Sukses


MU Punya Petinggi Baru, Gaspol Banyak PR Sulit : Ini 4 Aksi Tegas yang Harus Dilakukan Eks Keluarga Besar Manchester City

Bola.com, Jakarta - Manchester United terus memproduksi beragam kejutan dalam setengah tahun ke belakang. Kali ini giliran tambahan petinggi baru di markas MU. Yup, sekarang, MU punya CEO, namanya Omar Berrada.

Bagi publik sepak bola Inggris, nama Omar sudah tak asing lagi. Ia adalah eks petinggi Manchester City, yang notabene rival sekota MU. Artinya, Berrada meninggalkan perannya sebagai Direktur Operasional di City Football Group (CFG).

Keberadaan petinggi baru menjadi simbol awal apa yang akan dilakukan pemilik saham terbaru MU, Ratcliffe. Tugas Omar tergolong berat, karena wajib membawa MU ke puncak sepak bola, baik di Inggris maupun Eropa.

Maklum, MU tak pernah menjadi jawara di Premier League sejak Sir Alex Ferguson pensiun pada 2013. Musim sekarang, MU tertinggal 16 poin dari sang pemuncak klasemen sementara, Liverpool.

Sekarang, yuk simak beberapa pekerjaan yang butuh usaha keras dari Omar, agar MU bisa berubah :

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

2 dari 6 halaman

Jual pemain

MU memiliki beberapa pemain yang tak produktif. Oleh karena itu, mereka punya waktu melanjutkan karier di klub lain, seperti Jadon Sancho (Borussia Dortmund) dan Donny van de Beek (Eintracht Frankfurt).

Setelah dua nama tersebut, ada beberapa nama yang layak menyusul. Mereka antara lain Anthony Martial dan Raphael Varane. Meski usia mereka 28 dan 30 tahun, tidak masalah dilepas jika memang kurang produktif serta membebani dari sisi finansial.

Sosok lain yang layak dilepas adalah Casemiro. Pria ini bergabung dengan MU dari Real Madrid berkat goyangan uang 70 juta pounds, 17 bulan lalu. Pemain Brasil berusia 31 tahun ini terlihat bingung musim ini, sehingga tak maksimal.

Beberapa penggemar berpendapat, momen sekarang menjadi langkah tepat agar manajemen MU berani melego banyak pemain. Usulan fans antara lain menjual Victor Lindelof, Harry Maguire, Antony, Mason Mount, Andre Onana dan Facundo Pellistri.

Tapi yang tidak perlu diperdebatkan adalah fakta bahwa Berrada perlu membangun skuad. Jadi, sudah waktunya Berrada mengurangi kerugian klub dan memulai awal yang baru.

 

3 dari 6 halaman

Negosiasi Kontrak Ten Hag

Jika Ten Hag ingin tetap menjadi manajer Manchester United, kontraknya perlu diubah. Ternyata, selama ini sang pelatih punya kapasitas mem-veto keputusan atau rencana transfer.

Kekuasaan yang absolut itulah yang mendapat kritik. Oleh karena itu, Omar wajib menggoyang manajemen agar bisa mengubah komposisi kewenangan itu. Seperti yang kita semua lihat, Ten Hag bukan sosok yang punya insting bagus di pasar transfer.

Antony tidak pernah terlihat seperti pemain seharga 82 juta pounds. Sementara itu, kesepakatan pinjaman Wout Weghorst masih membuat banyak penggemar bingung. Lalu, apakah Onana merupakan peningkatan dari David de Gea? Tidak, itulah jawaban singkatnya.

 

4 dari 6 halaman

Temukan Pemain

Bicara soal transfer, Berrada berperan besar dalam membangun skuad sukses Manchester City. Dia berjasa membujuk Erling Haaland menolak rayuan klub seperti Real Madrid dan Barcelona. Pada akhirnya, Haaland menandatangani kontrak dengan Manchester Biru pada Juli 2022.

"Pemain seperti Haaland sebenarnya bisa saja memilih tim papan atas mana pun di Eropa. Hampir semua tim papan atas tertarik dengan tanda tangannya. Bagi kami, ini tentang memahami apa yang memotivasi dia," ujar Berrada tahun lalu.

Keahlian transfer itu akan sangat berharga bagi Manchester United pada musim panas ini. Berrada telah memainkan peran penting dalam bisnis transfer Manchester City sejak dipromosikan menjadi Direktur Operasional pada 2016.

Ia adalah tandem ideal bagi Direktur Sepak Bola Manchester City, Txiki Begiristain. Selama delapan tahun terakhir, City telah merekrut beberapa pemain top dari luar negeri seperti Ruben Dias, Jeremy Doku, Rodri, Bernardo Silva, Julian Alvarez, Manuel Akanji, Josko Gvardiol dan Ederson.

 

5 dari 6 halaman

Investasi Infrastruktur

Meskipun membangun skuad yang sukses itu penting, para penggemar Manchester United sangat menginginkan klub mereka memiliki stadion terbaik di Inggris lagi. Dua dekade lalu, Old Trafford adalah tempat terbaik di negara ini.

Namun Emirates, Wembley, Etihad, Anfield dan Stadion Tottenham Hotspur kini dianggap sebagai stadion unggulan. Manchester United berharap pindah dari tempat latihan lama mereka di Carrington ke fasilitas yang canggih.

Saat ini, MU telah membuka pembicaraan awal dengan Klub Golf High Legh Park di Knutsford, mengenai pembelian tanah untuk membangun tempat latihan baru. Berrada harus memastikan Manchester United kembali memiliki stadion dan tempat latihan terbaik di negaranya.

Sumber : Mirror

6 dari 6 halaman

MU Masih Tenggelam

Video Populer

Foto Populer