Sukses


Termasuk Prestasi Mentereng Man City, Ini 5 Peristiwa Paling Menghebohkan di Liga Inggris Sepanjang 2023

Bola.com, Jakarta - Hanya dalam hitungan hari, 2023 akan berakhir dan tahun baru 2024 bakal segera dimulai. Beragam peristiwa menghebohkan terjadi di kompetisi sepak bola Eropa, termasuk di Premier League.

Kasta teratas di sepak bola Inggris tersebut kerap menghadirkan beragam kejadian unik, menarik, mengesankan, haru, panas, sengit, dan juga membuat terpana. Satu di antara momen yang bikin terpana adalah ketika Newcastle United bersua Sheffield United pada laga pekan keenam Premier League.

Bertandang ke markas Sheffield di Bramall Lane, 24 September lalu, Newcastle meraih kemenangan delapan gol tanpa balas. Gol-gol The Magpies disarangkan Sean Longstaff (21'), Daniel Burn (31'), Sven Botman (35'), Callum Wilson (56'), Anthony Gordon (61'), Miguel Almiron (68'), Bruno Guimaraes (73'), dan Alxander Isak (87').

Hasil tersebut membuat Newcastle United menorehkan rekor sebagai klub dengan kemenangan terbesar di Premier League musim ini. Torehan itu juga merupakan kemenangan tandang terbesar di Liga Inggris 2023/2024.

Selain hasil impresif yang diukir Newcastle United, sejumlah momen menghebohkan juga terjadi di Premier League sepanjang 2023. Berikut ini ulasannya.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Cristiano Ronaldo Cabut dari MU

Ronaldo membuat heboh sepak bola Inggris pada Desember 2022. Dalam wawancara kontroversial bersama Piers Morgan, begabintang asal Portugal itu merasa dikhianati, bahkan mengakui tidak menghormati manajer Erik ten Hag.

Selain itu, Cristiano Ronaldo juga menyentil kebijakan MU ketika mengangkat Ralf Rangnick sebagai manajer. Dia juga menganggap Setan Merah tidak berkembang sejak era Sir Alex Ferguson dan gagal mendatangkan pemain kelas dunia.

Akibat ucapannya tersebut, status CR7 sempat dibekukan manajemen Manchester United. Hingga akhirnya, Cristiano Ronaldo sepakat menyudahi kontraknya di MU dan memutuskan bergabung ke klub Arab Saudi, Al Nassr, pada Januari 2023.

 

3 dari 7 halaman

MU Babak Belur Dihajar Liverpool

Manchester United babak belur saat bertandang ke markas Liverpool, Stadion Anfield, pada laga pekan ke-26 Premier League, 5 Maret 2023. Bertindak sebagai tim tamu, MU menyerah tujuh gol tanpa balas.

Ketujuh gol The Reds ke gawang The Red Devils disarangkan Cody Gakpo pada menit ke-43 dan 50', Darwin Nunez menit ke-47 dan 75', Mohamed Salah menit ke-66 dan 83', serta Roberto Firmino menit ke-88.

Bagi Manchester United, itu adalah kekalahan terburuk sepanjang sejarah, sama seperti ketika takluk 0-7 dari Wolverhampton Wanderers pada Desember 1931, Aston Villa pada Desember 1930, dan Blackburn Rovers pada April 1926.

Adapun bagi Liverpool, itu adalah kemenangan terbesar atas Tim Setan Merah. Skuad Si Merah melewati rekor mereka sebelumnya pada Oktober 1895, yakni menang 7-1 di divisi kedua.

 

4 dari 7 halaman

Manchester City Ukir Treble Winner

Man City tampil impresif pada musim lalu. Sempat tertahan di peringkat kedua, Manchester City akhirnya berada di puncak klasemen Premier League 2022/2023 pada pekan ke-28. Mereka pun mampy mempertahankan posisi tersebut hingga akhir musim, dan sukses keluar sebagai juara.

Manchester City berada di posisi teratas dengan nilai 89, hasil dari 28 kemenangan, lima hasil imbang, dan menelan lima kekalahan. City mampu unggul lima poin atas Arsenal yang berada di peringkat kedua.

Tak cukup sampai di situ, The Citizens juga berhasil meraih trofi Piala FA dan juga Liga Champions musim lalu. Berhasil menorehkan treble winner, Man City masuk jajaran klub elite Eropa yang sukses mengukir prestasi serupa.

Sebelumnya ada Barcelona (2008/2009 dan 2014/2015), Bayern Mucnhen (2012/2013 dan 2019/2020), Celtic (1966/1967), Ajax Amsterdam (1971/1972), PSV Eindhoven (1987/1988), Manchester United (1998/1999), dan Inter Milan (2009/2010).

Tak cukup tiga gelar, Manchester City juga menjuarai Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub 2023. Prestasi itu pun membuat Man City menutup tahun ini dengan merengkuh lima titel juara.

 

5 dari 7 halaman

Harry Kane Angkat Kaki dari Tottenham

Kane merupakan satu di antara ikon di Tottenham Hotspur. Dia merupakan jebolan akademi sepak bola Tottenham, dan sudah membela tim senior selama 13 tahun.

Bersama Spurs, Harry Kane berhasil mendulang 280 gol dari 435 penampilan diseluruh ajang. Torehan tersebut membuat pemain Timnas Inggris itu menyandang status top skorer sepanjang The Lilywhites.

Meski merupakan sosok penting di Tottenham Hotspur, Kane belum pernah sekalipun merasakan gelar juara. Situasi tersebut membuat pemain berusia 30 tahun itu membuat keputusan yang mengejutkan pada musim panas tahun ini.

Harry Kane memilih angkat kaki dari Tottenham dan menerima pinangan dari Bayern Munchen. Kane ditebus Bayern dari Spurs dengan nilai transfer yang mencapai 100 juta euro plus bonus 10 juta euro.

 

6 dari 7 halaman

Moises Caicedo Pecahkan Rekor Transfer

Pemain asal Ekuador tersebut mencuri perhatian bersama Brighton and Hove Albion di Premier League musim lalu. Tampil dalam 43 penampilan di seluruh ajang, Caicedo menjadi penyeimbang di lini tengah Brighton.

Berkat kontribusi Moises Caicedo, The Seagulls finis di peringkat enam klasemen akhir Premier League dengan nilai 62. Pencapaian tersebut membuat Brighton and Hove Albion berhak tampil di Liga Europa musim ini.

Penampilan pemain berusia 22 tahun tersebut membuat Liverpool dan Chelsea bersaing mendapatkan jasanya. Hingga akhirnya, The Blues yang memenangkan perburuan Caicedo dengan nilai transfer total yang mencapai 115 juta poundsterling pada 14 Agustus 2023.

Angka tersebut membuat Moises Caicedo memecahkan rekor transfer klub Liga Inggris. Dia melampaui banderol Enzo Fernandez yang ditebus Chelsea dari Benfica dengan angka 107 juta poundsterling pada Januari 2023.

Sumber: Berbagai sumber

7 dari 7 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer