Sukses


Liga Inggris: Diogo Jota Absen Panjang, Siapa yang Layak Jadi Penggantinya di Liverpool?

Bola.com, Jakarta - Pukulan telak dihadapi Liverpool dalam kampanye memburu gelar juara Liga Inggris 2023/2024. Satu di antara pemain kuncinya, Diogo Jota harus menepi cukup lama kaena cedera.

Diogo Jota dikeluarkan dari lapangan karena cedera sebelum jeda dalam kemenangan 4-1 Liverpool di Brentford pada pekan ke-25 Liga Inggris, akhir pekan lalu. Manajer Jurgen Klopp mengatakan dia akan absen selama berbulan-bulan.

Penyerang Portugal itu ditarik keluar karena cedera lutut hanya 44 menit setelah The Reds menang 4-1 di Brentford untuk memantapkan posisi pertama dari kejaran Arsenal dan Manchester City.

Sebuah kondisi yang tentu tidak diinginkan publik Liverpool dan juga Jota. Bagaimana tidak? Dia baru kembali bermain dalam tujuh pertandingan Premier League setelah cedera otot yang membuatnya absen hampir sepanjang bulan Desember.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Kehilangan Besar

Diogo Jota adalah pemain penting dan menentukan bagi Liverpool. Selama tujuh pertandingan terakhir, dia mencetak lima gol dan membuat tiga assist. Jota sangat mampu mengemban tugas sebagai pengganti Mohamed Salah saat absen karena tampil di Piala Afrika 2023.

“Dengan kondisi cedera Diogo, itu akan memakan waktu berbulan-bulan. Saya tidak bisa memberi kerangka waktunya, meskipun saya menginginkannya, jadi begitulah adanya,” ucap Jurgen Klopp seperti dinukil dari Sky Sports.

3 dari 6 halaman

Badai Cedera

Kondisi terkini adalah, badai cedera dihadapi Liverpool. Sebab tidak hanya Jota yang cedera, Darwin Nunez dan Mo Salah juga diragukan kondisi kebugarannya. Hanya saja, belum ada jawaban pasti dari Klopp terkait status cedera Mohamed Salah dan Darwin Nunez.

Nunez juga ditarik pada laga versus Brentford. Sementara Salah yang tampil memukau dengan gol dan assistnya diragukan ketersediaannya untuk final Carabao Cup hari Minggu nanti melawan Chelsea.

“Situasi cederanya tidak bagus. Tentu saja tidak. Saya ingin duduk di sini dan mengatakan kami sama sekali tidak punya masalah, tapi kami punya beberapa masalah,” tambah Jurgen Klopp.

4 dari 6 halaman

Kedalaman Skuad Mumpuni

Liverpool bisa memiliki hingga sembilan pemain yang absen menjelang final Carabao Cup melawan Chelsea. Pertandingan melawan Manchester City dan Everton menyusul segera setelahnya. Sementara Kamis (22/2/2024) dini hari nanti akan menjamu Luton Town.

Klopp mengatakan dia memiliki masalah menjelang periode sulit musim ini saat timnya bertarung di empat kompetisi. Tapi kedalaman skuad Liverpool cukup baik dan tidak ada tanda-tanda melemah.

Mo Salah mencuri perhatian sekembalinya ia mencetak gol dan assist dari bangku cadangan. Cody Gakpo, pemain pengganti lainnya, menghasilkan kontribusi yang sama.

Liverpool berhasil mencetak rata-rata tiga gol per pertandingan dalam empat laga yang dilewatkan Salah karena cedera. Tidak ada alasan para penyerang lain tidak bisa tampil lagi tanpa Jota. Liverpool menjamin gol, siapa pun yang bermain.

5 dari 6 halaman

Masih Ada Harvey Elliott

Kini muncul pertanayaan, siapa kira-kira yang layak mengisi posisi yang ditinggalkan Diogo Jota dan Mohamed Salah jika keduanya sama-sama tak bisa dimainkan?

Kedalaman skuad Liverpool cukup bagus. Satu nama yang masuk akal mengisi perannya adalah Harvey Elliott. Pemain muda Liverpool yang terus mendapatkan kesempatan bermain.

Sebagai pelapis di musim ini, ia sudah mencatat total 33 laga di semua kompetisi. Dengan mencetak satu gol dan tiga assist. Pemain berusia 20 tahun itu punya 21 caps di Premier League musim ini, meski paling banyak sebagai pemain pengganti.

Harvey Elliott punya kemampuan kaki kiri sebagai tumpuannya. Ia didukung kecepatan, akselerasi, serta gaya bermain offensive yang hampir mirip dengan Mohamed Salah. Mungkin peran ini bisa membantu Jurgen Klopp dalam mengisi lubang di sektor penyerang kanan.

 

Sumber: Sky Sports

6 dari 6 halaman

Yuk Intip Persaingan di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer