Sukses


7 Statistik Mengesankan Xabi Alonso, Cocok buat Gantikan Jurgen Klopp di Liverpool

Bola.com, Jakarta - Liverpool akan kehilangan pelatihnya, yakni Jurgen Klopp setelah berakhirnya musim 2023/2024. Ia memutuskan untuk meninggalkan Anfield karena merasa kehabisan tenaga.

Tentu banyak yang bertanya-tanya mengenai siapa yang akan menggantikan peran Jurgen Klopp di Liverpool. Nama Xabi Alonso menjadi sosok yang ideal untuk mengisi peran tersebut.

Pelatih asal Spanyol ini sudah memiliki hubungan dengan pendukung setia Liverpool sejak masih bermain dan dia telah melakukan pekerjaannya dengan sangat baik di Jerman akhir-akhir ini.

Xabi Alonso saat ini berada di puncak Bundesliga bersama Bayer Leverkusen dan timnya sangat menarik untuk ditonton akhir-akhir ini.

===

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Hentikan Hegemoni Bayern Munchen

Kiprah apik Leverkusen musim ini bersama Alonso mengejutkan banyak orang. Bisa jadi Leverkusen dapat menghentikan hegemoni Bayern Munchen yang selalu merajai Liga Jerman.

Bayern Munchen telah berhasil memenangkan 11 gelar Bundesliga berturut-turut, tetapi tim asuhan Alonso tampaknya akan membalikkan keadaan kali ini. Perjalanan masih panjang, namun Bayer Leverkusen unggul empat poin saat ini.

3 dari 5 halaman

Respons Xabi Alonso

Usaha Liverpool untuk mengamankan tanda tangan Alonso sebagai pengganti Jurgen Klopp juga tidak akan mudah. Selain dikaitkan dengan pekerjaan di Liverpool, Alonso tampaknya juga memiliki pengagum di Bayern Munchen dan Real Madrid, yang merupakan sama-sama mantan klubnya.

“Spekulasi adalah hal yang normal, fokus saya ada di sini pada Bayer Leverkusen,” ujar Xabi Alonso baru-baru ini.

“Saya sangat senang di Leverkusen dengan para pemain saya saat ini. Kejutan besar di Liverpool, tentu saja atas apa yang dilakukan Jurgen di Liverpool, saya sangat menghormati dan mengaguminya.”

4 dari 5 halaman

Statistik Ciamik Alonso

Layak jika Liverpool menempatkan Xabi Alonso sebagai satu di antara kandidat logis sebagai pengganti Jurgen Klopp. Berikut ini beberapa statistik hebatnya yang bisa dijadikan dasar bahwa Alonso pantas bekerja di Liverpool.

1. Xabi Alonso memiliki persentase kemenangan 64,06 persen di Bayer Leverkusen. Sebagai perbandingan, Klopp berhasil meraih persentase kemenangan sebesar 56,4 persen selama waktunya bersama Borussia Dortmund.

2. Sejak ditunjuk menjadi bos Bayer Leverkusen pada Oktober 2022, Alonso berhasil mengumpulkan 93 poin dari kemungkinan 132 poin atau 44 laga.

3. Bayer Leverkusen adalah satu-satunya tim di lima liga top Eropa yang belum pernah kalah dalam satu pertandingan pun musim ini. Yang mengesankan, mereka memiliki rekor tak terkalahkan di Bundesliga, Liga Europa, dan DFB-Pokal (Piala Liga Jerman).

4. Saat ini, Bayer Leverkusen diproyeksikan menyelesaikan musim dengan 96 poin berdasarkan poin mereka saat ini per pertandingan. Penghitungan ini akan menjadi rekor baru Bundesliga.

5. Pasukan Alonso melakukan rata-rata 16,94 tembakan per 90 menit pertandingan. Di lima liga top Eropa, hanya Liverpool dan Bayern Munchen yang berhasil mencetak lebih dari jumlah tersebut musim ini.

6. Bayer Leverkusen telah mencetak 2,67 gol per 90 menit laga di Bundesliga musim ini. Hanya Bayern Munchen yang memiliki rekor lebih unggul dari ini di lima liga top Eropa.

7.  Pasukan Alonso telah menciptakan 1,97 kali tembakan ke arah gawang non-penalti per 90 menit pertandingan di Bundesliga. Liverpool yang dibesut Klopp mendekatinya dengan telah menciptakan 1,94 kali tembakan ke gawang per 90 menit permainan.

 

Sumber: Planet Football

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer