Sukses


Gosip Xabi Alonso ke Liverpool Semakin Panas, Ini 7 Pemain yang Bakal Dibawa ke Anfield

Bola.com, Jakarta - Hari-hari Jurgen Klopp di Anfield bakal tak lama lagi. Sang pelatih asal Jerman itu telah memutuskan untuk meletakkan jabatannya pada akhir musim 2023/2024.

Bak disambar geledek di siang bolong. Fans syok karena Klopp sukses menegakkan kembali panji-panji kebesaran Liverpool sejak dipercaya menjadi juru taktik pada 2015.

Tak hanya memenangkan berbagai gelar di kompetisi domestik, Klopp membawa Liverpool berjaya di Eropa. Ia mempersembahkan juara Liga Champions 2018/2019, serta dua runner-up 2017/2018 dan 2021/2022.

Bagi para penggemar, kepergian Klopp tak ubahnya bom waktu. Soalnya, tak mudah mencari sosok pengganti sepadan yang mampu menjaga dan meneruskan apa yang sudah ditorehkan Klopp.

Terbukti, publik Anfield cemas sekaligus ingin tahu siapa pengganti Klopp. Sederet nama mencuat ke permukaan. Satu yang paling menarik adalah Xabi Alonso.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

2 dari 10 halaman

Bukan Asing

Alonso bukan nama asing bagi pemuja Liverpool. Pria yang kini berusia 42 itu merupakan pilar Liverpool dari 2004 hingga 2009. Pascagantung sepatu pada 2017 Alonso meneruskan karienya sebagai pelatih. Sejak 2022, ia mendapat mandat menangani Bayer Leverkusen.

Di bawah asuhan Alonso, tim asal Jerman tersebut menjelma menjadi hantu menakutkan di Bundesliga 2023/2024. Saat ini, Die Werkself memuncaki klasemen sementara dengan tabungan 55 poin atau unggul lima angka dari sang juara bertahan, Bayern Munchen.

Melihat jejak rekam tersebut, wajar kalau Alonso menjadi pilihan utama menggantikan Klopp. Jika Alonso tiba di Anfield musim panas mendatang, beberapa pihak memprediksi pria kelahiran Tolosa, Spanyol, 25 November 1981 itu akan membangun tim impian.

Satu di antara caranya adalah mengandalkan pemain yang ada sekarang dan membawa beberapa bintang terbaik Bayer Leverkusen. Sekarang, yuk kita simak beberapa nama yang kemungkinan bakal membela Liverpool jika Alonso ada di sana ;

 

3 dari 10 halaman

Jonathan Tah

The Reds tentu saja tidak kekurangan kualitas terbaik dalam hal posisi bek tengah. Bagaimanapun, mereka dapat memilih pemain seperti Virgil van Dijk, Ibrahima Konate, Joel Matip dan Joe Gomez.

Namun keempat pemain tersebut pernah mengalami masalah cedera di masa lalu. Jadi, Alonso mungkin ingin memperkuat area lapangan tersebut dengan lebih mendalam.

Setelah bermain lebih dari 300 kali untuk Leverkusen, Jonathan Tah telah menjadi roda penggerak utama. Pemain dengan pengalaman 21 caps bersama Jerman ini akan membawa banyak pengalaman bagi tim. Terlebih lagi, dia bisa didapatkan dengan harga murah.

Menurut ahli transfer Fabrizio Romano, Tah berkinerja sangat bagus di bawah Xabi Alonso. Kontrak sang pemain akan berakhir pada Juni 2025.

 

4 dari 10 halaman

Piero Hincapie

Jika Liverpool mencari pertahanan yang lebih dalam, Piero Hincapie adalah nama berikutnya yang layak datang apda musim panas nanti. Ia bisa bermain sebagai bek kiri dan bek tengah.

Masih berusia 22 tahun, pemain Ekuador ini menarik perhatian di Piala Dunia 2022. Ia sempat menjadi rebutan beberapa tim Eropa, namun lebih ingin berada di Leverkusen.

Faktanya, Hincapie juga masuk dalam radar Liverpool belakangan ini. Agennya mengonfirmasi, Anfield menunjukkan minat pada musim panas lalu dan pada jendela transfer Januari. Sayang, kala itu, harga sang pemain masih tinggi, yakni 43 juta pounds.

 

5 dari 10 halaman

Alejandro 'Alex' Grimaldo

Liverpool sudah memiliki bek kiri keren, Andy Robertson. Namun, pemain Skotlandia itu akan berusia 30 tahun pada bulan Maret. Oleh karena itu, bisa saja kebugaran menjadi masalah besar.

Oleh karena itu, Alex Grimaldo berstatus opsi terbaik jika Alonso datang. Ia punya banyak kemampuan dan pengalaman, dan sangat berguna dalam segala situasi serta kondisi.

Bek sayap ini menjadi bintang di Jerman, mencetak 10 gol dan membuat 11 asis, setelah tiba dari Benfica. Catatan itu jelas lebih banyak dibanding beberapa penggawa utama Liverpool seperti Diogo Jota, Cody Gakpo, dan Luis Diaz.

 

6 dari 10 halaman

Jeremie Frimpong

Bek kanan kerap menjadi perbincangan teratas di Liverpool. Kemampuan Trent Alexander Arnold dalam menguasai bola memang tidak diragukan lagi. Namun, Trent tak bisa beroperasi di zona tengah.

Sosok Frimpong bisa saja menjadi pendatang baru, terutama ketika butuh bek yang bisa bermain di area sentral. Apalagi, ia tak asing lagi dengan persaingan di kawasan Britania Raya, karena pernah membela Celtic sebelum dibeli Bayer Leverkusen.

Publik dan klub-klub besar Eropa tak pernah meragukan Frimpong. MU pernah meminangnya, namun manajemen Leverkusen menolak mentah-mentah. Alonso sering bermain dengan bek sayap dalam formasi 3-4-2-1, dan Frimpong adalah pemain andalan.

 

7 dari 10 halaman

Exequiel Palacios

Liverpool berusaha membangun kembali lini tengah mereka musim panas lalu, tetapi tak maksimal. Tak heran jika Alonso datang, zona dapur serangan tersebut akan menjadi atensi utama.

Exequiel Palacios bisa menjadi pemain yang kali pertama ditarik Alonso jika mendarat di Liverpool. Ia memiliki kemampuan dalam menekel, dan membaca sistem permainan lawan.

 

8 dari 10 halaman

Florian Wirtz

Florian Wirtz bisa dibilang adalah talenta muda paling menarik di sepak bola Jerman saat ini. Oleh karena itu, sulit untuk tidak percaya, setiap klub besar di dunia menaruh minat terhadap pemain berusia 20 tahun tersebut.

Namun, tak mudah merebut Wirtz. Maklum, harga transfernya sudah ada di angka 100,5 juta pounds, padahal musim panas lalu masih ada di kisaran 54 juta pounds. Harga tersebut sesuai dengan kemampuan sang pemain.

Jika Alonso pindah ke Liverpool, Wirtz bakal menjadi investasi mahal Liverpool. Apalagi, jika memang Alonso bakal mendapatkan kesempatan seperti Klopp, yakni mengembangkan tim.

 

9 dari 10 halaman

Victor Boniface

Liverpool bisa saja kehilangan beberapa pemain depan pada musim panas 2024. Mohamed Salah sedang mendapat rayuan hebat dari Liga Arab Saudi. Darwin Nunez belum stabil, begitu juga dengan Gakpo.

Artinya, bisa jadi Alonso akan mengupayakan untuk mendapatkan Victor. Ia punya sifat garang di depan gawang musuh, dan terbukti sudah berkontribusi 24 gol dalam 23 pertandingan selama di bawah asuhan Alonso.

Musim ini saja, ia sudah mengemas 16 gol dan 8 asis di semua kompetisi bersama Bayer Leverkusen. Artinya, bintang berusia 23 tahun ini punya prospek luar biasa.

Sumber : Givemesport

10 dari 10 halaman

Liverpool Siap Menggebrak

Video Populer

Foto Populer