Sukses


5 Pemilik Klub dan Angka Mereka yang Bikin Heboh Liga Inggris Musim Ini, Rentang Nilai sampai Puluhan Triliun Rupiah

Bola.com, Jakarta - Kepemilikan klub di Liga Inggris tidak pernah sepenting ini. Bertahun-tahun yang lalu, penggemar sepak bola mungkin tidak peduli siapa 'owner' klubnya. Tapi kini berbeda.

Sekarang, sangat penting bagi publik memiliki pemilik yang bersedia merogoh kocek dalam-dalam mendanai transfer. Jika klub tidak memiliki pemilik yang kaya, akan sulit bersaing di liga terhebat di dunia.

Namun klub mana yang memiliki pemilik terkaya menjelang musim Liga Inggris 2023/2024? Sekarang, yuk simak profil singkat dari masing-masing pemilik, tentu dengan nilai kekayaan bersih mereka yang 'wow banget' ;

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 

2 dari 8 halaman

Newcastle United (Dana Publik Saudi, RB Sports & Media, PCP Capital Partners)

Newcastle mempunyai konsorsium dengan nilai puluhan triliun. Mereka punya kekayaan yang sanggup mengoperasikan tim secara maksimal. Sayang, musim ini mereka belum bisa bereaksi bagus, terutama di bursa transfer pemain.

Duo bos besar, Mohammed bin Salman dan Al-Rumayyan, membuat Newcastle seharusnya bisa mengikuti jejak Manchester City. Setidaknya, dalam 2-3 tahun ke depan, mereka bisa berada di papan atas berkat keberadaan bintang-bintang berkualitas.

Mereka sudah pernah bermain di Liga Champions dan tidak diragukan lagi akan terus mengeluarkan uang yang hampir tak terbatas ketika ada peluang. Hanya dua tahun setelah proyek berjalan, ada peningkatan nyata performa klub di lapangan.

Kini, publik akan menunggu respon setelah kegagalan di Liga Champions 2023/2024, plus kemungkinan tak bisa berada di papan perebutan trofi Liga Inggris musim ini. Gebrakan transfer, dengan mendatangkan pemain bintang, bisa menjadi opsi yang layak dilihat masyarakat luas.

 

3 dari 8 halaman

Manchester United (Keluarga Glazer, Sir Jim Ratcliffe)

Mereka memiliki kekayaan bersih 22,01 miliar atau lebih dari Rp 40 triliun. Meski banyak yang membenci, terutama keberadaan Glazer, para fan MU sudah mulai membuka mata.

Apalagi, kini datang Sir Jim Ratcliffe yang berjanji akan membereskan zona operasional tim. Artinya, Sir Jim akan memilih orang-orang terbaik di level manajemen demi membentuk skuad yang luar biasa.

Beberapa posisi penting, seperti Direktur Olahraga, Direktur Operasional sampai Direktur Talent Scouting, akan mendapat porsi. Selaini itu, Sir Jim sudah mulai menggunakan kekuasaannya di Prancis, agar pemain-pemain bintang di Ligue 1 bisa datang ke Old Trafford. Kita tunggu saja.

 

4 dari 8 halaman

Manchester City (Grup Abu Dhabi United, Silver Lake)

Gerombolan ini memiliki kekayana bersih lebih dari Rp 34 triliun. Artinya, masih banyak ruang bagi Manchester City untuk menancapkan dominasi di Liga Inggris, dan konsisten berprestasi di Liga Champions.

Sheikh Mansour membeli Manchester City pada tahun 2008, dan mereka telah menjelma menjadi klub terbaik di dunia. Mansour adalah wakil perdana menteri Uni Emirat Arab dan bagian keluarga kerajaan.

Sejak berada di klub, dia menyaksikan era kesuksesan yang luar biasa. Mereka sanggup memenangkan tiga trofi domestik, yakni Liga Inggris , Piala FA, dan Piala Liga, plus kejayaan di panggung Liga Champions.

Keberadaan keluarga kerajaan tersebut membuat Manchester City berhasil menyalip dominasi Manchester United. Kini, kota Manchester mulai identik dengan biru, warna kostum utama Manchester City.

 

5 dari 8 halaman

Chelsea (Todd Boehly, Hansjorg Wyss, Mark Walter)

Musim ini, Chelsea tak memiliki kelemahan dari sisi sumber dana. Bagaimana tidak, sang pemilik punya modal bersih lebih dari Rp 25 triliun. Tak heran jika banyak pemain bintang, terutama alumni Piala Dunia 2022, yang bisa menjadi pilihan mereka.

Todd Boehly membeli Chelsea dari Roman Abramovich seharga 4,2 miliar pounds. Ia telah menginvestasikan banyak uang ke klub, dan sampai sekarang belum memiliki hasil signifikan.

Fakta berbicara, Boehly telah mengeluarkan dana lebih dari satu miliar pounds demi membeli 30 pemain berbeda. Boehly adalah satu di antara pendiri dan ketua perusahaan investasi swasta bernama Elridge Industries. Dia juga memiliki saham di tim bisbol Los Angeles Dodgers.

Chelsea menjadi contoh jika uang bukan jaminan sukses. Banyak dari pemain yang datang selama masa Boehly, tak berkembang serta mati kutu.

 

6 dari 8 halaman

Arsenal (Stan Kroenke)

Ia menjadi bagian dari orang yang tak bosan menggelontorkan kekayaan demi prestasi Arsenal. Berbekal kekayaan bersih lebih dari Rp 21 triliun, Kroenke menjadi sakti pertumbuhan performa secara signifikan.

Stan Kroenke menikah dengan Ann Walton, pewaris supermarket AS Walmart, pada tahun 1974. Ia kemudian mendirikan grup pengembangan real estate. Di bawah kepemilikan Kroenke, Arsenal mengalami kehampaan selama bertahun-tahun tetapi sekarang menjadi penantang gelar di bawah asuhan Mikel Arteta.

Dia juga memiliki tim olahraga lain termasuk LA Rams, Denver Nuggets, dan Colorado Rapids. Kroenke pernah dikritik karena tidak menginvestasikan cukup uang pada staf pemain, namun keluhan tersebut telah ditepis.

Declan Rice adalah rekrutan termahal yang pernah dibuat dalam sejarah The Gunners, yakni 105 juta pounds dari West Ham. Kini, Arsenal konsisten dalam beberapa tahun terakhir, sebagai penantang ideal bagi siapapun yang memburu trofi Liga Inggris.

 

7 dari 8 halaman

Daftar Lengkap

Daftar lengkap pemilik klub di Liga Inggris dan jumlah kekayaannya ;

1. Newcastle United (Saudi Public Investment Fund, RB Sports & Media, PCP Capital Partners : 489 miliar pounds)

2. Manchester United (Glazer, Sir Jim Ratcliffe ; 22,01 miliar pounds)

3. Manchester City (Abu Dhabi United Group, Silver Lake : 17,37 miliar pounds)

4. Chelsea (Todd Boehly, Hansjorg Wyss, Mark Walter : 12,47 miliar pounds)

5. Arsenal (Stan Kroenke : 10,18 miliar pounds)

6. Aston Villa (Wes Edens, Nassef Sawiris : 9,39 miliar pounds)

7. Everton (777 Partners : 8 miliar pounds)

8. Liverpool (John W. Henry, Tom Werner : 7,74 miliar pounds)

9. Fulham (Shahid Khan : 6,24 miliar)

10. West Ham United (David Sullivan, Daniel Kretinsky : 5,76 miliar pounds)

11. Wolverhampton Wanderers (Guo Guangchang, Liang Xinjun, Wang Qunbin : 5,45 miliar pounds)

12. Tottenham Hotspur (Joe Lewis, Daniel Levy : 4,58 miliar pounds)

13. Crystal Palace (John Textor, David Blitzer, Josh Harris, Steve Parish : 4,34 miliar pounds)

14. Bournemouth (William P. Foley : 1,26 miliar pounds)

15. Brighton (Tony Bloom : 1,03 miliar pounds)

16. Nottingham Forest (Evangelos Marinakis : 489 juta pounds)

17. Brentford (Matthew Benham : 220 juta pounds)

18. Sheffield United (Abdullah bin Musaid Al Saud : 158 juta pounds)

19. Luton Town (David Wilkinson : 25,74 juta)

20. Burnley (Alan Pace : Tak Diketahui)

Sumber : Givemesport

8 dari 8 halaman

MU Siap Memburu Papan Atas

Video Populer

Foto Populer