Sukses


Eks Manajer MU, Ole Gunnar Solksjaer Masuk Kandidat Pengganti Thomas Tuchel di Bayern Munchen

Bola.com, Jakarta - Legenda Manchester United (MU) Ole Gunnar Solksjaer jadi kandidat mengejutkan manajer baru Bayern Munchen jika Thomas Tuchel dipecat.

Bayern Munchen terancam gagal merebut gelar dalam semusim untuk pertama kalinya sejak 2012 setelah menderita serangkaian hasil buruk.

Kekalahan 2-3 dari Bochum di Bundesliga akhir pekan lalu membuat mereka tertinggal delapan angka dari pemuncak klasemen Bayer Leverkusen.

Klub Bavaria itu juga sudah tersingkir dari DFB Pokal dan tertinggal 0-1 melawan Lazio pada babak 16 besar Liga Champions.

Kursi yang diduduki Tuchel pun semakin panas, meski Presiden Bayern Munchen Jan-Christian Dreesen menyatakan mantan manajer Chelsea itu masih aman. 

Namun, spekulasi penggantinya di media sudah bermunculan. Sky Germany menyatakan Bayern Munchen mempertimbangkan Ole Gunnar Solksjaer sebagai kandidat jika Tuchel diberhentikan.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Bayern Munchen Pantau Solksjaer

Direktur Olahraga Bayern Munchen Christoph Freund dilaporkan telah memantau Ole Gunnar Solksjaer selama bertahun-tahun sejak menangani MU.

Saat ini Solskjaer masih menganggur sejak dipecat dari Old Trafford pada November 2021. Jurlanis Florian Plettenberg menyatakan pria berusia 50 tahun itu dibidik sembari klub membujuk Xabi Alonso dan Zinedine Zidane sebagai manajer permanen.

Rumor ini beredar meski eksekutif Bayern Munchen lebih memilih untuk tetap mempertahankan Tuchel. Informasi tersebut konsisten dengan pernyataan Dreesen yang menyatakan bahwa saat ini tidak ada rencana untuk menggeser Tuchel dari posisinya, setidaknya sampai akhir musim.

3 dari 5 halaman

Legenda MU

Ole Gunnar Solksjaer berasal dari Norwegia dan menghabiskan mayoritas kariernya di Manchester United. Pria kelahiran 26 Februari 1973 ini berperan sebagai striker dan winger ketika masih aktif merumput.

Sebelum berkiprah di Inggris, Solksjaer bermain untuk klub Norwegia Molde dan Clausenengen. Pada 1996, ia bergabung dengan MU dan tampil dalam 366 pertandingan di seluruh kompetisi. Dia mencetak 126 gol dan jadi bagian periode kejayaan klub. 

Momen paling spektakuler dalam karier sepak bola Solskjaer terjadi pada final Liga Champions 1999. Dia mencetak gol penentu kemenangan 2-1 pada injury time melawan Bayern Munich, sekaligus memastikan MU menjadi treble winners.

4 dari 5 halaman

Kiprah Ole Gunnar Solskjaer

Usai gantung sepatu, Solskjaer beralih profesi menjadi manajer. Dia sempat membawa tim cadangan Manchester United meraih gelar juara. Dia kemudian menjabat manajer tim utama di Molde FK dan mempersembahkan trofi liga.

Sempat berkiprah di Cardiff City, Solksjaer menjadi manajer interim Manchester United pada akhir 2018 menyusul pemecatan Jose Mourinho. 

Dia kemudian dipromosikan menjadi manajer permanen Maret 2019 setelah serangkaian hasil yang cemerlang.

Solskjaer melatih Manchester United selama tiga tahun dan gagal merebut gelar. Salah satu pencapaian terbaiknya adalah membawa tim ke final Liga Europa 2021.

Disadur dari: Liputan6 (Rossa Izza Amalia, Published 20/02/2024)

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer