Sukses


8 Pemain MU yang Ketar-ketir Tunggu Kepastian Nasib pada Januari 2024: Siap-siap Angkat Koper

Bola.com, Jakarta - Manajemen Manchester United (MU) mengatakan klub tidak akan sibuk pada bursa transfer Januari 2024. Namun, dua hari kemudian Setan Merah telah merundingkan kemungkinan menjual Donny van de Beek ke Eintracht Frankfurt.

Direktur Sepak Bola MU, John Murtough, absen dari forum suporter pekan lalu dan konon sedang berada di Arab Saudi pekan ini. Dia juga diperkirakan bakal dilengserkan dari jabatan direktur olahraga MU, jika Sir Jim Ratcliffe merampungkan pembelian 25 persen saham klub. 

MU kemungkinan tidak akan membahkan pemain karena sudah terlempar dari kompetisi Eropa. Mereka hanya perlu fokus di kompetisi domestik. Selain itu, mereka juga menghadapi ancaman aturan financial fair play jika nekat belanja jor-joran lagi. 

Jadi, MU kemungkinan berpotensi melepas pemain, daripada mendatangkan yang baru ke Old Trafford. 

Berikut delapan pemain Manchester United yang mendekati Januari 2024 dengan masa depan yang belum pasti.

--- 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 9 halaman

1. Raphael Varane

Sebelum kekalahan pekan lalu dari Bayern Munchen, Varane hanya satu kali menjadi starter dalam 13 pertandingan. 

Varane bertahan dengan tenang ketika melawan Bayern dan menjadi man of the match pada laga tandang kontra Liverpool lima hari kemudian. Pemain berusia 30 tahun itu khawatir MU berusaha memaksanya hengkang.

Namun, skenario itu tidak masuk akal ketika Setan Merah memiliki selisih gol minus di Liga Inggris dan tiga bek tengah sedang absen.

Jika MU tidak melakukan perpanjangan satu tahun dalam kontrak Varane, maka dia bebas menyetujui pra-kontrak dengan klub luar negeri bulan depan. Namun, Varane ingin bertahan di Manchester United.

3 dari 9 halaman

2. Aaron Wan-Bissaka

Wan-Bissaka mendekati enam bulan terakhirnya di MU, meskipun punya opsi tambahan satu tahun kontrak. 

Manchester United diprediksi akan memperpanjang kesepakatan karena Wan-Bissaka mewakili nilai jual kembali. Namun, Erik ten Hag tak benar-benar melirik pemain Inggris itu. 

Wan-Bissaka dipastikan menjadi starter saat menghadapi West Ham pada Sabtu (23/12/2023), karena Diogo Dalot diskors. Ia punya kans pergi pada Januari tahun lalu tetapi kemudian batal karena Dalot mengalami cedera hamstring di Piala Dunia 2022. 

Namun, peluang Wan-Bissaka untuk hengkang bulan depan sangat kecil. Mungkin dia akan hengkang pada musim panas 2024. 

4 dari 9 halaman

3. Sergio Reguilon

Manchester United memasukkan klausul jeda ke dalam kesepakatan pinjaman Reguilon dengan asumsi bek kiri Tyrell Malacia akan fit sebelum tahun baru. Sebaliknya, Malacia mengalami kemunduran dalam pemulihan cedera lutut dan memerlukan operasi putaran kedua.

Hanya sedikit yang akan menyesal melihat Reguilon pergi. Tetapi, dia adalah pemain tambahan untuk melindungi Luke Shaw, yang absen panjang karena cedera hamstring. 

Tottenham, klub induk Reguilon, juga bebas menggunakan klausul jeda dan memanggil kembali pemain Spanyol itu. Spurs juga memiliki masalah badai cedera, bahkan bek kiri cadangan Ben Davies telah pindah menjadi bek tengah dalam beberapa pekan terakhir.

Skenario lain adalah Reguilon pindah ke klub yang ingin memboyongnya secara permanen. 

5 dari 9 halaman

4. Casemiro

Pernyataan ketertarikan klub-klub Liga Arab Saudi terhadap Casemiro sudah cukup untuk membuat MU terkejut. Casemiro sangat berpengaruh di MU pada musim lalu, tetapi tak berlanjut pada musim ini. Pemain Brasil itu telah melewatkan 10 pertandingan terakhir karena cedera. 

Casemiro adalah salah satu pemain dengan gaji tertinggi di United, yaitu 350.000 pounds (Rp6,87 miliar) per perkan dan dia akan berusia 32 tahun pada Februari 2024.

Pemain Brasil itu hampir kembali fit sepenuhnya setelah absen selama 50 hari, sementara Sofyan Amrabat belum terbukti menjadi pemain pengganti yang kredibel.

Sumber yang dekat dengan Casemiro menyatakan sang pemain akan bertahan hingga musim ini di MU, tetapi masa depan jangka panjangnya di Old Trafford belum pasti. 

6 dari 9 halaman

5. Donny van de Beek

Sejujurnya, masa depan Van de Beek sekarang lebih pasti. Dia akan pindah ke Frankfurt dengan status pinjaman dengan opsi pembelian seharga 12,5 juta pounds.

Manchester United pernah meminjamkan Van de Beek ke Everton, tetapi tak berjalan seperti harapan. Jika Eintracht memutuskan tidak menjadikan pinjaman itu permanen, maka MU harus secara serius mempertimbangkan untuk menjual Van de Beek, yang habis kontraknya pada 2025.

7 dari 9 halaman

6. Jadon Sancho

Petinggi Manchester United bersikeras Sancho tidak akan dilepas begitu saja. Namun, jika dijual secara permanen, MU terancam tak balik modal setelah mengeluarkan 72m9 juta pounds saat merekrutnya. 

Sancho sudah empat bulan tidak bermain, bahkan benar-benar dikucilkan dari tim utama sejak tiga bulan lalu. 

Pemain berusia 23 tahun itu absen selama tiga bulan musim lalu dan nilai pasarnya anjlok selama dua setengah tahun di Manchester. Sancho juga belum bermain untuk Timnas Inggris sejak Oktober 2021.

Bagi Ten Hag, membuang Sancho secara permanen adalah langkah penting demi mempertahankan otoritasnya. 

8 dari 9 halaman

7. Amad Diallo

Sudah dua tahun Amad Diallo tidak bermain untuk  MU di laga kompetitif. Dia tampil menonjol dalam dua pertandingan pertama pramusim 2023/2024, melawan Leeds United di Oslo dan Lyon di Edinburg. 

Namun, setelah para pemain utama kembali, Amad lantas terpinggirkan lagi. Dia hanya bermain 14 menit bersama MU dalam  tur pramusim di Ameriks Serikat, karena mengalami cedera lutut saat melawan Arsenal. 

Ten Hag mungkin tidak mempercayai Facundo Pellistri sebagai starter di sisi kanan. Tetapi pemain Uruguay itu berada di urutan kedua setelah Antony untuk masuk starting XI.

Seandainya Amad tidak mengalami cedera pada Juli 2023, ada kemungkinan dia dipinjamkan atau dijual  secara permanen. 

Namun, Manchester United memiliki stok pemain depan yang terbatas, dan Amad bisa menjadi pemain pengganti saat dibutuhkan. 

9 dari 9 halaman

8. Anthony Martial

Martial tidak bisa dijual pada musim panas 2023 karena sedang pemulihan dari cedera hamstring hampir secara keseluruhan. Ironisnya, hingga mengalami sakit pekan lalu, Martial sebenarnya selalu tersedia untuk setiap pertandingan Manchester United musim ini.

Pemain Prancis itu adalah striker yang gagal mencetak gol dan kehilangan dukungan dari fans, rawan cedera, dan belum pernah mencetak lebih dari 10 gol dalam semusim selama di Old Trafford. 

MU kemungkinan akan segera menjualnya, tetapi belum dapat jaminan mendapat pengganti yang diinginkan. 

Sumber: Manchester Evening News

Video Populer

Foto Populer