Sukses


Kiprah Arsenal, Liverpool, dan MU: Siapa Punya Rekor Terbaik di Boxing Day dalam 10 Tahun Terakhir?

Bola.com, Jakarta - Tak lama lagi Natal edisi 2023 akan tiba. Bagi sepak bola Inggris, nuansa natal berarti akan ada pertandingan spesial bertajuk Boxing Day, yang digelar sehari setelah parayaan Natal 25 Desember.

Berawal di Inggris pada abad pertengahan, Boxing Day adalah suatu tradisi perayaan hari libur bersamaan dengan datangnya Hari Natal.

Dahulu para bangsawan, tuan tanah, perusahaan, sampai pemilik modal mengasih hadiah kepada pekerja yang telah berjasa membantu mereka sepanjang tahun di hari itu. Pemberian ini diletakkan dalam sebuah kotak yang disebut 'Christmas Box' hingga muncullah istilah Boxing Day.

Kemudian Boxing Day menjadi salah satu agenda yang paling dinanti-nanti penggemar Premier League. Sesuai asal-usulnya, sajian laga-laga pada hari ini bisa diiibaratkan sebagai "hadiah" bagi warga Inggris.

Masyarakat yang umumnya sedang menikmati liburan Natal dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menonton pertandingan langsung di stadion bersama keluarga dan orang-orang terkasih.

Untuk Boxing Day edisi 2023 nanti, sejumlah pertandingan menarik pantang untuk dilewatkan. Seperti pertemuan antara Manchester United versus Aston Villa, Everton jumpa Man City, Arsenal versus West Ham, sampai Liverpool menantang Burnley.

Berbicara rekor yang tercipta selama Boxing Day, Bola.com menyusun daftar menarik soal tim mana saja yang bisa disebut Rajanya Boxing Day dalam kurun waktu 10 musim terakhir. Yuk simak daftarnya di bawah ini.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Manchester City (18 poin)

Sebagian besar penggemar Premier League sudah terbiasa melihat Manchester City berada di puncak klasemen, namun jika berbicara tentang Boxing Day, The Citizens bukanlah yang terbaik.

Man City mengumpulkan 18 poin. Pencapaian itu adalah fakta bahwa mereka hanya bermain di Boxing Day tujuh dari sepuluh musim terakhir.

Dalam 10 musim terakhir, City telah meraih enam kemenangan. Sejauh ini, kemenangan yang paling berkesan adalah sembilan gol mereka melawan Leicester pada tahun 2021, di mana City menang dengan skor 6-3, dengan penampilan luar biasa dari Raheem Sterling.

Sementara tim tetangga, Manchester United baru mengemas 17 poin saja dalam periode Boxing Day 10 musim terakhir.

3 dari 7 halaman

Liverpool (19 poin)

Liverpool berada di posisi yang lebih baik dari Man City untuk urusan pengumpulan poin bertajuk Boxing Day. The Reds mengemas 19 poin, setelah meraih enam kemenangan dan sekali imbang dari delapan pertandingan Boxing Day mereka dalam sepuluh musim terakhir.

Pelatih Jurgen Klopp masih belum merasakan kekalahan. Boxing Day 2019 adalah kemenangan fantastis, saat The Reds berhasil mencetak empat gol ke gawang Newcastle, dua tahun sebelumnya, Liverpool juga menghajar Swansea 5-0 di Boxing Day.

4 dari 7 halaman

Chelsea (19 poin)

Sama seperti Liverpool, Chelsea juga mengantongi 19 poin Boxing Day. Namun ada bedanya adalah The Blues telah bermain di Boxing Day dalam sembilan dari sepuluh musim terakhir, namun hanya memenangkan satu dari tiga musim terakhir.

Chelsea mencatatkan rekor tak terkalahkan dalam enam musim berturut-turut dari 2013 hingga 2018, yang puncaknya ditandai dengan penampilan brilian Eden Hazard saat ia membawa timnya meraih kemenangan 2-1 di markas Watford pada tahun 2018.

5 dari 7 halaman

Arsenal (20 poin)

Arsenal berhasil mengoleksi 20 poin di Boxing Day dalam 10 tahun terakhir, berkat rekor enam kemenangan dan dua hasil imbang dalam sembilan pertandingan. Satu-satunya kekalahan mereka terjadi saat mereka dikalahkan 0-4 oleh tuan rumah Southampton pada tahun 2015.

The Gunners telah memenangkan ketiga pertandingan Boxing Day terakhir mereka. Terutama kemenangan fantastis 5-0 di markas Norwich.

6 dari 7 halaman

Tottenham (21 poin)

Inilah tim dengan rekor terbaik selama 10 tahun terakhir di Boxing Day. Ya, Tottenham Hotspur mengumpukkan 21 poin dari sembilan laga terakhir.

Mereka belum pernah kalah dalam periode itu, enam kemenangan dan tiga kali imbang. Harry Kane menjadi pencetak gol terbanyak Boxing Day dalam sejarah Liga Inggris dengan 10 gol.

Tahun lalu Tottenham hampir saja kalah dalam Boxing Day di markas Brentford. Tertinggal dua gol, Harry Kane dan Pierre-Emile Hobjerg memaksa laga berakhir 2-2.

Sumber: William Hill

7 dari 7 halaman

Yuk Intip Persaingan di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer