Sukses


Kisah Sun Jihai: Mantan Bintang Liga Inggris dan Piala Asia yang Sukses Jadi Pebisnis dengan Omset Ratusan Miliar

Bola.com, Jakarta - Mantan pemain Man City dan bintang Piala Asia, Sun Jihai, kini mantap menjadi pengusaha dengan omzet miliran rupiah.

Sun Jihai memulai karier sepak bolanya dengan menjadi pemain akademi Dalian Shide. Crystal Palace mencium bakatnya dan membawanya ke Liga Inggris.

Bek sayap yang dianggap sebagai satu di antara pioneer modern full-back ini cuma berstatus pinjaman di Palace sebelum Dalian Shide memanggilnya kembali karena kesulitan di kompetisi domestik.

Diam-diam Man City memantaunya dan memutuskan untuk memboyong Sun Jihai ke Premier League. Kali ini ia dibeli dengan dana mencapai 2 juta pounds, jumlah yang relatif tidak kecil saat itu.

Awalnya banyak diragukan, Sun Jihai malah berhasil mengunci posisi utama di Man City, bermain sebanyak lebih dari 100 kali, menjadikannya sebagai pemain China pertama di Premier League.

Enam tahun di Man City, Sun Jihai lalu ke Sheffield United dan menghabiskan kariernya di China. Di level Timnas, ia juga dicap sebagai legenda dan ikon sepak bola Negeri Tirai Bambu.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jadi Pengusaha

Selepas pensiun, Sun Jihai ogah diam saja. Ia memutuskan untuk membuka bisnis yang bergerak di bidang olahraga bernama HaiQiu Sports, perusahaan penyedia data yang bertujuan untuk mendekatkan suporter dengan atlet di seluruh dunia.

HaiQiu Sports berkembang sedimikian rupa sehingga telah bekerja dengan lebih dari 2000 selebritis dan menyerap setidaknya 400 juta pengguna aplikasi.

"Saya berpikir untuk mendirikan perusahaan ini pada bulan November 2015 dan perusahaan ini dibentuk pada bulan Februari 2016. Keputusan diambil cukup cepat, saya beruntung memiliki teman dan mitra yang paham tentang teknologi dan bidang serupa lainnya," kata Jihai kepada Daily Mail.

 

3 dari 4 halaman

Kasih Saran

Mantan bintang City itu kemudian mendesak rekan-rekan pesepakbola untuk mempertimbangkan menjadi wirausaha ketika mereka gantung sepatu.

"Menyelesaikan karier olahraga profesional Anda dengan baik adalah hal yang penting. Bicaralah dengan teman-teman lain yang mempunyai kemampuan, tidak hanya dari sisi finansial, tapi juga dari sisi bisnis. Ketika Anda mengetahui lebih banyak dan belajar lebih banyak tentang pasar maka mungkin Anda bisa menemukan sesuatu yang menarik untuk dilakukan."

"Tetapi sebagai seorang atlet, Anda harus memiliki tim yang terdiri solid. Kesuksesan di dunia komersil memang sulit diraih sendiri. Tim sangatlah penting. Bergantung pada pendapatan atau kekayaannya, beberapa atlet profesional, termasuk pesepak bola, memikirkan masa depan mereka. Jika seorang pesepak bola cerdas, punya talenta bagus, dan serius mengembangkan bisnisnya, maka semakin besar potensi mereka untuk menekuninya."

4 dari 4 halaman

Persaingan di Liga Inggris 2023/2024

Persaingan Juara Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer