek yang benar. Mereka masih bersaing dengan Liverpool dan Tottenham Hotspur untuk mencoba menghentikan dominasi Man City.

Sebagian besar kebangkitan Arsenal dapat dikaitkan dengan pendekatan klub di bursa transfer, dengan Arteta dan direktur olahraga Edu Gaspar bekerja sama untuk meningkatkan strategi rekrutmen pemain.

Nama seperti Martin Odegaard, Gabriel Magalhaes dan Declan Rice semuanya telah dikontrak di bawah pengawasan Arteta, dengan ketiganya kemudian memainkan peran penting untuk tim London utara tersebut.

Namun demikian, tidak semua rencana berjalan mulus. Nyatanya ada beberapa pemain yang gagal diadatangkan Arteta untuk melengkapi kekuatan Arsenal.

Siapa saja mereka? Yuk simak daftarnya berikut ini.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Ilkay Gundogan

Pesepak bola Jerman, Ilkay Gundogan sempat disebut-sebut sebagai opsi potensial untuk memperkuat lini tengah Arsenal, menyusul berakhirnya kontraknya di Man City pada akhir musim 2022/2023.

Gundogan baru saja membantu City meraih treble bersejarah, namun sang pemain memilih hengkang setelah kontraknya habis. Pakar transfer, Fabrizio Romano pernah membocorkan kabar bahwa Arsenal telah melakukan kontak dengan perwakilan Gundogan mengenai kemungkinan kepindahan ke Stadion Emirates.

Sang gelandang akhirnya mengamankan kepindahan ke raksasa Spanyol, Barcelona yang merupakan tim impiannya sejak kecil. Gundogan terbukti menjadi tambahan yang berguna bagi tim Barcelona, ​​dan bahkan mencetak gol pertamanya untuk klub saat kekalahan El Classico dari Real Madrid pada bulan Oktober.

3 dari 7 halaman

Douglas Luiz

Gelandang flamboyan Asto Villa, Douglas Luiz menjadi target transfer Arsenal selama jendela musim panas 2022, dan tampaknya ditakdirkan untuk bergabung dengan klub tersebut. Namun semuanya berantakan.

Arsenal mengajukan tiga tawaran terpisah untuk sang gelandang, dengan tawaran terakhir tiba pada hari batas waktu pada bulan September 2022. Dilaporkan bahwa tawaran terakhir berjumlah 25 juta pounds.

Mengingat Aston Villa tak kunjung menemukan penggantinya yang sepadan, membuat negosiasi buntu. Kemudian Arsenal malah menggaet gelandang Italia, Jorginho dengan mahar 12 juta pounds.

4 dari 7 halaman

Joao Felix

Bintang Portugal, Joao Felix banyak dikaitkan dengan klub-klub Inggris ketika kesulitan berkembang di Atletico Madrid. Termasuk Arsenal disebut-sebut menunjukkan minatnya.

Jurnalis Paul Brown mengungkapkan kepada Give Me Sport pada Oktober 2022 bahwa Felix mendapat perhatian dari klub ibu kota, dengan dewan Arsenal menjadi penggemar berat penyerang dinamis tersebut.

Hal ini terjadi pada saat yang sama muncul laporan bahwa Felix ingin meninggalkan Atletico setelah Piala Dunia 2022, dan pindah ke Liga Inggris adalah pilihan yang serius.

Tentu saja, Felix akan berakhir di ibu kota Inggris, tetapi mantan bintang muda Benfica itu malah bergabung dengan rival Arsenal di London, Chelsea. Ia menjadi pemain pinjaman The Blues dan kini berkarier di Barcelona.

5 dari 7 halaman

Dusan Vlahovic

Sedikit menengok ke belakang pada Januari 2022. Arsenal ingin meningkatkan serangan mereka menjelang akhir musim 2022/2023, dengan rumor ingin merekrut striker mematikan Dusan Vlahovic.

Pemain internasional Serbia itu menjadi bintang Serie A bersama Fiorentina dan tepat sebelum jendela transfer Januari, Vlahovic telah menyamai rekor Cristiano Ronaldo untuk gol terbanyak di kasta tertinggi Italia dalam satu tahun kalender.

Penampilan kuat seperti itu tentu saja menarik minat dari Liga Inggris, dan Arsenal dikatakan sebagai salah satu klub yang tertarik pada jasanya. Tapi uang menjadi penghambatnya.

Juventus berani membayar striker kidal itu dengan mahar 66 juta pound. Kemudian ia mencetak 27 gol dalam 72 penampilan sejak itu, Vlahovic telah terbukti menjadi rekrutan yang cukup sukses untuk tim Serie A tersebut.

6 dari 7 halaman

Mykhailo Mudryk

Nama terakhir dalam daftar ini adalah Mykhailo Mudryk. Pemain yang disebut-sebut sebagai bintang masa depan Ukraina saat berada di Shakhtar Donetsk.

Awalnya ia digadang-gadang bakal berseragam Arsenal. Namun akhirnya bergabung dengan Chelsea di jendela transfer Januari 2023, sama seperti Felix yang juga bergabung dengan The Blues.

Berbeda dengan Felix, Mudryk sepertinya ditakdirkan untuk bergabung dengan Arsenal, namun kesepakatannya gagal pada menit-menit terakhir.

Dilaporkan pada Januari 2023 bahwa Mudryk hampir bergabung dengan The Gunners, ketika Arsenal mendekati kesepakatan yang dikatakan berada di kisaran 80 juta pounds. Manuver dilakukan Chelsea dengan berani menebus angka 88,5 juta pounds.

Belum ada kepastian apakah perpindahan Mudryk ke Chelsea akan sukses atau tidak, namun pemain sayap ini berhasil mencetak gol ke gawang Arsenal belum lama ini.

Sumber: Give Me Sport

7 dari 7 halaman

Yuk Lihat Posisi Arsenal Musim Ini

Video Populer

Foto Populer