Sukses


Liga Inggris: Old Trafford Sudah Usang, Sir Jim Ratcliffe Ingin Bangun Stadion Baru

Bola.com, Manchester - Pemiliki saham minoritas Manchester United (MU) yang baru, Sir Jim Ratcliffe berniat membuat gebrakan. Miliarder Inggris itu dikabarkan menginginkan adanya stadion baru untuk tim Setan Merah.

Ya, ia berniat membangun stadion anyar yang mewakili Inggris di bagian utara. Stadion baru nanti akan menjadi alternatif bagi MU maupun untuk Timnas Inggris.

MU berkandang di Old Trafford yang berkapasitas 74.310 penonton sejak tahun 1910. Stadion yang dijuluki Theatre of Dreams itu diakui Ratcliffe sudah lelah dan memerlukan perbaikan.

Melansir BBC, sebuah stadion baru dapat dibangun di sebelah lapangan yang ada di Trafford Park. “Sudah waktunya seseorang membangun stadion nasional di utara Inggris,” kata miliarder asal Inggris itu.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Potensial

Sir Jim Ratcliffe baru saja menyelesaikan pembelian 27,7 persen saham Manchester United. Menurutnya, proyek potensial ini bisa menjadi "katalisator regenerasi" di Manchester selatan dan oleh karena itu memerlukan diskusi dengan pemerintah mengenai penggunaan uang pembayar pajak.

“Jika hal itu dapat dicapai, itu jelas akan menjadi pilihan saya. Saya akan sangat bersemangat untuk wilayah utara Inggris."

3 dari 6 halaman

Terlalu Tua

Ratcliffe berbicara tentang potensi stadion baru ini untuk menjadi tuan rumah pertandingan Inggris dan semifinal Piala FA, yang keduanya dimainkan di Wembley di London, serta final Liga Champions.

Old Trafford tidak dipilih menjadi tuan rumah pertandingan Euro 2028, dan terakhir kali menggelar final Liga Champions pada tahun 2003 ketika AC Milan mengalahkan Juventus melalui adu penalti.

Ratcliffe mengatakan bahwa opsi renovasi akan menghasilkan stadion berkapasitas 80-90.000 tempat duduk, namun stadion itu dinilai tidak akan sempurna karena faktor usia yang sudah lebih dari 100 tahun.

4 dari 6 halaman

Era Baru

Bagi Sir Jim Ratcliffe, wilayah Trafford Park sebagai calon lokasi stadion baru MU, punya nilai sejarah yang panjang. Menurutnya, Trafford Park adalah tempat revolusi industri dimulai.

Wilayah itu hanya berjarak satu mil dari pusat kota, dengan kondisi sudah lelah dan terbengkalai dan beberapa bagiannya sudah rusak parah.

“Ada argumen yang cukup besar, dalam pandangan saya, untuk meregenerasi seluruh sisi selatan Manchester. Inti dari hal ini adalah membangun stadion canggih kelas dunia baru yang bisa menjadi tuan rumah pertandingan Inggris, Piala FA. final, final Liga Champions. Itu bisa melayani wilayah utara Inggris.,” tuturnya.

"Ada bias di Inggris dalam hal di mana stadion nasional dibangun. Mengapa tidak ada tempat di utara Inggris untuk bermain di Inggris? Mengapa semua orang di utara harus pergi ke selatan untuk semifinal Piala FA?"

5 dari 6 halaman

Melibatkan Pemerintah

Ratcliffe mengatakan satuan tugas akan dibentuk untuk melihat kelayakan stadion baru dan dia telah berbicara dengan mantan kapten Man United Gary Neville. Ratcliffe juga menjelaskan mengenai sumber dana yang akan digunakan nantinya.

"Saya pikir, sebagai bagian dari proyek regenerasi, harus ada pembicaraan dengan pemerintah pusat. Bagian utara layak mendapat perhatian, begitu juga dengan bagian selatan jika berbicara stadion nasional,” lanjutnya.

 

Sumber: BBC

6 dari 6 halaman

Yuk Intip Peringkat MU saat Ini

Video Populer

Foto Populer