Sukses


7 Fakta Menarik Boxing Day di Liga Inggris Musim Ini: MU dan Chelsea Ukir Catatan Spesial

Bola.com, Jakarta - Boxing Day di Premier League musim ini yang bergulir pada 26 hingga 29 Desember 2023 telah rampung digelar. Duel pekan ke-19 tersebut menorehkan sejumlah catatan spesial, termasuk yang diukir Manchester United dan Chelsea.

Boxing Day merupakan satu di antara tradisi yang sudah ada sejak 1663 di Inggris. Ketika itu, para pekerja, pedagang, dan orang miskin mendapatkan hadiah yang dimasukkan ke dalam kotak (box) karena bekerja pada Natal.

Mereka kemudian mendapatkan libur keesokan harinya agar bisa berkumpul bersama keluarga untuk merayakan Natal. Kini, tradisi tersebut tak hanya lagi mengenai pemberian kado Natal, tetapi juga berkaitkan dengan olahraga.

Sejumlah pertandingan menarik tersaji di sepak bola Inggris, terutama di Premier League pada Boxing Day. Klub-klub papan atas seperti Liverpool, Manchester United, Chelsea, dan Manchester City berlomba-lomba meraih kemenangan sebagai kado Natal untuk suporternya.

Hasilnya, Liverpool sukses membungkam Burnley dengan skor 2-0, Manchetser United menang 3-2 atas Aston Villa, Chelsea mengalahkan Crystal Palace 2-1, dan Manchester City meraih kemenangan 3-2 kontra Aston Villa.

Sayangnya, Arsenal gagal memetik tiga poin. Tim Gudang Peluru harus takluk 0-2 dari West Ham United di Stadion Emirates. Sejumlah catatan menarik tersaji pada Boxing Day di Premier League musim ini. Berikut ini ulasannya.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 9 halaman

Rasmus Hojlund Pecah Telur

Rasmus Hojlund mencetak gol penentu kemenangan MU atas Aston Villa. Pemain asal Denmark itu tak sekadar mencetak gol yang membawa Manchester United menang 3-2 di Old Trafford.

Hojlund akhirnya pecah telur di Premier League. Sebuah penantian yang panjang bagi pemain yang didatangkan dari Atalanta itu untuk membobol gawang lawan, meski sudah mencetak lima gol untuk MU di Liga Champions.

 

3 dari 9 halaman

Rekor MU di Boxing Day

Kemenangan 3-2 yang diraih atas Aston Villa dalam laga Boxing Day tahun ini membuat catatan The Red Devils terjaga. MU masih melanjutkan rekor tidak pernah kalah saat menjalani Boxing Day di Old Trafford pada era Premier League.

Selain itu, Manchester United juga menambah catatan kemenangan luar biasa di Boxing Day. Tim Setan Merah sudah meraih 54 kemenangan dalam sejarah Boxing Day, dan menjadi tim paling banyak menang ketimbang tim lain di kompetisi kasta tertinggi Liga Inggris.

 

4 dari 9 halaman

Kemenangan 100 Persen Jurgen Klopp

Hasil positif yang diraih Liverpool saat bersua Burnley membuat Jurgen Klopp mencatatkan fakta positif. Manajer asal Jerman itu kini memiliki rekor 100 persen terbaik sepanjang sejarah Boxing Day.

Klopp selalu membawa Liverpool menang dalam enam laga Boxing Day. The Reds pun mencatatkan 19 gol, hanya kebobolan satu kali, dan sukses lima kali mencatatkan clean sheet.

 

5 dari 9 halaman

12 Kemenangan Beruntun Chelsea

Berhasil membungkam Crystal Palace pada laga Boxing Day musim ini membuat Chelsea menorehkan catatan istimewa. The Blues sukses memetik 12 kemenangan beruntun kontra Palace.

Bagi Tim London Biru, itu adalah kemenangan terpanjang secara berturut-turut yang diraih di kasta teratas Liga Inggris.

 

6 dari 9 halaman

Man City Spesialis Comeback

Sementara itu, Manchester City merupakan klub dengan spesialis comeback. Mereka meraih lebih banyak poin dari posisi tertinggal di Premier League musim ini (11 laga), dibandingkan keseluruhan musim 2022/2023 (10 pertandingan).

Berkat kemenangan atas Everton pada Boxing Day membuat asa Man City merengkuh titel juara Premier League musim ini masih terbuka. Mereka menghuni peringkat keempat dengan 37 poin, tertinggal lima angka dari Liverpool di urutan teratas.

Namun, The Citizens masih memiliki asa untuk memangkas jarak tersebut. Sebab, mereka masih mengantongi satu laga yang belum dimainkan.

 

7 dari 9 halaman

Kekalahan Perdana Arsenal

Arsenal takluk dari West Ham United pada Boxing Day musim ini. Bagi The Gunners, itu adalah kekalahan perdana dalam 18 laga terakhir pada laga derbi London.

Dalam 17 laga sebelumnya, The Gunners meraih 12 kemenangan dan lima hasil imbang. Arsenal juga untuk pertama kalinya menelan kekalahan pada laga kandang diseluruh ajang musim ini.

Sebelum keok dari West Ham, The Gunners meraih 11 kemenangan dan dua hasil imbang dari 13 laga terakhir di Stadion Emirates.

 

8 dari 9 halaman

Boxing Day Tahun Ini Lebih Produktif

Boxing Day di Premier League musim ini bergulir pada pekan ke-19. Edisi tahun ini tercipta 35 gol dari 10 pertandingan yang tersaji.

Jumlah gol terbanyak tercipta pada pertandingan Brentford versus Wolverhampton Wanderers, serta Brighton and Hove Albion melawan Tottenham Hotspur. The Wolves menang 4-1 atas Brentford, sedangkan Brighton membungkam Tottenham dengan skor 4-2.

Boxing Day tahun ini juga lebih produktif dibandingkan 2022. Bergulir pada pekan ke-17, Boxing Day 2022 tercipta 34 gol dari 10 pertandingan.

Sumber: Squawka

9 dari 9 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer