Sukses


5 Rekrutan Terbaik Liverpool di Era Jurgen Klopp: Mohamed Salah Terbaik!

Bola.com, Jakarta - Jurgen Klopp membuat gempar beberapa hari lalu ketika mengumumkan dirinya hengkang dari Liverpool akhir musim ini.

Kehilangan sosok Jurgen Klopp dipastikan membuat Liverpool merindukan tangan dinginnya. Karena ia memang bergelimang gelar selama memperkuat The Reds.

Bukan cuma gelar, Jurgen Klopp turut dikenal sebagai pelatih yang pintar dalam perekrutan pemain.

Mayoritas perekrutan yang dilakukannya, memberikan efek luar biasa untuk tim yang bermarkas di Anfield itu.

Pada artikel ini, Bola.com merangkum lima transfer paling sukses Liverpool selama ditangani Jurgen Klopp. Yuk scroll ke bawah untuk mengetahuinya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

5. Alisson Becker - 53,4 Juta Paun

Liverpool sempat dianggap mengeluarkan uang yang sangat besar untuk merekrut hanya seorang kiper. Harga 53,4 juta Paun membuat Alisson Becker berstatus kiper kedua termahal di dunia.  

Namun melihat sosok kiper termahal pertama dunia dipegang Kepa Arrizabalaga, biaya yang dikeluarkan Liverpool untuk Alisson Becker terlihat sangat masuk akal.

Tak lama setelah penampilan buruk Loris Karius pada final Liga Champions dari Real Madrid, Klopp langsung bergerak mencari kiper utama.

Bersama dengan Van Dijk, penjaga gawang asal Brasil ini mempersolid lini pertahanan Liverpool dan mengakhiri penderitaan yang dirasakan oleh para penggemar Liverpool dengan adanya Karius dan Simon Mignolet di bawah mistar gawang.

Dia memenangkan penghargaan Yashin Trophy pada tahun 2019, mengukuhkan statusnya sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

 

3 dari 7 halaman

4. Joel Matip - Gratis

Terdapat perdebatan di antara para pendukung Liverpool mengenai apakah Joel Matip atau James Milner (yang tiba sebelum Klopp) merupakan pemain bebas transfer terbaik dalam sejarah klub.

Yang pasti khusus Joel Matip, masalah cedera terkadang menghambatnya. Namun setiap kali dalam kondisi fit, dia telah terbukti menjadi pemain bertahan yang fantastis.

Matip mengikuti Klopp dari Jerman, tiba secara gratis dari Schalke 04 sebagai rekrutan pertama dari jendela transfer musim panas pertama sang manajer di Anfield.

Semua kesuksesan yang diraih Liverpool era Klopp diraih dengan Matip sebagai bagian dari skuat. Dia menjadi starter dalam delapan pertandingan saat memenangkan Liga Champions 2018/19, termasuk final, semifinal dan perempat final pada partai tandang.

Tidak buruk mengingat The Reds bahkan tidak mengeluarkan biaya sepeser pun untuk merekrut Liverpool.

 

4 dari 7 halaman

3. Andrew Robertson - 7,6 Juta Paun

Andy Robertson didatangkan dari tim yang baru saja terdegradasi sehingga kedatangannya di Liverpool disambut dengan keraguan dari para penggemar.

Setelah tidak banyak tampil selama enam bulan pertamanya, ia membutuhkan waktu untuk meyakinkan Klopp. Namun begitu ia mendapatkan posisi bek kiri, ia tidak pernah lagi tergeser selain dirinya alami cedera.

Ia memberikan energi dan semangat kepada tim dengan kemampuan teknisnya yang sederhana.

Andy Robertson bahkan sempat memecahkan rekor assist di Premier League untuk seorang pemain bertahan. 

 

5 dari 7 halaman

2. Sadio Mane - 35,2 Juta Paun

Salah satu dari banyak pemain yang pindah ke Liverpool dari Southampton sepanjang sejarah The Reds. Namun bisa dibilang Sadio Mane jebolan Soton terbaik di Liverpool.

Mane tiba di bursa transfer musim panas pertama Klopp sebagai pelatih. Kala itu, pria asal Senegal itu masih pemain muda, ambisius dan kini telah meninggalkan Liverpool sebagai legenda klub dan pemain terbaik Afrika.

Mencetak 120 gol, dan memainkan peran penting dalam kesuksesan klub di Premier League dan Liga Champions, dia tidak akan pernah dilupakan oleh para penggemar.

Biaya yang dibayarkan Liverpool untuknya juga terlihat seperti bisnis yang sensasional jika dibandingkan dengan beberapa biaya untuk pemain sayap dalam sepak bola dunia.

 

6 dari 7 halaman

1. Mohamed Salah - 35,8 Juta Paun

Tidak diragukan lagi bahwa pemain asal Mesir ini menduduki posisi teratas perekrutan pemain tersukses era Jurgen Klopp.

Meskipun dia tidak datang dengan harga murah, biaya sebesar 35,8 juta paun untuk Mohamed Salah dinilai sangat worth it. 

Khususnya ketika Anda mempertimbangkan bahwa jumlah sama dikeluarkan Liverpool untuk membeli Andy Carroll di masa lalu.

Banyak kesuksesan yang diraih klub dalam beberapa tahun terakhir berkat keajaiban Salah. Dia telah memecahkan banyak rekor sejak dia bergabung dan kini telah menjadi pencetak gol terbanyak Liverpool dalam sejarah Premier League.

Klopp akan menjadi orang pertama yang akan mengatakan betapa pentingnya dia bagi permainan timnya. Kecepatan, ketenangan, jangkauan operan dan penyelesaian akhir telah membuatnya menjadi salah satu pemain paling mematikan di dunia saat ini.

 

7 dari 7 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer